Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang dilakukan dengan guru kelas III SDN Wonorejo 274 tentang adanya permasalahan mengenai hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Permasalahan disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang telah diterapkan dalam kegiatan pembelajaran, namun belum mengetahui adanya pengaruh yang signifikan, dalam hal ini penerapannya belum sepenuhnya optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media puzzle terhadap hasil belajar siswa tentang bangun datar di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen Design jenis The NonequivalenttControl Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purpossive Sampling dengan kelas III A menjadi kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes pretest-posttest dan dokumentasi, kemudian diuji dengan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Independent Sample T-test, dan Uji Dependent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sebelum menggunakan media puzzle pada materi bangun datar, rata-rata nilai pretest kelas kontrol adalah 51,3, sementara kelas eksperimen 49,5, yang menunjukkan bahwa nilai pretest kelas eksperimen lebih rendah daripada kelas kontrol. 2) Setelah menggunakan media puzzle pada materi bangun datar, rata-rata nilai posttest kelas eksperimen meningkat menjadi 83,5, sementara kelas kontrol meningkat menjadi 80,1. 3) Uji Independent Sample T-test menunjukkan hasil Sig (2-tailed) = 0,041 < 0,05 untuk kelas kontrol dan Sig (2-tailed) = 0,044 < 0,05, yang berarti ada perbedaan signifikan antara rata-rata hasil belajar kedua kelas setelah menggunakan media tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiani, Kunti Dian Ayu. “Implementasi Kultur Literasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Di Era Revolusi Industri 4.0.” PROCEEDING UMSURABAYA, May 12, 2020. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/4831.
Afiani, Kunti Dian Ayu. “Penerapan Model Probem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Pada Pembelajaran Matematika Tema Lingkungan.” PROCEEDING UMSURABAYA, August 9, 2023. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19754.
Afiani, Kunti Dian Ayu, and Aurellia Faradita Putri. “Penggunaan Realistic Mathematis Education (RME) Sebagai Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana di Abad 21.” PROCEEDING UMSURABAYA 1, no. 1 (2022).
Alzanah, Lulu, and Happy Indira Dewi. “Pengembangan Puzzle Kreatif Untuk Media Pembelajaran Anak Sekolah Dasar.” IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial dan Humaniora 6, no. 2 (2022). https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/1508.
Bp, Abd Rahman, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani Yumriani. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” AL-URWATUL WUTSQA: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757.
Damayanti, Elfana. Praktikum Statistika Induktif. Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada., 2019.
Elan, Elan, Dindin Abdul Muiz L, and Feranis Feranis. “Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri.” JURNAL PAUD AGAPEDIA 1, no. 1 (2017). https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7168.
Fauhah, Homroul, and Brillian Rosy. “Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9, no. 2 (2021). https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334.
Hanim, Nafisah, Eriawati Eriawati, and Rika Rahmah Syahputra. “Implementasi Media Pembelajaran Puzzle Pada Materi Struktur Bagian Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi Dan Kependidikan 11, no. 1 (2023). https://doi.org/10.22373/pbio.v11i1.19541.
Ikhsan, Komara Nur. “Sarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik 2, no. 3 (2022). https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1447.
Inas Fauziah Farda and Nurrohmatul Amaliyah. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas 2 SD.” Jurnal Elementaria Edukasia 6, no. 3 (2023). https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6008.
Isnawan, G. Quasi-Experimental Design. 1st ed. Edited by Sudirman. Vol. 1. Nashir Al Kutub Indonesia, 2022.
Khasanah, Fitria Ulfatul. “Efektivitas Media Puzzle Of Paragraph Story Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.” Jurnal Pendidikan Guru MI 1, no. 1 (2024).
Kholil, Mohammad, and Silvi Zulfiani. “Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi.” EDUCARE: Journal of Primary Education 1, no. 2 (2020). https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14.
Machali, Imam. Metode Penelitian Kuantitatif (Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2021. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50344/.
Patta, Rahmawati, Latri, and Bahar. Matematika Dasar. UNM, 2021.
Pratiwi, Inesa Tri Mahardika, and Rini Intansari Meilani. “Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3, no. 2 (2018). https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762.
Raharjo, Sahid. “Cara Uji Independent Sample T-Test Dan Interpretasi Dengan SPSS.” SPSS Indonesia, n.d. Accessed July 26, 2025. https://www.spssindonesia.com/2015/05/cara-uji-independent-sample-t-test-dan.html.
Rusdianto, Herdian Dwi, Meirza Nanda Faradita, and Iswahyuni. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi BAngun Ruang Kubus Dan Balok Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 5 SD.” PROCEEDING UMSURABAYA 1, no. 2 (2024). https://doi.org/10.30651/pc.v2i1.25426.
Sukarelawa, Irma, Toni Kus Indratno, and Suci Musvita Ayu. N-Gain vs Stacking: Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik Dalam Desain One Group Pretest-Posttest. Suryacahya, 2024.
Trisiana, Anita. “Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 10, no. 2 (2020). https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304.
Widiana, I. Wayan, Ndara Tanggu Rendra, and Ni Wayan Wulantari. “Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Kompetensi Pengetahuan.” Indonesian Journal of Educational Research and Review 2, no. 3 (2019). https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22563.
Widiana, Wayan, Ndara Tanggu Rendra, Ni Wayan Wulantari, Prodi Pendidikan Guru, and Sekolah Dasar. “Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Kompetensi Pengetahuan IPA.” Indonesian Journal Of Educational Research and Review 2, no. 3 (2019).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fia Mayang Fani, Kunti Dian Ayu Afiani, Meirza Nanda Faradita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.