COVID-19 : TINGKAT STRES BELAJAR ANAK-ANAK di DAERAH TERPENCIL

husin husin, Sawitri Sawitri

Abstract


Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan Pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam mencegah penyebaran covid-19 pada satuan pendidikan, yang mana setiap pembelajaran dilakukan tanpa tatap muka langsung seperti belajar di `rumah aja. Hal ini menimbulkan stres bagi anak didik karena mereka kesulitan memenuhi kebutuhan belajar terutama anak di daerah terpencil. Pada bulan oktober 2020 ada tiga kasus anak meninggal akibat stres belajar dirumah aja karena beberapa alasan yaitu tidak memiliki handphone, kouta internet dan jaringan kurang stabil, kesulitan memahami pembelajaran, banyaknya tugas sekolah, kurangnya pengetahuan orang tua dalam mendampingi anak belajar, sedikitnya waktu orang tua pekerja dalam mendampingi anak belajar, dan terbatasnya kehidupan sosial anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui covid-19 dan tingkat stres anak dalam belajar masa pandemi di daerah terpencil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif post-positivistik dengan jenis case study serta prosedur pengumpulan data studi lapangan observasi, angket dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa tingkat stres anak dalam belajar masa pandemi covid-19 di daerah terpencil sangatlah tinggi. Hasil penelitian ini berkontribusi terhadap kajian-kajian dampak PJJ terhadap kualitas psikologi belajar anak sehingga bisa dijadikan sebagai argument untuk menimbang kembali penerapannya dalam proses pembelajaran.

Keywords


Covid-19; Tingkat Stres Anak; Daerah Terpencil

Full Text:

PDF

References


Alfiah, Laila Nur, Deni Ainur Rokhim, dan Intan Ayu Idha W. “Analisis Dampak Anjuran Pemerintah Terhadap Belajar Di Rumah Bagi Pelaku Pendidikan.” JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan Vol. 3, no. No. 3 (2020): 216–23.

Amalia, Aniq, dan Siti Fatonah. “Penerapan Pembelajaran Daring Dragonlearn pada Era Pandemic Covid-19(Studi Kasus di MI Ma’had Islam Kopeng).” ISEJ: Indonesian Science Education Journal Vol. 1, no. No. 3 (2020): 148–64.

Aryani, Farida. Stres belajar Suatu pendekatan dan Intervensi konseling. Makassar: EDUKASI MITRA GRAFIKA, 2016.

Asmuni. “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 7, no. No. 4 (2020): 281–88.

Atsani, KH. Lalu Gede Muhammad Zainuddin. “Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam Vol. 1, no. No 1 (2020): 82–93.

Badrudin, Arief Rachman, Muhammad Hidayat Ginanjar, dan Wartono. “Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Daring Selama Pandemi Covid 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Bogor.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 9, no. No. 2 (2020): 209–44. https://doi.org/DOI : 10.30868/ei.v9i02.909.

Bangun, Darwin. “Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, Dan Penggunaan Waktu Belajar Di Rumah Dengan Prestasi Belajar Ekonomi.” Jurnal Ekonomi & Pendidikan Vol. 5, no. No. 1 (2020): 74–94.

Cahyati, Nika, dan Rita Kusumah. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19.” Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 4, no. No. 1 (2020): 152–59.

Darmalaksana, Wahyudin, R. Yuli Ahmad Hambali, Ali Masrur, dan Muhlas. “Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21.” Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19, 2020, 1–12.

Handarini, Oktafia Ika. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol. 8, no. No. 3 (2020): 496–503.

Handayani, Diah, Dwi Rendra Hadi, Fathiyah Isbaniah, Erlina Burhan, dan Heidy Agustin. “Penyakit Virus Corona 2019.” Jurnal Respirologi Indonesia Vol. 40, no. No. 2 (2020): 119–29.

HK, Abdul Wahid. Surat edaran resmi. “Surat Edaran: Tentang Pencegahan Penyebaran/Penularan Covid-19 (Corona Virus Disease) di Satuan Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara.” Surat edaran resmi, 2020.

Ilpaj, Salma Matla, dan Nunung Nurwati. “Analisis Pengaruh Tingkat Kematian Akibat Covid-19 Terhadap Kesehatan Mental Masyarakat Di Indonesia.” Jurnal Pekerjaan Sosial Vol. 3, no. No. 1 (2020): 16–28.

Indasari, Saskia Rosita, Adhimas Wahyu Agung Wijaya, Melliana Layuk, Marthen S Sambo, dan Mega Indrawati. Buku Saku Dukungan Psikososial Bagi Guru & Siswa Tangguh di Masa Pandemi Covid-19. Tangerang Selatan: Wahana Visi Indonesia, 2020.

Jamilah. “Dampak Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi COVID 19 pada Siswa Sekolah Dasar.” Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional 2020, 2020.

Kusumadewi, Rida Fironika, Yustiana, dan Khoirotun Nasihah. “Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak COVID-19 Di SD.” JPRD ( Jurna Riset Pendidikan Dasar) Vol. 1, no. No. 1 (2020): 7–13.

Latip, Abdul. “Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19.” EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran Vol. 1, no. No. 2 (2020): 107–15.

Lestari, Vega Dhini. “Terjadi lagi siswa bunuh diri gara-gara sekolah daring, KPAI : Dia tidak kuat menanggung sendirian.” Tribunnews.net. Tribunnewmaker.com (blog), 2020. https://newsmaker.tribunnews.com/2020/10/30/terjadi-lagi-siswa-bunuh-diri-gara-gara-sekolah-daring-kpai-dia-tidak-kuat-menanggungnya-sendirian.

Leuwol, Natasya Virginia. “Perubahan Karakter Belajar Mahasiswa Di Tengah Pandemik Covid-19 (Tinjauan Sosio-Psiko terhadap Perubahan Karakter Belajar Mahasiswa di tengah Pandemik COVID-19, di Kota Sorong, Papua Barat).” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya Vol. 4, no. N. 1 (2020): 32–44.

Mahmudah, Safira Rona. “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologis Siswa Terdampak Social Distancing Akibat Covid 19.” Jurnal Al – Mau’izhoh Vol.2, no. No. 2 (2020): 1–14.

Makinuddin, Mohammad, Saeful Anam, dan Shoffiyah. “Character Building dan Pendidikan Islam di Era New Normal.” MIYAH: Jurnal Studi Islam Vol. 16, no. No. 1 (2020): 186–99.

Megawanti, Priarti, Erna Megawati, dan Siti Nurkhafifah. “Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ Pada Masa Pandemi Covid 19.” Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 7, no. No. 2 (2020): 75–82.

Meutia, Amalia. “Dampak Pandemi Covid 19 Pada Psikis Dan Ingatan Anak.” ESJ (Elementary School Journal) Vol. 10, no. No. 1 (2020): 60–66.

Palupi, Tri Nathalia. “Tingkat Stres Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dalam Menjalankan Proses Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19.” JP3SDM Vol. 9, no. No. 2 (2020): 18–29.

Putro, Khamim Zarkasih, Muhammad Adly Amri, Nuraisah Wulandari, dan Dedek Kurniawan. “Pola Interaksi Anak Dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran di Rumah.” Fitrah: Journal of Islamic Education Vol. 1, no. No. 1 (2020): 125–40.

Raharjo, Anang Susilo, dan dkk,. Kutunggu Hadirmu di Depan Layar. Sumatera Utara: format publishing, 2020. https://formatpublishing.id.

Rahmasari, Aden Fani, Fajar Setiawan, dan Meirza Nanda Faradita. “Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 17 Surabaya di Tengah Pandemi Covid-19.” Inventa: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 4, no. No. 5 (2020): 158–68.

Rais, Haidar. “Update covid-19 di Indonesia.” Go.id. prfmnews.id (blog), 2020.

Rinawati, Desy, dan Eka Kurnia Darisman. “Survei tingkat kejenuhan siswa SMK belajar di rumah pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan selama masa pandemi covid-19.” Journal of Science and Education (JSE) Vol. 1, no. No. 1 (2020): 32–40.

Risalah, A, W Ibad, L Maghfiroh, M I Azza, S A Cahyani, dan Z A Ulfayati. “Dampak pandemi covid-19 terhadap kegiatan belajar mengajar di MI/SD (studi KBM berbasis daring bagi guru dan siswa).” JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School Vol. 1, no. No. 1 (2020): 10–16.

Rohayani, Farida. “Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19.” QAWWAM: JOURNAL FOR GENDER MAINSTREAMING Vol. 14, no. No. 1 (2020): 29–50. https://doi.org/10.20414/Qawwam.v14i1.2310.

Sadikin, Ali, dan Afreni Hamidah. “Article Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.” BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol. 6, no. No. 2 (2020): 214–24.

Sari, Neneng Yulda, dan Wisroni. “The Urgency Of Parental Guidance For Youth Education In The Belajar Dari Rumah (BDR) Era.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Vol. 8, no. No. 3 (2020): 309–21. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109565.

Setyorini, In. “Pandemi covid-19 dan online learning : apakah berpengaruh terhadap proses pembelajaran pada kurukulum 13?” Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR) Vol. 1, no. No. 1 (2020): 95–102. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i1.

Setyosari, Punaji. Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta: Prenada Media, 2016.

Subarto. “Momentum Keluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Di Tengah Wabah Pandemi Covid-19.” ‘Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan Vol. 4, no. No. 1 (2020): 13–18. https://doi.org/10.15408/adalah.v4i1.15383.

Sugihantono, Anung, dan dkk,. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disesase (Covid-19). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 2020. https://infeksiemerging.kemkes.go.id.

Sugiyono. metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Penerbit Alfabeta, 2016.

Tabi’in, A. “Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19.” Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 04, no. No. 1 (2020): 190–200.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Wardani, Anita, dan Yulia Ayriza. “Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 5, no. No. 1 (2020): 772–82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.

Wicaksono, Adhi. “KPAI Sebut siswa bunuh diri diduga banyak tugas selama PJJ.” Transmedia. CNNIndonesia.com (blog), 2020. https://m.cnnindonesia.com/nasional/20201031194605-20-564467/kpai-sebut-siswa-bunuh-diri-diduga-banyak-tugas-selama-pjj.

Yunitasari, Ria, dan Umi Hanifah. “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 2, no. No. 3 (2020): 232–43.

Yunus, Muhammad. “Siswi Bunuh Diri Di Gowa, Kpai Sayangkan Pernyataan Fitri Ari Utami.” Suara.com. suarasulsel.id (blog), 2020. https://sulsel.suara.com/read/2020/10/22/165903/siswi-bunuh-diri-di-gowa-kpai-sayangkan-pernyataan-fitri-ari-utami.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v5i2.542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.