PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM UNTUK ANAK USIA DINI DI TK ALAM ALAZHAR KUTAI KARTANEGARA

Sunanik Sunanik

Abstract


Pembelajaran di dalam kelas dengan meja dan kursi belajar menjadi salah satu model pembelajaran konvensional yang umum diterapkan di lembaga TK.Padahal, sesungguhnya proses belajar dapat dilakukan di mana saja termasuk di luar ruangan atau alam bebas. Proses belajar seperti ini menghambat anak untuk mengeksplor kemampuannya secara maksimal. TK Alam merupakan sebuah layanan pendidikan bagi anak yang fokus pada kegiatan outdoor dan pembelajaran melalui interaksi langsung dengan alam. Konsep ini merupakan sebuah inovasi dibidang Pendidikan Anak Usia Dini. Belum banyak penelitian formal yang tersedia tentang pelaksanaan pembelajaran Alam dan belum ada acuan kurikulum yang mengatur pembelajaran di TK alam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis alam di TK Alam. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif pada TK alam yang terdapat di KutaiKartanegara yaitu TK Alam Al Azhar. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi aktivitas pembelajaran, wawancara dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini, perencanaan pembelajaran di TK Alam menggunakan terdiri dari menetapkan tahap perkembangan Anak Didik, menetapkan indikator, menyusun konsep materi pembelajaran, menentukan tema, menyusun rencana kegiatan pembelajaran berbasis alam, menyiapkan sumber belalar dan alat peraga pembelajaran berbasis alam, pelaksanaan pembelajaran dilakukan didalam kelas (indoor learning) dan diluar kelas (outdoorlearning). Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan pengamatan, catatan anekdot, danfortofolio kemudian dituangkan dalam raport perkembangan dan raport narasi yang berisi detail perkembangan anak selama di TK.

Keywords


Pembelajaran konvensional, TK Alam, Pembelajaran Inovatif, Pelaksanaan Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Anita, Yus. Penilaian Belajar Anak Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005

Aqib, Zainal. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif), Bandung: YramaWidya, 2013

Arikunto,Suharsimi. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Grafindo Persada, 1991

Cepi Riyana dan Toto Fathoni. Komponen-Komponen Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo, 2011

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research, Jakarta: UGM Press, 1993

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara, 2013

Husin, “Pendidikan Agama Islam di Amerika Serikat”, Al-Madrasah 2, no. 2 (2018).

M. Fadillah, Desain pembelajaran PAUD: Panduan untuk Pendidikan Mahasiswa, dan Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012

Marimba, D Ahmad. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Bayan, 1996

Michael and Mattew. B, Milles Huberman. Analisis Data Kualitatif, (terj), Jakarta: UI Press, 1984

Moeslichatoen R. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak,(Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2004

Moleong, Lexy. Metode penelitian Kualitatif, Jakarta: Remaja Rosda Karya, 2004

Muhajir, Noeng. Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 2000

Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implemetasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011

Munif, Chatib. Gurunya Manusia: Mejadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara, Bandung: Mizan, 2011

Nurani Sujiono, Yuliani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks, 2009

Permasih dan Darmawa, Konsep Dasar Pembelajaran dalam Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2011

PERMENDIKBUD 137, Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Permedikbud. 2014

Riduan, Metode dan Teknik Penyusunan Tesis, Bandung: Alfabeta, 2004

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011

Saleh, S., & Sugito, S., Implementasi metode bermain peran untuk mening-katkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Barunawati. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 85-93. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/4845. 2015

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group, 2008

Setiawan, Agus. Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran al-Ghazali dan Burhanuddin al-Zarnuji), Dinamika Ilmu, 14 (1), 2014

Sigit, Suhardi. Pengantar Metodologi Penelitian Sosial-Bisnis- Manajemen, Bandung: Lukman Offset, 1999

Sujiono, Anas. Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011

Suparwi, Peranan Cabang Muhammadiyah Terhadap Pendidikan Islam di bulu Sukoharjo, UMS, Skripsi, 2011

Syaodih Sukmadinata, Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007

Tim Pengembang BPPP Depdiknas.Model Pembelajaran Berbasis Alam Pendidikan Anak Usia Dini Formal dan Nonformal .Jakarta : Pusat Kurikulum BPPP Depdiknas. 2008

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011

Uno, Hamzah, Model Pembelajaran Meciptakan Proses Belajar Mengajara yang Kreatif dan efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Waseso, Iksan. dkk, Evaluasi Pembelajaran TK, Jakarta: Universitas Terbuka, 2011

Wortham, S. C. Early Childhood Curiculum, Columbus, Ohio: Pearson Merril Prentice Hall. 2006




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v0i0.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.