STRATEGI COOVERATIVE LEARNING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Husin Husin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi atas pengamatan peneliti atas beberapa teori pendidikan yang berkembang di kalangan pendidik, dan beragamnya penerapan dari teori-teori tersebut sehingga juga menghasilkan beragamnya hasil dari kualitas pendidikan yang dilaksanakan. StrategiCooverative Learningmenjadipilihanmenarikbagipenelitiuntukdikaji dan dianalisismelaluipendekatannormative-teologis. Dengan menggunakan metode kualitatif dan analisisayatsecara tahlili, surah al-Maidahayat 2 dan al-Hujuratayat 13 ternyatabisamewakiliteoriCooverative Learningdalampendidikan Islam. Hasil penelitianmenunjukkanbahwanilai-nilaiCooverative Learningyang terdapat pada kedua surah tersebutsepertiprinsip dasar dalam menjalin kerjasama dan saling membantu selama tujuannya adalah kebaikan dan ketakwaan, baiksecarakelompokmaupunperseorangansangatsejalandenganteoriCooverative Learningyang dipahami oleh para pendidik. Hasil daripenelitianinidiharapkandapatmemperkayateoriCooverative Learningtersebutdengannilai-nilaipendidikan Islam sehinggabisamenghasilkanpendekatan yang lebihIslami, sekaligusbisamenanamkankarakterreligiusbagianaksebagai salah sataukarakter yang harusditanamkan oleh pendidikkepadasiswa.

Keywords


Kata kunci:Strategi, Cooverative Learning, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Hamka, Tafsir Al-Azhar Jilid 8, Jakarta: Gema Insani. 2015.

Hartono, Rudi, Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid, Cet. II. Jogjakarta: DIVA Press. 2014.

Husin, “Fathering Adversity Management”, Al-Madrasah Vol. 3, No. 1 (2018)

Lihat Al-Qurthubi, Al-Jami li Ahkamil Qur’an, juz XVI dan 292; Ibnu Katsir, Tafsirul Qur’amil Azhim, juz VII, hal. 385, As-Sa’di, Taisiril Karimir Rahman, h. 880 dan Asy-Syinqithi, Adlayaul Bayan, Juz VII, h. 631

M, Sardiman A, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2007.

Nata, Abuddin, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran,Cet. III. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. 2014.

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Cet. II. Jakarta:Rajawali Pers. 2013.

Santos B, Cooperative Learning: Penerapan Teknik Jigsaw Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SLTP. Buletin Pelangi Pendidikan Vol. 1. No. 1. 1996.

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Mishbah Vol 3. Jakarta: Lentera Hati. 2002.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2010. Suwadi, dkk, Panduan Penulisan Skripsi. Yogyakarta: Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014.

Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v0i0.67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.