Penggunaan Media Flashcard Berbantuan Boardgame Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD

Sri Mulyani Febrian, Much Arsyad Fardani, Lintang Kironoratri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan media flashcard berbantuan boardgame terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk dalam kategori kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan pra-experimental designs dengan jenis one group pretest- posttest. Penelitian ini melibatkan siswa kelas III SD Negeri Ngurenrejo. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik teknin non-probability sampling dengan jenis sampling total. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan Uji N-Gain. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar bagi siswa yang signifikan. Dengan rata-rata skor pretest sebesar 57,93% meningkat menjadi 85,84% pada posttest sehingga terjadi peningkatan sebesar 27,91%. Selain itu nilai N-Gain sebesar 0,67 menunjukkan kriteria sedang. Hal ini mengindikasikan bahwa media flashcard berbantuan boardgame cukup berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan sarana pembelajaran yang penuh inovasi dan kreativitas membuat siswa semangat dalam proses belajar. Dengan demikian, peningkatan yang signifikan ini mengindikasikan bahwa media flashcard berbantuan boardgame memiliki dampak dalam membantu siswa meningkatkan hasil belajar.

Keywords


Hasil Belajar, Media Flashcard Berbantuan Boardgame Game, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Fajriah, Ahda Aulia, Halimatu Sadiah, and Dede Indra Setiabudi. “Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan 1, no. 2 (July 18, 2022). https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.74.

Isnaini, Siti Nur, Firman Firman, and Desyandri Desyandri. “Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar.” Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar 7, no. 1 (January 19, 2023). https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.183.

Kustian, Nina Gantina. “Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik 1, no. 1 (August 6, 2021). https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.384.

Lestari, Nunung, Much Arsyad Fardani, and Lintang Kironoratri. “Peningkatan Keterampilam Membaca Aksara Jawa Dengan Menerapkan Metode Quantum Learning Berbantu Media Karawa Pada Siswa Sekolah Dasar.” Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa 12, no. 1 (July 1, 2024). https://doi.org/10.15294/wnbrcy08.

Marselina, Desi, Ika Ari Pratiwi, and Much Arsyad Fardani. “Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Problems Berbantuan Media Mopoheksa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 2 (March 23, 2024). https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9765.

Meilina, Nita. “Pengaruh Model Pembelajaran Sel Belajar Terhadap Kemampuan Menemukan Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Tebing Syahbandar.” Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP 1, no. 2 (October 17, 2020). https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.5395.

Mukhsin, Zainuddin, and Wahyuni Wahyuni. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Dengan Metode Open-Ended.” Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan Dan Ekonomi 6, no. 1 (2023). https://stkipbima.ac.id/jurnal/index.php/PK/article/view/1029.

Nisaak, Lutfi Azizatun, Wawan Shokib Rondli, and Much Arsyad Fardani. “Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Menggunakan Media Kartu Kuartet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKn Kelas V.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 3 (July 31, 2023). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1486.

Nugroho, Edi, Lovika Ardana Riswari, and Lintang Kironoratri. “Media Papan Kebun Operasi Hitung Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 4 (October 1, 2023). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5472.

Pamungkas, Wahyu Agung Dwi, and Henny Dewi Koeswanti. “Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 4, no. 3 (2021). https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223.

Rahmawati, Naily Putri, Diana Ermawati, and Much Arsyad Fardani. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III SD Berbantuan Pot Penjumlahan.” JURNAL JENDELA PENDIDIKAN 5, no. 01 (February 10, 2025). https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1214.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.

Supriyaddin, Supriyaddin, Hasan Hasan, Budiman Budiman, and Arif Rahman. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V.” Jurnal Evaluasi Dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar 1, no. 2 (July 11, 2024). https://doi.org/10.54371/jekas.v1i2.432.

Susilo, Sigit Vebrianto. “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 6, no. 2 (July 31, 2020). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100.

Wardana, Renanda Wahyu, Lovika Ardana Riswari, and Lintang Kironoratri. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Mystery Pics.” WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan 4, no. 1 (2023).

Wijayanti, Dwi, Murtono Murtono, and Lintang Kironoratri. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Quantum Teaching Dan Media Palang Arahku.” WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan 1, no. 2 (November 17, 2020). https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5049.

Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, and Zakiah Ulfiah. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Journal on Education 5, no. 2 (January 22, 2023). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.

Yandi, Andri, Anya Nathania Kani Putri, and Yumna Syaza Kani Putri. “Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review).” Jurnal Pendidikan Siber Nusantara 1, no. 1 (January 1, 2023). https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14.

Yuliana, Rizqi Nur, Much Arsyad Fardhani, and Lintang Kironoratri. “Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Model Student Team Achievement Division Berbantuan Gambar Berseri.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 11 (2023). https://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/3158.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.4870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sri Mulyani Febrian, Much Arsyad Fardani, Lintang Kironoratri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303