Persepsi Guru Terhadap Transisi dari Pembelajaran Tematik ke Pembelajaran Berbasis Proyek di SDI Al Ghaffaar Malang
Abstract
Implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia, yang mengedepankan pembelajaran berbasis proyek sebagai jawaban atas tantangan Kurikulum 2013, menempatkan guru sebagai penentu keberhasilan transisi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara spesifik persepsi guru SDI Al Ghaffaar terhadap transisi dari pembelajaran tematik Kurikulum 2013 ke pembelajaran berbasis proyek Kurikulum Merdeka. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transisi pembelajaran tematik dalam Kurikulum 2013 ke pembelajaran proyek Kurikulum Merdeka mengubah persepsi guru terkait aspek-aspek pembelajaran. Pembelajaran berbasis proyek dipandang lebih efektif dalam memicu keaktifan belajar, menumbuhkan kemandirian, merangsang kreativitas, meningkatkan motivasi belajar dan memperkuat karakter siswa. Meskipun demikian, implementasi pembelajaran berbasis proyek menghadirkan sejumlah tantangan signifikan, termasuk kompleksitas persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran berbasis proyek; kebutuhan peningkatan kompetensi guru; adanya variasi individual siswa dalam kemampuan memecahkan masalah, tingkat motivasi, minat belajar, keterampilan kolaborasi serta potensi munculnya kebosanan dan kurang fokus; dan keterbatasan ketersediaan sumber daya pendukung pembelajaran. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya dukungan proaktif dari sekolah melalui pelatihan dan pembimbingan guru, serta penyediaan sumber daya secara berkala menjadi faktor penentu keberhasilan transisi ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Ririn, dan Dea Mustika. “Persepsi Guru Terhadap Perubahan Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka.” Aulad: Journal on Early Childhood 6, no. 3 (19 Oktober 2023). https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.540.
Akbar, Fauzan, dan Arsad Bahri. “Potensi Model PjBL (Project-Based Learning) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Gaya Belajar Berbeda.” Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam 6, no. 1 (29 Mei 2018). https://doi.org/10.35580/sainsmat6198902017.
Amaliya, Rizky, dan Khodijatul Kubro. “Strategi Pembelajaran (PJBL) Aktif Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Di Sekolah Dasar.” JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT 2, no. 1 (2 Januari 2025). https://doi.org/10.61722/jirs.v2i1.3639.
Arifina, Lutfi Azzah, Syalsyabila Alisyia Vchananda, Julianor Vatika Putri, Olivia Widiawati, Yunita Rahmah, Aslamiah Aslamiah, Rianty Yulandra, dan Diani Ayu Pratiwi. “Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 Di SD Negeri Tigarun.” Innovative: Journal Of Social Science Research 5, no. 1 (31 Januari 2025). https://doi.org/10.31004/innovative.v5i1.17112.
Arini, Meliani Putri, Noviandra Azzahra, dan Wangi Dema Lestari. “Inovasi Sumber Belajar Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dalam Meningkatkan Keterampilan Kreatif Dan Koloboratif Di Salah Satu SDN Kabupaten Bogor | Karimah Tauhid,” 13 Februari 2024. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/11803.
Assingkily, Muhammad Shaleh, M. Rofi Fauzi, Mikyal Hardiyati, dan Salmadina Saktiani. Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang MI/SD (Dari Konvensional Menuju Kontekstual yang Fungsional). Penerbit K-Media, 2019.
Astuti, Fika Rahayu, Indah Rama Sahara, dan Gusmaneli Gusmaneli. “Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia 3, no. 1 (2025). https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3390.
Atmaja, I. Made Dharma, Putu Suarniti Noviantari, dan Komang Yuda Kurniawan. “Strategi Penguatan Hubungan Kausal Positif Antara Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Dan Motivasi Belajar Matematika.” Prosiding SENAMA PGRI 3 (30 Oktober 2024). https://doi.org/10.59672/senama.v3.4070.
Aulia, Diva Nazira, Annatasya Dwi Fadilah, Figlia Muthmainnah Syakura, Muhammad Akmal Adiasta, dan Nurdin Nurdin. “Merdeka Belajar Di Tengah Ketimpangan: Tantangan Dan Harapan Bagi Pendidikan Indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 9, no. 1 (3 Januari 2025).
Bayani, Mufasirul, dan Siti Aimah. “Peran Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDN 8 Sumberagung.” PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora 4, no. 1 (31 Desember 2024). https://doi.org/10.56799/peshum.v4i1.7229.
Chaniago, Yovanes, dan Febrina Dafit. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Base Learning (PJBL) Terhadap Motivasi Serta Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 2 (16 April 2024). https://doi.org/10.58230/27454312.610.
Darlis, Ahmad, Ali Imran Sinaga, Musthafa Fadil Perkasyah, Lisa Sersanawawi, dan Isnayni Rahmah. “Pendidikan Berbasis Merdeka Belajar.” Journal Analytica Islamica 11, no. 2 (26 Desember 2022). https://doi.org/10.30829/jai.v11i2.14101.
Daulay, Musnar Indra, dan Henri Yanto Daulay. “Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas II Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 1 (9 Februari 2021).
Edi, Edi, Rohimah Rohimah, Munawir Haris, Sevinatul Nazati, dan Aria Ahmad Watoni. “Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) di MA NW Sepit.” Jurnal Ilmiah Telaah 10, no. 1 (5 Januari 2025). https://doi.org/10.31764/telaah.v10i1.27279.
Harahap, Nur Adawiyah, Vailimlim Simamora, Della Aulia Br Ginting, Lusyana Karolina Sidebang, dan Andi Taufiq Umar. “Penerapan Model PjBL Ditinjau Dari Kurikulum Merdeka Dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Ekonomi SMAN 12 Medan.” Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial 2, no. 4 (13 Juni 2024). https://doi.org/10.61132/nakula.v2i4.945.
Haratua, Chandra Sagul, Uban Subandi, Leni Nurlela, Aji Sari Nusetyawati, dan Nurhikmah Fitriani. “Peran Guru Dalam Mendorong Inovasi Siswa Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Proyek.” Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial 2, no. 3 (14 Juni 2024). https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i3.966.
Ilma, Fikra Filsafa, Ratna Nulinnaja, Kivah Aha Putra, dan M. Zahrul Fuad. “Persepsi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah.” Journal of Instructional and Development Researches 4, no. 4 (20 Agustus 2024). https://doi.org/10.53621/jider.v4i4.351.
Jasmi, Kamarul Azmi, Ab Halim Tamuri, dan Mohd Izham Mohd Hamzah. “Sifat Dan Peranan Keperibadian Guru Cemerlang Pendidikan Islam (GCPI) Dan Hubungannya Dengan Motivasi Pelajar.” Jurnal Teknologi (Sciences & Engineering), 2009. https://doi.org/10.11113/jt.v51.157.
Kamaruddin, Ilham, Delia Subrayanti, Rasimin Rasimin, Triyanto Triyanto, MS Viktor Purhanudin, dan Ns Novita Amri. “Project Based Learning (PjBL) Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Mahasiswa : Tinjauan Pustaka” 6, no. 3 (29 April 2024). https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5711.
Khasanah, Farinda, dan Henry Aditia Rigianti. “Teachers’ Efforts in Dealing with Students Who Experience Boredom During Learning in Elementary School.” Renjana Pendidikan Dasar 3, no. 4 (29 November 2023).
Latifah, Nur, dan Asep Supena. “Analisis Attention Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Basicedu 5, no. 3 (Juni 2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.887.
Mardiya, Siti, M. Yamin, dan Intan Safiah. “Persepsi Guru Terhadap Perubahan Kurikulum K13 Ke Kurikulum Merdeka Di SD Negeri 1 Alue Bilie Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya.” Elementary Education Research 8, no. 3 (2 Juni 2023). https://doi.org/10.24815/primary.v8i3.24281.
Marzuqoh, Dzahabiyyah Ummu. “Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri 8 Banjarnegara.” Skripsi, UIN K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO, 2022. https://repository.uinsaizu.ac.id/14596/.
Monika, Ketut Ayu Lola, I. Nengah Suastika, dan Dewa Bagus Sanjaya. “Penerapan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Meningkatkan Sikap Gotong Royong.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 4, no. 1 (2023). https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.890.
Muchtar, Taufik, Syahrul Syahrul, dan Andi Muh Akbar Saputra. “Pengaruh Dan Permasalahan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL).” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 8, no. 1 (23 Februari 2025). https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43017.
Muzaini, M. Choirul, Maemonah, dan Istiningsih. “Peran Kepala Sekolah Untuk Mengatasi Hambatan Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 5 (26 November 2023). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2060.
Nabilah, Nabilah, I Nyoman Karma, dan Husniati Husniati. “Identifikasi Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 di SDN 50 Cakranegara.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6, no. 4 (12 Desember 2021). https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.298.
Ningtyas, Pranistya Dwi Ayu Mutiara, dan Ni Kadek Juliantari. “Dampak Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Pengembangan Potensi Peserta Didik.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 4 (5 November 2022). https://doi.org/10.37329/cetta.v5i4.3104.
Oktavian, Catur Nurrochman, dan Enok Maryani. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Kepedulian Peserta Didik terhadap Lingkungan.” Jurnal Geografi Gea 15, no. 2 (25 Agustus 2016). https://doi.org/10.17509/gea.v15i2.3544.
Pare, Vidy London, dan Amina Wainsaf. “Strategi Assesmen Pelaksanaan Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam Di Laboratorium.” SEARCH: Science Education Research Journal 1, no. 2 (9 April 2023). https://doi.org/10.47945/search.v1i2.1251.
Pobela, Femi, Joulanda A. M. Rawis, dan Juliana Margareta Sumilat. “Assessment Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa Kelas IV SD.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 5, no. 2 (10 Juni 2023).
Putri, Benedicta Monica Anindya, Mudzanatun Mudzanatun, dan Anggun Dwi Setya Putri. “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Keterampilan Dasar Mengajar Pada Pembelajaran Tematik.” Indonesian Journal of Educational Research and Review 3, no. 1 (3 Juni 2020). https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.25183.
Rafik, Muhammad, Vini Putri Febrianti, Afifah Nurhasanah, dan Siti Nurdianti Muhajir. “Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21.” Jurnal Pembelajaran Inovatif 5, no. 1 (1 Maret 2022). https://doi.org/10.21009/JPI.051.10.
Rahayu, Dina Muliani, Yasinta Amalia Putri, Nur Indah Wahyuni, dan Kurotul Aeni. “Implmentasi Model Pembelajaran PjBL Berbantuan Media Word Wall Pada Materi Norma Dan Aturan Kelas V SD Pancasila.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 5 (23 Desember 2023). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2231.
Safitri, Alya Nur, dan Rahmadani Fitri Ginting. “Motivasi, Pengajaran Dan Pembelajaran.” Sindoro: Cendikia Pendidikan 6, no. 9 (27 September 2024). https://doi.org/10.9644/sindoro.v6i9.5999.
Santika, I. Gusti Ngurah, Ni Ketut Suarni, dan I. Wayan Lasmawan. “Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau dari Kurikulum sebagai suatu Ide.” Jurnal Education and Development 10, no. 3 (2022). https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.3690.
Saputra, Dede Irawan, Ade Gafar Abdullah, dan Dadang Lukman Hakim. “Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Logika Fuzzy.” Innovation of Vocational Technology Education 9, no. 1 (1 Februari 2013). https://doi.org/10.17509/invotec.v9i1.5089.
Susanti, Indah Tri, Nanda Berlian Dwi Maulita, dan Shafa Aura Anindya. “Metode Tematik Dalam Pembelajaran Bahasa Perspektif Siswa Dan Guru.” Morfologi : Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya 3, no. 2 (17 Januari 2025). https://doi.org/10.61132/morfologi.v3i2.1420.
Tarbiyah, Shofwatut, Fitria Zulaika Mahfudza, Nizma Amelia Putri, Diah Kusuma Ningrum, dan Yumnaa Taqiyatul Nabillah. “Analyzing the Implementation of K13 and Kurikulum Merdeka: Students’ Perceptions.” Curricula: Journal of Curriculum Development 4, no. 1 (27 Juni 2025). https://doi.org/10.17509/curricula.v4i1.78564.
Utami, Nabilla, dan Zaka Hadikusuma Ramadan. “Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 1 (1 Februari 2024). https://doi.org/10.58230/27454312.540.
Widyaningrum, Retno. “Model Pembelajaran Tematik di MI/SD.” Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan 10, no. 1 (1 Juni 2012). https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.405.
Wulandari, Rahma, I Ketut Mahardika, Devi Aryanti, Sayu Sukma Sejati, dan Wisnu Aji Bramastha. “Dampak Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Etnografi Kokurikuler Siswa Di SMPN 4 Jember.” Satya Widya 40, no. 1 (19 Juni 2024). https://doi.org/10.24246/j.sw.2024.v40.i1.p19-31.
Zuhdiyyah, Afifah Nur, Indah Nurhidayati, dan Praptiningsih. “Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Pembelajaran Tematik.” Al-Mau’izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 2 (1 Desember 2023). https://doi.org/10.31949/am.v5i2.7093.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5086
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fakhintan Ilza Karengga, Muhammad Nasir, Azizah, Samsul Susilawati, Agus Mukti Wibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.