Pelaksanaan Pembelajaran Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5b SD Negeri 101880 Aek Godang Padang Lawas Utara

Parulian Siregar

Abstract


Penelituain ini bertujuan untuk mendeskrifsiakan (1). bagaimana kemampuan literasi numerasi, (2) pembelajaran literasi numerasi, (3). Faktor pendukung dan penghambat literasi numerasi dan (4). Solusi terhadap kendala literasi numerasi siswa kelas tinggi SD Negeri 101880 Aek Godang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode kualitatif jenis deskriptif dan menggunakan wawancara, obervasi sebagai teknik pengumpulan data. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut; a). Pelaksanaan pembelajaran literasi numerasi pada siswa kelas 5 B SD Negeri 101880 Aek Godang Padang Lawas Utara adalah tahap perencanaan, pelaksanaan, diskusi dan latihan, dan evaluasi dan penilaian. b). faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran adalah kemampuan awal yang dimiliki guru, ketersediaan sarana dan prasarana dimiliki sekolah dan pemanfaatan lingkungan formal, non formal dan informal. c). faktor kendala yaitu belum adanya pelatihan dan sosialisasi literasi numerasi, belum terprogramnya literasi numerasi dengan baik, rendahnya daya nalar dan kritis sisiwa dan berkurangnya jumlah jam tatap muka yang disebabkan covid-19. Solusi terhadap kendala yang dialami adalah mengadakan pelatihan dan sosialisasi literasi numerik, membiasakan pelaksaan literasi numerik, menyediakan program dan sarana prasarana pembelajaran literasi numerik, memaksimalkan penggunaan media pembelajaran dan menambah jam kegiatan pembelajaran.


Keywords


Pembelajaran Literasi Numerik, Siswa Kelas 5B, Padang Lawas Utara

Full Text:

PDF

References


A.P. Maulidina & S. Hartatik. Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. Vol. 3, No. 2 PP. 1-6, 2019

Agustina, Hasnah, Hasil Wawancara dengan Guru Kelas, Aek Godang: 2022

Anindya, Yunita, E. F., Suneki, S., & Purnamasari. Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053. 2019

Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktiks, Jakarta: Rineka Cipta, 1999

Ekowati, Dyah Worowirastri, at al. Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSA (Elementary School Education Jurnal). Vol. 3 No. 1 P-ISSN:2581-1800 E-ISSN:2597-4122, 2019

Harahap, Dahlan. Hasil Wawancara dengan Kepala Sekolah, Aek Godang: 2022

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta: 2021

Moleong Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

Nadya, Siti. Hasil Wawancara dengan Siswa , Aek Godang: 2022

Nazir, Moh. Metodologi Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003

Perdana, Ryzal & Meidawati Suswandari. Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Aducation Jurnal 9 Vol. 3, No. 1, ISSN 2686-0104, 2021

Siregar, Parulian, at. al. Problems and Solutions for Literaci Development of 5th Grade Elementary School Students Amidst Covid-19 Pandemic Era in Mandailing Natal Regency. Jurnal Basicedu Vol. 5 No. 6 Tahun 2021

Syaputra, Irwan, Hasil Wawancara dengan Siswa, Aek Godang: 2022

Winata, Anggun, Analisis Kemampuan Numerasi dan Literasi Membaca Peserta Didik Kelas XI MA Islamiyah Senori Tuban. Prosiding Seminat Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 6, No. 1 e-ISSN: 2580-3921 p-ISSN: 2580 3913, 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.