Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pembagian Bilangan Bulat Berdasarkan Jenis Kelamin dengan Menggunakan Teori Newman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa menurut teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pembagian bilangan bulat ditinjau dari jenis kelamin pada siswa SDN Inpres 3 Tondo. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian 2 siswa dari kelas IV SDN Inpres 3 Tondo. Teknik pengumpulan data meliputi tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) hanya siswa perempuan yang melakukan kesalahan memahami, yaitu siswa tidak dapat memahami arti masalah secara keseluruhan. (2) Siswa laki-laki dan siswa perempuan melakukan kesalahan mentransormasi, yaitu siswa tidak dapat menentukan operasi matematika untuk memecahkan masalah dengan benar. (3) Siswa laki-laki dan siswa perempuan melakukan kesalahan Keterampilan proses, yaitu tidak dapat melakukan operasi hitung yang digunakan dengan benar. (4) Siswa laki-laki dan siswa perempuan melakukan kesalahan menuliskan jawaban akhir, yaitu siswa tidak dapat memberikan jawaban dengan tepat. Terdapat beberapa faktor penyebab siswa melakukan kesalahan, yaitu: Tidak teliti dan terburu-buru, tidak fokus dan lupa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, H. Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press, 2021.
Agustian, Yudika, Rusdi Rusdi, dan Agus Susanta. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Fungsi Komposisi Kelas X Sma Negeri 7 Kota Bengkulu.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) 4, no. 2 (2020). https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.194-202.
Amelia, Marwah, Ratna Sariningsih, dan Wahyu Hidayat. “Analisis Persepsi Kesalahan Siswa Smp Pada Soal Materi Statistika Ditinjau Dari Perbedaan Gender.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 3, no. 5 (2020). https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.p%p.
Amelia, Marwah, Ratna Sariningsih, dan Wahyu Hidayat. Analisis Persepsi Kesalahan Siswa Smp Pada Soal Materi Statistika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. t.t.
Anggita, Lonie, Desi Eka, dan Citra Dewi. Perbandingan Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Tesis Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. 4 (2024).
Benbow, Camilla Persson, dan Julian C. Stanley. “Consequences in High School and College of Sex Differences in Mathematical Reasoning Ability: A Longitudinal Perspective.” American Educational Research Journal 19, no. 4 (1982). https://doi.org/10.3102/00028312019004598.
Daruhadi, Gagah, dan Pia Sopiati. Pengumpulan Data Penelitian. 2024.
Ernawati, Ernawati, Dara Kartika Dewi, Leni Nurhayati, Selvia Agina, Siti Sarah Khodijah, dan Nelly Fitriani. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Cisandawut Tahun Ajaran 2018/2019.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 4, no. 1 (2020). https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2027.
Islamiyah, Anna Citra, Sudi Prayitno, dan Amrullah Amrullah. “Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.” Jurnal Didaktik Matematika 5, no. 1 (2018). https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10035.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Edition 3. Sage, 2014.
Murtiyasa, Budi, dan Vivin Wulandari. “Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9, no. 3 (2020). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795.
Rahmawati, Ririn, dan Fertilia Ikashaum. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Newman.” Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) 4, no. 2 (2021). https://doi.org/10.36269/hjrme.v4i2.499.
Setianingsih, Muflikhul Khaq, dan Rintis Rizkia Pangestika. “Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Bilangan Bulat Dan Operasinya Melalui Pendidikan Matematika Realistik.” Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan 2, no. 2 (2023). https://doi.org/10.56916/ejip.v2i2.367.
Sinta Nur Aishah, Dian Devita Yohanie*, Aan Nurfahrudianto, dan Program. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif.” Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran 2, no. 1 (2022).
Sulaiman, Andi, Sri Subarinah, Nani Kurniati, dan Harry Soepriyanto. “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VII SMPN 8 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 1 (2023). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1168.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5315
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fitra, Mubarik, Sisriawan Lapasere, Yusdin Bin. M. Gagaramusu, Ammar Abdullah Joni Guci

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




