Penggunaan Media Augmented Reality Pada Pembelajaran IPA: Studi Kasus di Salah Satu Sekolah Dasar Islam Karawang
Abstract
Pembelajaran IPA dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang penting dimana peserta didik mempelajari sekumpulan ilmu tentang alam atau makhluk hidup tetapi juga memerlukan cara dalam memecahkan permasalahan yang abstrak. Pembelajaran IPA membutuhkan berbagai penggunaan media dalam proses pembelajaran untuk membantu peserta didik memahami ilmu yang dipelajari, yang diantaranya yaitu penggunaan media augmented reality. Dengan memilih media pembelajaran yang tepat maka akan dengan mudah bagi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan media augmented reality pada pembelajaran IPA: studi kasus di salah satu Sekolah Dasar Islam Karawang. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan observasi langsung, kemudian melakukan wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data yang akurat serta obyektif. Adapun hasil penelitian ini adalah penggunaan media augmented reality pada pembelajaran IPA di salah satu Sekolah Dasar Islam Karawang dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan peserta didik menjadi lebih aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asani, Sarida Nur. “Systematic Literature Review Efektivitas Media Pembelajaran IPA Berbasis Android Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD.” Indonesian Journal of Intellectual Publication 3, no. 2 (March 31, 2023). https://doi.org/10.51577/ijipublication.v3i2.358.
Carolina, Yuvita Dela. “Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 8, no. 1 (October 4, 2022). https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448.
Cherly Ana Safira, Agung Setyawan, and Tyasmiarni Citrawati. “Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA 10, no. 1 (June 30, 2020). https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277.
Cresswell, J. W. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.
Efendi, Firmansah Koesyono. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Asesmen Kompetensi Di Sekolah Dasar.” Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 8, no. 2 (April 7, 2024). https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3191.
Festiawan, R. Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran. Purwokerto: Universitas Jenderal Soedirman, 2020.
Hayati, Tri Umi Faridah. “Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Zat Campuran Pada Siswa Kelas 5 SDN Minomartani 2.” Jurnal Penelitian Inovatif 2, no. 2 (August 13, 2022). https://doi.org/10.54082/jupin.79.
Jannah, Ikha Nur, Dwi Prasetiyawati Diyah Hariyanti, and Singgih Adhi Prasetyo. “Efektivitas Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran IPA Di SD.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4, no. 1 (April 2, 2020). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135.
Jaya, Hendra, Muh. Hambali, and Fakhrurrozi. “Transformasi Pendidikan: Peran Pendidikan Berkelanjutan Dalam Menghadapi Tantangan Abad Ke-21.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 6, no. 4 (2023).
Mufit, Y. Hendriyani, and M. Dhanil. Augmented Reality Dan Virtual Reality Berbasis Konflik Kognitif. Depok: Rajawali Pers., 2023.
Nefianti, Nadia, Ratri Isharyadi, and Lusi Eka Afri. “Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Prisma Dan Limas Untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pendidik Indonesia 2, no. 2 (December 31, 2021). https://doi.org/10.61291/jpi.v2i2.24.
Qorimah, Esti Nur, Wisnu Cahyo Laksono, Yulia Maftuhah Hidayati, and Anatri Desstya. “Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Pada Materi Rantai Makanan.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 5, no. 1 (April 22, 2022). https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46290.
Setiawan, Ahmad Hasni, and Hasan Dani. “Studi Terhadap Media Augmented Reality (AR) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada KD Memahami Jenis-Jenis Alat Berat.” Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan 7, no. 1 (January 8, 2021). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/37593.
Wedyawati, Nelly, and Yasinta Lisa. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish, 2019.
Yestiani, Dea Kiki, and Nabila Zahwa. “Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar.” Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (March 30, 2020). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/515.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5112
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dini Amelia, Fadhilah Prabowo, Subandriyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.