Peran Guru PAI Dalam Meningkatan Kualitas Akhlak Perspektif Siswa

Mujiono Mujiono, M. Dahlan R, AH. Bahruddin AH. Bahruddin

Abstract


Guru PAI selain memiliki kewajiban mengajar juga memiliki tanggung jawab agar siswa memiliki religiusitas dan akhlak mulia, akhlak mulia tidak hanya didapatkan dari teori semata melainkan didapatkan dari pembiasan dan contoh nyata yang dapat dilihat, ditiru dan dibiasakan dari lingkungan di mana ia dididik, peran guru PAI sebagai contoh dan penentu keberhailan akhlak menjadi sangat dominan dalam kehidupan dunia pendidikan.

Metode dalam penelitian ini adalah cross-sectional dengan teknik Snowball, 7 pernyataan diberikan kepada siswa kelas IV sebanyak 21 orang sejak 7 April sampai 3 Mei 2021 dan diberikan nilai dengan skala Likert. Statsitik deskriptif dan prosentase digunakan untuk menganalisa hasil temuan.

Peran guru PAI dalam meningkatkan kualitas akhlak; memberikan contoh datang tepat waktu, menjalankan tata tertib dalam kelas, memberikan perhatian kepada setiap murid, tegas dalam mengajar, membimbing siswa melaksanakan ibadah, meminta siswa mengumpulkan tugas tepat waktu, dan memberikan dorongan motivasi belajar.

Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar pengembangan upaya guru PAI dalam menjaga dan meningkatkan kualitas akhlak siswa di sekolah dasar.


Keywords


guru PAI, kualitas akhlak, siswa

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N., & Suhartini, A. (2021). Tanggung Jawab Pendidik Dan Implikasinya Terhadap Lingkungan Pendidikan Islam. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 143–162.

Aslan, A., & Wahyudin, W. (2020). Kurikulum dalam Tantangan Perubahan. Bookies Indonesia.

Diantoro, F., Purwati, E., & Lisdiawati, E. (2021). Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan Islam Dalam Pendidikan Nasional Dimasa Pandemi Covid-19. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 22–33.

Faizah, Z., Hanief, M., & Dina, L. N. A. B. (2019). Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madarsah Ibtidaiyah Tahfidz Al-Asyhar Malang. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(3), 134–140.

Fitri, S. A. (2021). Metode penanaman akhlak mahmudah di Pondok Pesantren Asy-Syifa Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat. IAIN Palangka Raya.

Haibah, M., Basri, H., Hadiana, M. E., & Tarsono, T. (2020). Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 23–32.

Hamzah, S. H. (2012). Aspek pengembangan peserta didik: Kognitif, afektif, psikomotorik. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan.

Karso, K. (2019). Keteladanan Guru dalam Proses Pendidikan di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 12).

Nasir, M. (2013). Profesionalisme Guru Agama Islam: Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Melalui LPTK. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan.

Octavia, S. A. (2019). Sikap dan kinerja guru profesional. Deepublish.

Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta DIdik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).

Ruswandi, D. (2021). Pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi kepribadian, sosial, dan kepemimpinan guru pendidikan agama Islam terhadap akhlak siswa: Studi pada Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sari, N. K., & Puspita, L. D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1).

Tafsir, A. (2011). ilmu pendidikan dalam perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Witasari, R. (2022). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar. IJEETI (Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation), 1(1).

Zainollah, Z. (2021). Pemikiran Hafidz Hasan Al-Mas’ udi tentang Akhlak Pendidik dan Peserta Didik dalam Kitab Taysirul Khallaq. Institut Agama Islam Negeri Madura.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.