Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Berbantuan Media APPIN Kelas IV Sekolah Dasar

Dwi Putri Khabibatur Rohmah, Yuni Ratnasari, Khamdun Khamdun

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa sebanyak 35% siswa yang tuntas KKTP dan 65% siswa belum tuntas KKTP pada mata pelajaran IPAS Kelas IV SD 3 Jepang serta guru menggunakan model teacher centered dalam pembelajaran seperti metode ceramah dan diskusi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest siswa serta menganalisis peningkatan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media APPIN kelas IV SD 3 Jepang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan jenis one grup pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan subjek seluruh kelas IV SD 3 Jepang yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data berupa test (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa, uji paired sample t-test, Uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji Paired Sample t-Test didapatkan nilai signifikansi 0,00 dimana (0,00<0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya rata-rata Hasil Belajar IPAS siswa setelah diberikan model Problem Based Learning berbantuan media APPIN lebih baik dari pada rata-rata Hasil Belajar IPAS siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Peningkatan Hasil belajar IPAS siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan media APPIN berpengaruh sebesar 0,7588 dengan kategori tinggi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media APPIN terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas IV SD 3 Jepang Kudus, sehingga perlu adanya pengembangan media APPIN untuk diterapkan pada materi lain agar dapat meningkatkan Hasil Belajar IPAS siswa.


Keywords


Problem Based Learning, Hasil Belajar IPAS Siswa, Media APPIN

Full Text:

PDF

References


’Adiilah, Ima Ishlahul, dan Yuyun Dwi Haryanti. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA.” Papanda Journal of Mathematics and Science Research 2, no. 1 (2023). https://doi.org/10.56916/pjmsr.v2i1.306.

Agustin, Maulid. “Media Pembelajaran Berbasis IPTEK Sebagai Sarana Pendidikan Agama Islam Di Era Society 5.0.” Jurnal Paramurobi 7, no. 1 (2024).

Alfalah, Riski. “Menjadi guru di era society 5.0 : Tantangan dan Peluang.” Open Society Foundations (OSF) 2 (2022). https://osf.io/4h38b/.

Garnasih, Inggid, Yuni Ratnasari, Hidayat, dan Sukmawarti. “Efforts to Improve Student Learning Outcomes on the Diversity of Living Creatures in My Environment With a Problem Based Learning Model for Class IV State Primary School 020273 Binjai Utara.” Education Achievement : Journal of Science and Research 5, no. 1 (2024).

Irfan, Muhammad, Abdul Rahman, dan Elim Purnamasari. “Pengaruh E-Modul Pembelajaran Berbasis Metode Science Technology Society Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN 192 Tanah Towa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba.” Jurnal Lempu, 2024.

Laili, Alfina, Nyoman Ayu, Putri Lestari, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, dan Universitas Triatma Mulya. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 11, no. 1 (2024).

Meyer, Grete Skjeggestad, Ingunn Reigstad, dan Leila Serikova. “Students in Early Childhood Teacher Education and Their First Experience with Problem-Based Learning : A Comparative Study From the Perspective of Students in Kyrgyzstan and Norway.” Problem Based Learning In Higher Education 11, no. 3 (2024). https://doi.org/10.54337/ojs.jpblhe.v11i3.7527.

Noviati, Wiwi. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di SD.” Jurnal Kependidikan 7, no. 2 (2022). file:///C:/Users/ASUS/Downloads/1097-Article Text-3401-1-10-20230117.pdf.

Pebrianti, Febby. “Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana.” Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), no. December (2019).

Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, dan Yumriani. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022).

Rani, Nisfia, dan Gigit Mujianto. “Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Transformasi Energi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas IV Sekolah Dasar.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09, no. 01 (2023).

Rizkianti, Putri Amalya, Masduki Asbari, Nandita Putri Priambudi, Selvy Alhani, dan Juni Asri. “Pendidikan Indonesia Masih Buruk ?” Journal Of Information Systems And Management 03, no. 02 (2024).

Rohman. “Penerapan Model Pbl Berbantuan Aplikasi Baamboozle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aksara Jawa Pada Siswa Kelas Iv Sdn Banjarpanjang 1.” Angewandte Chemie International Edition 2, September (2023).

Sari, Intan Nila, Sekar Dwi Ardianti, dan Khamdun Khamdun. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media PSA (Panggung Siklus Air) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 2 (2023). https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.539.

Siswanti, Arnita Budi, dan Richardus Eko Indrajit. Problem Based Learning. Diedit oleh Marcella Kika. Yogyakarta: ANDI, 2023.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.4877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dwi Putri Khabibatur Rohmah, Yuni Ratnasari, Khamdun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303