Pengembangan Media Math Fraction Book alam Penerapan Model PJBL pada Materi Pecahan di Sekolah Dasar

Fatimah Nurul Imanah, Kunti Dian Ayu Afiani, Deni Adi Putra

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahapan: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 7 Surabaya dengan subjek penelitian sebanyak 11 peserta didik kelas IV SD. Teknik pengumpulan data mencakup angket dan tes, dengan instrumen penelitian berupa lembar validasi media dan materi, modul ajar, lembar angket respon guru dan peserta didik, serta lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Math Fraction Book dikategorikan "Sangat Valid" dengan presentase 90% pada validasi media dan materi, serta "Sangat Valid" dengan presentase 96% pada validasi modul ajar. Dari segi kepraktisan, media ini memperoleh respon positif dengan presentase 100% dari guru dan 97,7% dari peserta didik. Sementara itu, efektivitasnya dibuktikan dengan tingkat ketuntasan belajar peserta didik yang mencapai 100% dengan rata-rata 94,5. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media Math Fraction Book memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan di kelas IV SD.


Keywords


Pengembangan, Pembelajaran Matematika, Math Fraction Book, Model PjBL

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, Auliya Robiah, and Kowiyah Kowiyah. “Pengembangan Media Kartu Domino Pada Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (July 27, 2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1224.

Aditya, Faizal Anas, Kunti Dian Ayu Afiani, and Meirza Nanda Faradita. “Peningkatan Hasil Belajar Dengan Metode Picture and Picture Pada Materi Pecahan Kelas II SD Muhammadiyah 9 Surabaya Masa Pandemi Covid-19.” Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 6, no. 1 (February 4, 2022). https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.185.

Afiani, Kunti Dian Ayu, and Meirza Nanda Faradita. “Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar Surabaya Materi Pecahan Berbantu Media Folding Paper.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 7, no. 1 (July 7, 2022). https://doi.org/10.22437/gentala.v7i1.17862.

Afiani, Kunti Dian Ayu, and Aurellia Faradita Putri. “Penggunaan Realistic Mathematis Education (RME) Sebagai Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana di Abad 21.” PROCEEDING UMSURABAYA 1, no. 1 (September 1, 2022).

Afsari, Sisca, Islamiani Safitri, Siti Khadijah Harahap, and Lia Sahena Munthe. “Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika.” Indonesian Journal of Intellectual Publication 1, no. 3 (July 23, 2021). https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117.

Amadi, Aunur Shabur Maajid, Salsabila Hasan, Nabila Akmaliya Rifanto, Muhammad Wildan, Nidia Qonitatul Afifah, and Nur Maslikhatun Nisak. “Upaya Pemerintah Dalam Menjamin Hak Pendidikan Untuk Seluruh Masyarakat Di Indonesia: Sebuah Fakta Yang Signifikan.” Educatio 18, no. 1 (June 30, 2023). https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.14798.

Anwar, Zul. “Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Negeri Kalangan Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen.” Tesis, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2009.

Asy’ari, Lailatul Fitriyah, and Deni Adi Putra. “Implementation of Flora and Fauna-Based Smart Word Learning Media to Empower Elementary School Students’ Motivation and Science Literacy.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 11, no. 2 (September 11, 2022). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v11i2.1500.

Dwi Amalia, Fadhilah, Fajar Setiawan, and Kunti Dian Ayu Afiani. “Project Based Learning Sebagai Solusi Melatih Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Dalam Pembelajaran IPS.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 1 (June 24, 2023). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7126.

Erianti, Nanda, Kunti Dian Ayu Afiani, and Deni Adi Putra. “Pengembangan Media Game Data Master Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas V SD.” Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 3 (March 11, 2025). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11681.

Hadi, Hasrul, and Sri Agustina. “Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model Addie.” Educatio 11, no. 1 (2016).

Nadia, A. I., K. D. A. Afiani, and I. Naila. “Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia 12, no. 1 (April 20, 2022). https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v12i1.791.

Nurhadiyati, Alghaniy, Rusdinal Rusdinal, and Yanti Fitria. “Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 1 (2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684.

Nuryana, Salma, Layyinatus Syifa, Aliyya Ishlah Farah, and Elya Umi Hanik. “Implementasi Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Materi Tata Surya Di MI NU Tamrinus Shibyan Pladen.” YASIN 1, no. 2 (December 30, 2021). https://doi.org/10.58578/yasin.v1i2.134.

Purnasari, Pebria Dheni, and Yosua Damas Sadewo. “Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan.” Publikasi Pendidikan 10, no. 2 (June 11, 2020). https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846.

Setianingsih, Dewi, Kunti Dian Ayu Afiani, and Lilik Binti Mirnawati. “Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas Iii Sd Muhammadiyah 8 Surabaya.” Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar 5, no. 1 (July 7, 2021). https://doi.org/10.24929/alpen.v5i1.75.

Sugiantara, I Putu, Ni Made Listarni, and Krisnanda Pratama. “Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Literasi Digital 4, no. 1 (March 31, 2024). https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448.

Sylvia Lara Syaflin. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Ipa Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 4 (October 31, 2022). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3003.

Tsani, Nadhifa Zamruda, and Delia Indrawati. “Pengembangan Media Zebotika (Puzzle Book Matematika) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Materi Mengenal Pecahan Bagi Siswa Kelas II Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 2 (May 21, 2019). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/27636.

Windari, Puja, and Mochamad Guntur. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi IPA.” JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) 8, no. 1 (February 11, 2023). https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9694.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fatimah Nurul Imanah, Kunti Dian Ayu Afiani, Deni Adi Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303