Pengembangan Pocket Dictionary Untuk Bahasa Inggris di Kelas: Solusi Untuk Guru Wali Kelas di SD

Yudha Adrian, Noormaliah Noormaliah, Fathul Zannah

Abstract


Penguasaan bahasa Inggris merupakan salah satu kebutuhan penting dalam dunia pendidikan modern, khususnya bagi guru wali kelas di sekolah dasar. Bahasa Inggris tidak hanya menjadi lingua franca dunia, tetapi juga alat penting untuk menciptakan lingkungan belajar bilingual yang lebih interaktif dan inklusif. Namun, banyak guru mengalami kendala, seperti keterbatasan kosakata dan kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa Inggris di kelas. Untuk menjawab tantangan ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Pocket Dictionary for Classroom Language, alat bantu praktis yang dirancang untuk membantu guru dalam memberikan instruksi dan motivasi kepada siswa menggunakan bahasa Inggris secara efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) berbasis model 4D, yang terdiri dari tahapan Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Proses pengembangan melibatkan validasi oleh ahli bahasa dan ahli materi pendidikan, serta uji coba lapangan pada guru wali kelas di SDN Keraton 4 Martapura, Kalimantan Selatan. Instrumen penelitian mencakup angket validasi, angket respon guru, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pocket Dictionary for Classroom Language dinilai valid dan efektif oleh para ahli dan guru pengguna. Validasi ahli menghasilkan skor rata-rata 3,65 (kategori valid), sedangkan uji coba menunjukkan bahwa guru merasa terbantu dalam memberikan instruksi dan lebih percaya diri menggunakan bahasa Inggris di kelas. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan partisipasi dan pemahaman terhadap kosakata baru yang digunakan guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pocket Dictionary for Classroom Language merupakan inovasi yang relevan dan praktis untuk mendukung pembelajaran bilingual di sekolah dasar. Produk ini diharapkan dapat terus dikembangkan, misalnya melalui integrasi fitur digital seperti aplikasi seluler atau format audio, untuk memberikan fleksibilitas lebih besar bagi pengguna.


Keywords


Pocket Dictionary, Bahasa Inggris, Guru Wali Kelas, Pembelajaran Bilingual

Full Text:

PDF

References


Aulia, Ila Arifatul, and Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi. “Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Berbicara Bahasa Inggris Melalui Program English Day Di MI Bilingual Roudlotul Jannah Prambon.” Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam 16, no. 2 (2025).

Fatmakiyyah, Fatmakiyyah, and Dian Rahma Santoso. “The Method of Teaching English Speaking Skill Used by Muhammadiyah Junior High School Teachers in Pasuruan: Metode Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Yang Digunakan Guru SMP Muhammadiyah Di Pasuruan.” Sidoarjo: UMSIDA Preprints Server, August 9, 2023. https://doi.org/10.21070/ups.2064.

Harlina, Hariya, and Fazri Nur Yusuf. “Tantangan Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Pedesaan.” Jurnal Penelitian Pendidikan 20, no. 3 (December 31, 2020). https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.28191.

Hulasoh, Ela, Shelby Virby, and Nurdini Tilova. “Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Storytelling.” Jurnal Pengabdian Dharma Laksana 1, no. 1 (2018).

Juliarta, I. Made, I. Gede Nika Wirawan, and Widya Fhitri. “Pelatihan Bahasa Inggris Tingkat Dasar Bagi Siswa Di Dusun Kertha Raharja.” Jurnal Warta Desa (JWD) 7, no. 1 (April 22, 2025). https://doi.org/10.29303/jwd.v7i1.312.

Karimah, Mamlu’atul. “Implementasi Program Bilingual (Linguistic Class Program) Dalam Membentuk Kompetensi Bahasa Inggris Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Pare.” Tesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2019.

Maduwu, Byslina. “Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah.” Jurnal Warta 50 (2016).

Prastuti, Lia Wahyu. “Efektivitas Direct Method Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Berbahasa Arab di SMP IT An-Nur.” Jurnal At-Tanbih: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (2024).

Pratiwi, Qory Rizki Amalia. “Penerapan Bahasa Asing Di SD Islamic Bilingual Science Darul Hijrah Puteri.” Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 9, no. 2 (April 6, 2025). https://doi.org/10.35931/am.v9i2.4821.

Sari, Yuliana, Imei Wulandari, Efridayanti Gulo, Rama Yani Pakpahan, and Rifdah Syabani Nasution. “Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Kelas D Pendidikan Bahasa Inggris Stambuk 2023 Universitas Negeri Medan.” Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa 3, no. 2 (April 21, 2025). https://doi.org/10.61132/yudistira.v3i2.1759.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Sulastri. “Manajemen Pembelajaran Berbasis Bilingual di SMP Muhammadiyah 17 Surabaya.” Inspirasi Manajemen Pendidikan 5, no. 1 (July 17, 2017). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/20292.

Thiagarajan, Semmel. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington, 1974.

Urip, Ni Nyoman Pande Pemi Rusma, and Luh Made Dwi Wedayanthi. “Analisis Program Bilingual Dalam Perkembangan Bahasa Inggris KG 1 Di Kiddos Preschool.” Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan 3, no. 1 (2025). https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i1.1156.

Widyaningrum, Winda, Endang Sondari, and Mulyati Mulyati. “Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris.” DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (September 22, 2019). https://doi.org/10.32332/1600.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yudha Adrian, Noormaliah, Fathul Zannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303