Penerapan Metode Bermain Peran Konsep Dasar PKn MI/SD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGMI UNISKA MAB Banjarmasin

desy desy

Abstract


Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan di universitas. Mata kuliah tersebut juga termasuk dalam Mata kuliah gabungan universitas (MGU). Karena esensi yang begitu penting, PKn tidak hanya mengajarkan materi kepada mahasiswa saja. Salah satu pengembangan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan adalah Konsep dasar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) MI/SD. Materi sistem demokrasi adalah salah satu materi yang sangat dekat dengan mahasiswa dan sering diaplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran materi sistem demokrasi, jika hanya dijelaskan dengan metode ceramah terkadang kurang efektif dan efisien. Pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran (role play), lebih efektif , menyenangkan dan mudah dipahami oleh mahasiswa daripada hanya dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi saja. Mereka lebih antusias dan berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Karena metode bermain peran (role play), meliputi aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif (dengan angket). Dari analisis data angket yang telah disebarkan kepada 21 responden dengan 7 item pernyataan diperoleh nilai dengan rata-rata 30, 05, maka penerapan metode bermain peran (role play) Konsep Dasar PKn MI/SD materi Sistem Demokrasi berpengaruh pada motivasi belajar mahasiswa PGMI UNISKA MAB Banjarmasin.

Keywords


Metode Bermain Peran, Konsep Dasar PKn MI/SD, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Amin, Zainul Ittihad. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. Strategi Belajar Mengajar. 2006. Jakarta: PT Rineka Cipta

Fathurrohman dan Wuri Wuryandani. 2011. Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar : untuk PGSD dan Guru SD. Yogyakarta: Nuha Lentera

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama

Moeleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Roestiyah N. K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v0i0.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.