Pengaruh Metode SAS Berbantuan Media Education Card Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 di SD Negeri Joglo Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode SAS dengan bantuan media Education Card terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 SD Negeri Joglo Surakarta pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu, penelitian dilaksanakan di SD Negeri Joglo Surakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 1A dan 1B yang berjumlah 52 peserta didik yang semuanya dijadikan sampel melalui teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Untuk memastikan keakuratan alat ukur, dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil dari uji prasyarat analisis instrument menunjukkan bahwa seluruh butir soal valid dan reliabel, dengan nilai r hitung melebihi r tabel serta reliabilitas Cronbach’s alpha yang lebih tinggi dari 0,60. Dalam penelitian ini, teknik analisis data dibagi menjadi dua antara lain uji prasyarat analisis dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode SAS berbantuan media Education Card terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik. Uji Independent Sample T-test menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 tepatnya 0,003, serta hasil t-hitung dari uji Independent Sample T-test adalah 3,123 yang lebih besar dari nilai t-tabel 1,675. Hal ini berarti bahwa penggunaan metode dan media memiliki keefektifan dalam kemampuan membaca permulaan peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Karimuddin, Misbahul Jannah, Ummul Aiman, et al. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2022.
Abraham, Irfan, and Yetti Supriyati. “Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8, no. 3 (2022). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800.
Anwar, Moh, Farid Nurul, Alam Wicaksono Antonius, and Asmira Tamar Pangambang. “Penggunaan Metode SAS Berbantuan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan.” Musamus Journal of Primary Education 5, no. 1 (2022).
Arlina, Arlina, Jeni Anwar Rambe, Muhammad Zailani, Rani Wardani Hasibuan, Nadya Salsabilah, and Rizka Ardianti. “Hakikat Dan Prinsip Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini 4, no. 3 (2023). https://doi.org/10.59059/tarim.v4i3.166.
Bere, Fransiska Balok, Oktiana Handini, and Atin Apriliana. “Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui Media Flash Card Dengan Pendekatan Saintifik Bagi Peserta Didik.” Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 5, no. 3 (2022). https://doi.org/10.31538/almada.v5i3.2584.
Bp, Abd Rahman, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani Yumriani. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” AL-URWATUL WUTSQA: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757.
Farhurohman, Oman. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD/MI.” Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar 9, no. 1 (2017). https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/412.
Havisa, Shalatsi, Solehun Solehun, and Teguh Yuliandri Putra. “Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2021). https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1762.
Indrianty, Dwi, Otang Kurniaman, and Gustimal Witri. “Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I Sdn 88 Pekanbaru.” Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2017). https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/14255.
Isro’ini, Alifah. “Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Media Kartu Kata Dan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Siswa Kelas I SDN Jajartunggal III/452 Surabaya.” EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 1 (2023). https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.274.
Kurniaman, Otang, and Eddy Noviana. “Metode Membaca Sas (Struktural Analitik Sintetik)dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaandi Kelas I SDN 79 Pekanbaru.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 2 (2016). https://www.neliti.com/publications/258189/.
Kusuma, Dewi, and Naela Makhbubah. “Penerapan Metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) Pada Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD.” Jurnal Jembatan Efektivitas Ilmu Dan Akhlak Ahlussunah Wal Jama’ah 3, no. 01 (2022). https://doi.org/10.52188/ja.v3i01.213.
Lestari, Novita Dian Dwi, Muslimin Ibrahim, Siti Maghfirotun Amin, and Suharmono Kasiyun. “Analisis Faktor-Faktor Yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278.
Muammar. Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Sanabil, 2020.
Pratiwi, Inne Marthyanne, and Vina Anggia Nastitie Ariawan. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas Satu Sekolah Dasar.” Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan 26, no. 1 (2017). https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p069.
Rahmawati, Rahmawati. “Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Media Kata Bergambar.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 1, no. 3 (2017). https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1159.
Rosalia, Djova Ika, Nur Samsiyah, and Vivi Rulviana. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Card Education Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 4, no. 0 (2023). https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/4472.
Saadah, Ida Inayatus, Neneng Sri Wulan, and Nadia Tiara Antik Sari. “Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Suranenggala.” Indonesian Journal of Teaching and Learning 3, no. 3 (2024). https://doi.org/10.56855/intel.v3i3.1044.
Sahbudi, Alfina, Yunus Abidin, and Fully Rakhmayanti. “Analisis Metode Pembelajaran SAS Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I SD.” Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya 6, no. 2 (2022). https://doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7626.
Salawati, Jians Brian, and Like Suoth. “Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan.” International Journal of Elementary Education 4, no. 1 (2020). https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383.
Sari, D. a. P., and H. D. Koeswanti. “Metode SAS Berbantuan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 12, no. 2 (2023). https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v12i2.2721.
Setianingsih, Dwi Putri, Sugiaryo Sugiaryo, and Oktiana Handini. “Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman Isi Bacaan Pada Pembelajaran Tematik Integratif Peserta Didik Kelas IV.” Widya Wacana : Jurnal Ilmiah 17, no. 2 (2022). https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/widyawacana/article/view/9907.
Sugiyono. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, 2019.
Susanti, Eri. “Pengaruh Metode Sas Dengan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan (Penelitian Pada Siswa Kelas 1 Desa Majaksingi Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang).” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang, 2021. https://repositori.unimma.ac.id/3287/.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5413
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Elin Purnamasari, Oktiana Handini, Dite Hastini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.