Penggunaan Media Game Berbasis Internet Pada Pelajaran IPS Menggunakan Aplikasi Quizizz

Syarifuddin Syarifuddin, Madian Madian

Abstract


Aktivitas dalam pembelajaran terhadap siswa sekarang sudah kebanyakan memakai Handphone, semata adanya sekarang terhadap penyakit virus COVID-19 sudah terjadi mendunia serta Indonesia termasuk juga, siswa sekarang memakai handphone serta diperhatikan oleh orang tua siswa.  Oleh itu handphone sangat bermanfaat dalam mengevaluasi pembelajaran yang dapat digunakan siswa, ada juga sesi baik dan buruknya. Jadi sangat diperlukan media untuk membuat anak-anak tidak bosan dalam pembelajaran. Quizizz adalah suatu aplikasi untuk evaluasi pembelajaran berupa game yang menyenangkan bisa main bersamaan. Kegunaan media Quizizz sangat diharapkan agar siswa tidak bosan dalam pembelajaran. Metodologi yang pakai adalah (R&D) adapun langkahnya memakai model ADDIE, dan aplikasi yang digunakan adalah quizizz. Dari hasil yang didapat berbentuk nilai suatu kepantasan media game memakai quizizz yang pantas digunakan, karena akan terbantu nya guru dalam mengevaluasi pembelajaran melalui handphone.


Keywords


Quizizz, Handphone, COVID-19, Evaluasi, Game

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, Andri. “Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10, no. 3 (September 28, 2020): 282–89. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Ashsiddiqi, Hasbi. “Kompetensi Sosial Guru Dalam Pembelajaran dan Pengembangannya.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 17, no. 01 (2012): 61–71. https://doi.org/10.19109/td.v17i01.25.

Bagja Sulfemi, Wahyu. “Kemampuan Pedagogik Guru.” 1. STKIP Muhammadiyah Bogor, May 14, 2019. https://doi.org/10.31227/osf.io/wnc47.

Dudung, Agus. “Kompetensi Profesional Guru.” JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan) 5, no. 1 (April 17, 2018): 9–19. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02.

Fakhrurrazi. “Hakikat Pembelajaran Yang Efektif.” At-Tafkir: Jurnal Pendidikan, Hukum Dan Sosial Keagamaan 11, no. 1 (October 20, 2018): 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529.

Fathurrohman, Muhammad. Model-Model Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.

Febriana, Rina. Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, and Heru Kuswanto. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 22, no. 1 (April 30, 2020): 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286.

Huda, Mualimul. “Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran PAI).” Jurnal Penelitian 11, no. 2 (July 10, 2018): 237–66. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3170.

Musfah, Jejen. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana, 2012.

Ratu Ayu Uswatun Khasanah, Dian, Hascaryo Pramudibyanto, and Barokah Widuroyekti. “Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Sinestesia 10, no. 1 (April 23, 2020): 41–48.

Rifma. Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagodik Guru: Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta: Kencana, 2016.

Rohmawati, Afifatu. “Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 9, no. 1 (2015): 15–32. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02.

Setyosari, Punaji. “Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas.” JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran 1, no. 1 (2014): 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020.

Sopandi, Andi. “Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Guru.” SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business 2, no. 2 (April 1, 2019): 121–30. https://doi.org/10.37481/sjr.v2i2.58.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.