Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN Inpres 1 Lolu

Siti Nur Halizah. A, Nurul Fitriah Aras, Sinta Satria Dewi Pendit, Zulnuraini Zulnuraini, Mas’adi Mas’adi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN Inpres 1 Lolu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (Quasi Experiment) berupa Nonequivalent (Pretest dan Posttest) Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 46 siswa, terbagi dalam kelas eksperimen yang menggunakan media video animasi dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 40,54 meningkat menjadi 81,99 pada posttest, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai rata-rata 60,54 pada posttest. Uji hipotesis dengan Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh signifikan penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar IPAS siswa. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar guru dapat memanfaatkan media video animasi sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa.


Keywords


Media Pembelajaran, Video Animasi, Hasil Belajar, IPAS, Siswa Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Adnyana, K. S., dan Yudaparmita, G. N. A. “Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2023): 61–68.

Agusninta, Siti. “Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 101804 Gedung Johor.” Jurnal Pendidikan Dasar 10, no. 1 (2022): 45–52.

Amin, Rahim, A. R., & Akhir, M. (2021). Keefektifan Media Video Tutorial Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Vi Sdn 143 Inpres Leko. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 71–81. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.31

Anisyah, Dewi. “Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa SD.” Skripsi, Universitas Mataram, 2023.

Aulia, N., Hidayati, F., dan Putra, R. “Media Video Animasi Sebagai Alternatif Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 3, no. 2 (2025): 55–63.

Herlina, S., dan Fadilah, A. “Pengaruh Media Visual Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa SD.” Jurnal Basicedu 7, no. 4 (2023): 1509–1518.

Jauhari, S. F., Purnamasari, V., & Purwaningrum, M. R. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPAS. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 36–43. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.391

Munir. Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223

Piaget, Jean. The Science of Education and the Psychology of the Child. New York: Orion Press, 1970.

Putra, M. H., dan Arini, R. “Efektivitas Penggunaan Media Digital Interaktif Dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 6, no. 2 (2022): 87–95.

Sari, A. D., Nugroho, R., dan Rahmawati, I. “Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar 9, no. 2 (2021): 101–110.

Sari, I Made Citra Wibawa, & Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana. (2024). Media Video Animasi untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 8(2), 187–196. https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i2.78479

Wahyuni, Sri. “Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital.” Jurnal Pendidikan dan Teknologi 2, no. 1 (2021): 33–40.

Yusri, A. Z. dan D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 lisa 1234, Nurul Fitriah Aras, Sinta Satria Dewi Pendit, Zulnuraini Zulnuraini, Mas’adi Mas’adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303