Manajemen Pembelajaran Fiqih di Sekolah dan Madrasah Bagi Guru Pendidikan Agama Islam

Muhsin Aseri

Abstract


Tujuan penelitian ini mengkaji tentang pentingnya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengelola pembelajaran di kelas, khususnya pembelajaran fiqih di sekolah dan madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Metode studi kepustakaan adalah metode pengumpulan beberapa data yang diperoleh melalui catatan, karya, atau gambar. Dengan demikian, pembahasan atau data yang diperoleh merupakan hasil eksplorasi dari beberapa sumber bacaan yang relevan. Hal ini merupakan upaya, tindakan, dan metode yang dilakukan oleh guru PAI dalam mewujudkan pembelajaran fiqih yang dinamis dan menarik. Pengelolaan pembelajaran fiqih sangatlah penting. Sehingga tidak terjadi kesalahan dalam memahami materi fikih yang sarat akan pemikiran ulama/ahli, pandangan mazhab, dan tata cara ibadah yang baik dan benar. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran fiqih di sekolah dan madrasah perlu hadir dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang berkaitan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menggunakan berbagai metode, seperti metode ceramah, metode tanya jawab, metode dasar, metode resitasi, dan metode drill. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengelolaan pembelajaran fikih di sekolah dan madrasah terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.


Keywords


pembelajaran fiqih, madrasah, pendidikan agama islam

Full Text:

PDF

References


Anwar, S. (2014). Desain Pendidikan Agama Islam Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di Sekolah (p. 260).

Athoillah, M. (2015). THE METHODS OF TEACHING AND LEARNING FIQH IN ISLAMIC BOARDING SCHOOL , ISLAMIC SCHOOL AND Fiqh ( Islamic jurisprudence ) is part of Islamic law which contains Ahkam Syari ‟ yah „ Amaliyah , the provisions and laws to guide pratical issues ( amaliyah ) on. Journal of Emerging Economies and Islamic Research, 2(1). http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpi/article/view/697/pdf_92

Darmawiyah, D. (2017). Strategi Pembelajaran Fiqih Mawaris Pada Dayah Madinatuddiniyah Darul Huda Aloh Gadeng Dan Dayah Terpadu Madinatuddiniyah Jabal Nur Paloh Lada Di Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Didaktika, 17(2), 245. https://doi.org/10.22373/jid.v17i2.1642

Latif, U., & Nurainiah, N. (2018). Fiqh Learning For Elementary School Students in Kutamakmur North Aceh: A Study on Students’ Ability in Learning Shalat. Al-Ta Lim Journal, 25(1), 45–55. https://doi.org/10.15548/jt.v25i1.399

Mansir, Firman. (2020a). Management of Fiqh Learning In School an Madrasah For Islamic Religious Education Teacher. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 78–85.

Mansir, Firman. (2020b). the Urgency of Fiqh Siyasah in Islamic Education Learning At Madrasas and Schools. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 142. https://doi.org/10.24014/potensia.v6i2.11242

Mansir, Firrman. (2020). The problematic and challenge of fiqh learning in school and madrasah in the covid-19 pandemic era. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 12(2), 169–184. https://doi.org/10.18326/mdr.v12i2.169-184

Masykur, M. R. (2019). Metodologi Pembelajaran Fiqih. Jurnal Al-Makrifat, 4(2), 31–44.

MUHAMMAD RAHMATULLAH RUSNILA HAMID MANSUR. (2014). Pembelajaran Fikih.

Nisfu Ema Fatimah, N. U. A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Fiqih Di Mi Al Islam Tonoboyo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Tarbiyatuna, 8(1), 9–22.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Rohman, F. (2017). PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS MASALAH MELALUI KEGIATAN MUSYAWARAH DI PONDOK PESANTREN AL-ANWAR SARANG PENDAHULUAN.( Sada , 2015 ). 8(Ii), 179–200.

Ruwaida, H. (2019). Strategi Pembelajaran Fiqih Thaharah Di Sdn Mundar Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 167. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.137

Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1), 190–220. https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.497

Setiawan, A. R., Puspaningrum, M., & Umam, K. (2019). Pembelajaran Fiqh Mu’Āmalāt Berorientasi Literasi Finansial. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 187–192. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887

SHINTAWATI, A. (2008). Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Keaagamaan Husnul Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat. 0–13.

Shofiyani, A., & Sholihah, M. (2021). Development of Learning Media for Islamic Fiqh Educational Games on Learning Interest. 1(3).

Sugianto, H. (2020). Inovasi Pembelajaran PAI Pada Mapel Fiqih (Dari Teori Ke Praktik). Pedagogik, 7(2), 429–458.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif.

Wahid, A. H., & El Iq Bali, M. M. (2021). Problematika pembelajaran fiqih terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Edureligia, 05(01), 1–17.

Zulkifli, Z. (2018). Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(1), 18–37. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1170




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.