PENGARUH PEER GROUP TERHADAP INTENSITAS PERILAKU BULLYING PADA USIA ANAK

Hardiyanti Rahmah

Abstract


Pada masa usia TK dan Sekolah Dasar adalah masa dimana anak belajar banyak hal berdasarkan pengalaman yang dilihat di lingkungannya, baik lingkungan rumah maupun sekolah. Saat usia anak ini, mereka belajar dengan cepat dari peer groupnya, baik itu pembelajaran yang positif maupun negatif, termasuk perilaku bullying yang dipelajari anak dari temannya kemudian diikutinya. Bullying merupakan bentuk perilaku kekerasan fisik dan kekerasan psikologis (verbal dan non verbal). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peer group terhadap perilaku bullying dan bagaimana dampaknya terhadap kesehatan mental. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 122 orang dengan rentang usia 8 - 12 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F sig. 0,022 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,022 < 0,05), sehingga disimpulkan peer group memberikan pengaruh terhadap munculnya perilaku bullying pada anak.

Keywords


Peer Group; Bullying; Usia Anak

Full Text:

PDF

References


Al-Raqqad et al. The Impact of School Bullying On Students’ Academic Achievement from Teachers Point of View. International Education Studies, 10, 6, 44-50, 2017.

Darmawan, D. Metode penelitian kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Jan, M.S.A. Bullying in Elementary Schools: Its Causes and Effects on Students. Journal of Education and Practice. 43-57, 6, 19, 2015.

Kindermann, Thomas. Peer Group Influences on Students’ Academic Motivation. Handbook On Social Influences On Social-Emotional, Motivation, And Cognitive Outcomes In School Contexts: Portland State University, 2015.

Rohimah, A. Hubungan peran kelompok teman sebaya dengan perilaku bullying pada anak usia sekolah di sd muhammadiyah mlangi gamping sleman yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Aisyiyah Yogyakarta, 2016.

Papacostaa, S.E, Paradeisiotia, A. & Lazaroua, C. Bullying phenomenon and preventive programs in Cyprus’s school system. International Journal of Mental Health Promotion, 16(1), 67–80, 2014.

Þorsteinsdóttir, E. Effects of bullying on symptoms of depression and anxiety, the importance of parental support. Thesis. Reykjavik University : Haskolinn Reykjavik, 2014.

Seixas, S. R, Coelho, J. P. & Fischer, G.N. Bullies, victims and bully-victims impact on health profile. Educacao, Sociedade & Culturas, 38, 53-75, 2013.

Stein, et al. Adolescent male bullies, victims, and bully-victims: a comparison of psychosocial and behavioral characteristics. Journal of Pediatric Psychology, 2006.

Uyanto, S. S. Pedoman analisa data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

Wilson Dan. Peer Group Influences on Learning Outcomes. Journal of Initial Teacher Inquiry, 6-9, 2, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v0i0.63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.