Pengaruh Video Animasi dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Perubahan Benda
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video animasi dalam meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi perubahan benda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengujian pretest dan posttest, populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas VI di salah satu SDN daerah Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang sebanyak 28 peserta didik. Analisis data menggunakan SPSS versi 25 untuk menguji normalitas, uji paired sample t-test, dan nilai n-gain. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada peningkatan signifikan dalam nilai rata-rata penguasaan konsep, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain sebesar 54.6533 termasuk dalam kategori sedang, dengan nilai N-Gain minimum 4,35 dan maksimum 80,56. Karena nilai N-gain berada pada rentang 0,3 N-gain < 0,7 maka kategori peningkatan termasuk ke dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi dalam meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi perubahan benda sehingga menjadi lebih efektif, menarik dan mempermudah penguasaan konsep peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, Nur, Rizki Zuliani, and Candra Puspita Rini. “Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 20 Pagi Jakarta Timur.” NUSANTARA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 3 (2021).
Anisa, Rizkya Fitri, Atep Sujana, and J Julia. “Pengaruh Komik Digital Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Daya Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 9, no. 1 (2023).
Aurora, Urfi, Cucun Sunaengsih, and Atep Sujana. “Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 8, no. 4 (2024).
Farida, Cici, Destiniar Destiniar, and Nyiayu Fahriza Fuadiah. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Penyajian Data.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 1 (2022). https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1521.
Hafsah, Nandang Hidayat, and Lufty Hari Susanto. “Pengembangan E-Book Interaktif Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa.” BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi 8, no. 1 (2023). https://doi.org/10.23969/10.23969/biosfer.v8i1.7786.
Haq, Innaka Arina, Enjang Yusup Ali, and Atep Sujana. “Pengembangan Video Animasi SIDARAH (Sistem Peredaran Darah Manusia) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik SD.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 2 (2024). https://doi.org/10.58230/27454312.704.
Kadek, Ni, Erina Susanti, and Baiq Niswatul Khair. “Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V Sdn.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6 (2022).
Kotimah, Erlina Kusnul. “Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Berupa Video Animasi Berbasis Powtoon Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (2024). https://doi.org/10.69688/jpip.v2i1.55.
Meylinda, Ega, and Reinita. “Validitas Dan Praktikalitas Pengembangan Media Video Digital KineMaster Pada Pembelajaran PPKn Di Kelas IV.” Jurnal Elementaria Edukasia 6, no. 4 (2023). https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7273.
Nova, Ratih Elia, and Serli Marlina. “Hubungan Pembiasaan Pemberian Sarapan Terhadap Anak Usia 4-5 Tahun Di Kenagarian Koto Kaciak Kabupaten Pasaman.” Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini 5, no. 1 (2023).
Ramdani, Agus, A Wahab Jufri, Jamaluddin Jamaluddin, and Dadi Setiadi. “Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 6, no. 1 (2020). https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388.
Rohmawati, Rena., Cucun Sunaengsih, and Jihan Saidatul Hasinah. “Penerapan Media Lubang Berhitung Pada Pembelajaran” 4, no. 2 (2022).
Sadiah, Tia Latifatu, Maman Farhurrohman, Suroso Mukti Leksono, Yulistina Nur DS, and Yudi Firmansyah. “Analisis Media Pembelajaran Digital Pada Kurikulum Merdeka.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09, no. 01 (2024).
Salsabila, Fadillah, and Aslam Aslam. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3155.
Sulfiana Firman, Hartono Bancong. “Studi Literatur: Analisis Penggunaan Media Video Pada Mata Pelajaran IPA Di SD.” INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 13, no. 1 (2024). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v13i1.80643.
Sunaengsih, Cucun. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Terakreditasi A” 3, no. 2 (2016). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4259.
Wahyu, Yuliana, Ambros Leonangung Edu, and Mikael Nardi. “Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 6, no. 1 (2020). https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344.
Wati, Binti Susila dan Purwowidodo Agus. Mind Mapping Sebagai Alternatif Dalam Meningkatkan Madrasah Ibtidaiyah Pasca Pandemi. Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 8, no. 4 (2024). https://doi.org/10.35931/am.v8i4.3642.
William, William, and Hita Hita. “Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan Powerpoint Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest.” Jurnal SIFO Mikroskil 20, no. 1 (2019).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.4738
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sanita Pebiantina, Cucun Sunaengsih, Atep Sujana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.