Konsep Pendidikan Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa Usia Madrasah Menurut Mahmud Al Mishri

Hasbi Indra, Akhmad Alim, Salman Al Farisi

Abstract


Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan manusia untuk beradaptasi dengan lingkungan dan manusia sekitar. Fokus kajian artikel ini ialah membahas konsep pendidikan kecerdasan interpersonal remaja awal dalam perspektif Mahmud al-Mashri dalam buku beliau yang berjudul Adab al-Thifli al-Muslim Lishigor Walkibar. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian menemukan bahwa konsep pendidikan kecerdasan interpersonal menurut Mahmud al-Mishri menekankan pendidikan adab dengan priorotas pendidikan adab kepada orangtua, adab kepada guru, adab kepada teman, adab berbicara, adab bercanda dan adab bertemu dan berjabat tangan.


Keywords


Kecerdasan Interpersonal, Remaja Awal, Mahmud al-Mishri

Full Text:

PDF

References


Ahmad Tafsir. Ilmu Pendidikan dalam Perpektif Islam. Diedit oleh Remaja Rosda Karya. Bandung, 2010.

Al-Mishri, Mahmud. Adab Al-Thifli Al-Muslim Li as-Shigor Wa al-Kibar. Mesir: Daar Al-Maarif, 2011.

Arif, Muhamad. “Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Akhlak Lil Banin Karya Umar Ibnu Ahmad Barjah.” Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan 02 (2018): 401file:///D:/Project/UIKA Bogor/Jurnal/Referensi/.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Asmaya, Enung. “Aktivitas Dakwah Fardiyah Dalam Tinjauan Psikologi.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 1, no. 1 (2016): 99–114. https://doi.org/10.24090/komunika.v1i1.783.

Hakam, Kama Abdul. “Tradition of Value Education Implementation in Indonesian Primary Schools.” Journal of Social Studies Education Research 9, no. 4 (2018): 295–318. https://jsser.org/index.php/jsser/article/view/357.

Leung, Suzannie K Y, dan A Reza Hoshmand. “The Imperative of Arts in General Education: Do the Arts Enhance Quality Learning?” The Journal of General Education 68, no. 3–4 (1 Oktober 2020): 153–68. https://doi.org/10.5325/jgeneeduc.68.3-4.0153.

Maya, Rahendra. “Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 06 (2017): 20.

Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Nata, Abudin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2013.

Oviyanti, Fitri. “URGENSI KECERDASAN INTERPERSONAL BAGI GURU.” Tadrib III, no. 1 (2017): 75–97. https://media.neliti.com/media/publications/257004-urgensi-kecerdasan-interpersonal-bagi-gu-6ea48a10.pdf.

Saufi, M;, dan Muhammad Royani. “Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Dan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Efektivitas Model Pembelajaran PBL.” Math Didactic 2, no. 2 (2016): 106–15. https://doi.org/10.33654/math.v2i2.35.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Riset dan Pengembangan. 25 ed. Bandung: Alfabeta, 2017.

Thoriq Aziz, Jayana. Adab dan Doa Sehari-hari Untuk Muslim Sejati. Jakarta: PT. Elex Media Kompurindo, 2018.

Uno, H.B. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Yusof, Azmin, dan Muhamad Ismail Abdullah. “Adab Unggul Islam dalam Persahabatan Antara Insan.” Attarbawiy: Malaysian Online Journal of Education 02 (2017): 102.

Yusuf, A Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. 4 ed. Jakarta: Kencana, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i1.845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.