Implementasi Teori Behaviorisme B.F Skinner Terhadap Penggunaan Bahasa Baku pada Keterampilan Menulis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teori behaviorisme B.F. Skinner terhadap penggunaan bahasa baku pada keterampilan menulis siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest untuk melihat pengaruhnya terhadap keterampilan menulis siswa setelah pengimplementasian teori ini pada pembelajaran. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas IV SDN Kalimulya 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran yang didasari oleh teori behaviorisme B.F. Skinner ini menunjukkan pengaruh yang positif terhadap penguasaan siswa menggunakan bahasa baku pada keterampilan menulis, dengan rata-rata skor pretest 70,23 naik menjadi 91,70 pada posttest. Uji Wilcoxon menunjukkan tidak ada penurunan nilai (Negative Ranks = 0), dengan nilai Z -4,798 dan signifikansi 0,000 (<0,05). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif, dengan peningkatan keterampilan menulis bahasa baku pada seluruh siswa setelah perlakuan diterapkan. Pendekatan behaviorisme yang digunakan berhasil menciptakan pembelajaran yang efektif melalui stimulus-respons, sistem reinforcement, aktivitas beragam, respons positif terhadap punishment, dan integrasi teknologi, sehingga meningkatkan keterlibatan serta antusiasme siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiman, Budiman, Yustika Sari, Fatimah Azzahra Dalimunthe, and Putri Putri. “Implikasi Teori Behaviorisme Dalam Pembelajaran Bahasa.” Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 12, no. 2 (June 16, 2023). https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8772.
Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. New Dhelhi: SAGE, 2014.
Hapudin, Muhammad Soleh. Teori Belajar Dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Prenada Media, 2021.
Inggriyani, Feby, and Nur Anisa Pebrianti. “Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 7, no. 01 (July 1, 2021). https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.175.
Kosasih, E. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya, 2012. //opac.isi.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D41252.
Makhsura, Suri, Rini Agustin, Rifma, Jasrial, and Syahril. “Implementasi Behaviorisme Dan Humanisme Dalam Proses Pembelajaran.” Aulad: Journal on Early Childhood 6, no. 3 (December 31, 2023). https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.548.
Mardiyani, Kiki. “Tujuan Dan Penerapan Teori Behaviorisme Dalam Pembelajaran.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal 2, no. 5 (December 29, 2022). https://www.jipkl.com/index.php/JIPKL/article/view/30.
Moeliono, Anton M., Hans Lapoliwa, Hasan Alwi, Sry Sattya Tjatur, Wisnu Sasangka, and Sugiyono Sugiyono. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. https://repositori.kemdikbud.go.id/16351/.
Nurannisa, Elsa, Dian Indihadi, and Ghullam Hamdu. “Analisis Penerapan Kata Baku dan Tanda Baca dalam Menulis Kembali Isi Cerita Fiksi.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8, no. 2 (July 1, 2021). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.36311.
Puspitasari, Devi Ambarwati. “Kemampuan Anak Indonesia Menulis Ejaan Dan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Pada Teks Elektronik.” Prosiding Konferensi Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI, January 5, 2023. https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6296.
Sanulita, Henny, Syamsurijal Syamsurijal, Welly Ardiansyah, Vandan Wiliyanti, and Ruth Megawati. Strategi Pembelajaran : Teori & Metode Pembelajaran Efektif. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.
Shahbana, Elvia Baby, Fiqh Kautsar Farizqi, and Rachmat Satria. “Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 9, no. 1 (March 26, 2020). https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249.
Shalatin, Muhamad Agung Alfi Shalatin, Firza Fauzani Haulah, Najma Tsabita, Namira Jasmine Nisyaputri, and Muhamad Rizal. “Kemampuan Mahasiswa Dan Siswa Dalam Membedakan Bahasa Baku Dan Tidak Baku Berdasarkan EYD.” Artikulasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 3, no. 1 (January 4, 2024). https://doi.org/10.17509/artikulasi.v3i1.66295.
Stratton, Samuel J. “Quasi-Experimental Design (Pre-Test and Post-Test Studies) in Prehospital and Disaster Research.” Prehospital and Disaster Medicine 34, no. 6 (December 2019). https://doi.org/10.1017/S1049023X19005053.
Suastra, I Made, and Sebastianus Menggo. “Empowering Studentsâ€TM Writing Skill through Performance Assessment.” International Journal of Language Education 4, no. 3 (December 30, 2020). https://doi.org/10.26858/ijole.v4i3.15060.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.4859
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ninda Agustin, Dadan Djuanda, Prana Dwija Iswara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.