Pola Komunikasi Edukatif Keluarga dalam Membentuk Religiusitas Anak (Studi Kasus SD Muhammadiyah 2 Bontang)

Aisyah Khoirunni’mah Al Mufarriju, Tobroni Tobroni, M. Nurul Humaidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi edukatif keluarga dalam membentuk religiusitas anak di SD Muhammadiyah 2 Bontang. Religiusitas anak merupakan hasil dari proses pembelajaran nilai-nilai keagamaan yang tidak hanya diperoleh di lingkungan sekolah, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh pola komunikasi dalam keluarga. SD Muhammadiyah 2 Bontang sebagai sekolah berbasis Islam memberikan kontribusi penting dalam pendidikan religius anak. Namun demikian, proses pembentukan religiusitas anak tidak dapat berdiri sendiri tanpa dukungan keluarga. Dalam konteks ini, peran keluarga sebagai mitra sekolah dalam pendidikan sangat penting untuk dikaji, terutama dalam hal bagaimana keluarga membangun komunikasi edukatif yang mampu menanamkan nilai-nilai religius secara konsisten kepada anak-anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap orang tua, guru, serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi edukatif yang diterapkan keluarga, seperti komunikasi terbuka, dialog dua arah, pemberian teladan, serta penguatan nilai-nilai agama melalui kebiasaan harian, berperan signifikan dalam pembentukan religiusitas anak. Pola ini membentuk karakter religius anak melalui internalisasi nilai keimanan, ketaatan beribadah, dan sikap sosial yang mencerminkan ajaran agama. Dengan demikian, komunikasi edukatif dalam keluarga menjadi fondasi penting dalam pembinaan nilai religius sejak dini.


Keywords


Komunikasi Edukatif, Religiusitas Anak, Keluarga, Pendidikan Agama, Studi Kasus

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Hasan. Pendidikan Islam Dan Keluarga: Menanamkan Nilai-Nilai Keteladanan Dalam Rumah Tangga. Jakarta: Kencana, 2018.

Amalia, Rani. Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish, 2021.

Anisa, R. L. “Peran Ayah Dalam Meningkatkan Religiusitas Anak: Kajian Psikologi Keluarga.” Jurnal Psikologi Islami 9, no. 1 (2021).

Aulia, Rina. “Strategi Orang Tua Dalam Mendidik Anak Melalui Komunikasi Interpersonal.” Jurnal Komunikasi Islam Dan Keluarga 5, no. 2 (2022).

Fadilah, Nur. “Pembiasaan Nilai Religius Anak Melalui Keteladanan Orang Tua Di Rumah.” Jurnal Pendidikan Karakter 11, no. 3 (2019).

Fitriani, Siti. “Komunikasi Edukatif Dalam Keluarga Muslim Dan Pengaruhnya Terhadap Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2021).

Handayani, Lina. Pola Asuh Dan Perkembangan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Semarang: Unnes Press, 2021.

Hidayati, Nurul. Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga: Konsep Dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2021.

Hikmah, Salsabila. “Peranan Komunikasi Dua Arah Dalam Menanamkan Nilai Islam Pada Anak.” Jurnal Ilmu Komunikasi Islam 6, no. 1 (2020).

Iskandar, Dedi. “Sinergi Sekolah Dan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Religius Anak.” Jurnal Pendidikan Karakter 13, no. 2 (2023).

Latifah, Nurul. Kolaborasi Sekolah Dan Orang Tua Dalam Membangun Karakter Siswa. Bandung: CV Humaniora, 2022.

Lestari, Dewi. “Peran Guru Dalam Membangun Komunikasi Efektif Antara Sekolah Dan Orang Tua.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 6, no. 3 (2022).

Mustofa, Ahmad. Komunikasi Keluarga: Fondasi Pendidikan Anak Dalam Islam. Surabaya: UIN Press, 2020.

Rahmadani, Indah. “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Meningkatkan Kolaborasi Orang Tua Dan Sekolah.” Jurnal Teknologi Pendidikan 9, no. 1 (2020).

Rohmah, Siti. “Pengaruh Pendidikan Keluarga Terhadap Perilaku Religius Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Islam Dasar 4, no. 2 (2019).

Sari, Mutia. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Siswa.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 7, no. 2 (2019).

Suryani, Rini. Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam: Menumbuhkan Akhlak Mulia Sejak Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2020.

Yunita, Elvi. Strategi Komunikasi Keluarga Dalam Membangun Religiusitas Anak Remaja. Jakarta: Prenadamedia Group, 2021.

Zamzami, Ahmad. “Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 4, no. 2 (2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Aisyah Khoirunni’mah Al Mufarriju, Tobroni, M. Nurul Humaidi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303