Peran Guru Kelas Dalam Mengampu Tugas Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah

Agra Dwi Saputra

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV di 4 sekolah (SD/MI) Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta yaitu MI Al Huda, MI Ma’arif, SDN Nanggulan, SDN Maguwoharjo I. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi.  Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui pemahaman guru kelas IV tentang tugas bimbingan dan konseling di 4 sekolah (SD/MI) Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan tugas bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru kelas IV di 4 sekolah (SD/MI) Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) guru kelas telah memahami bimbingan dan konseling dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari pengetahuan guru kelas mengenai tugas bimbingan dan konseling sudah mereka pahami, tujuan bimbingan dan konseling sudah mereka pahami, bidang-bidang bimbingan dan konseling sudah mereka pahami, dan jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling sudah mereka pahami walaupun belum maksimal. (2) guru kelas telah melaksanakan bimbingan dan konseling walaupun belum diterapkan secara optimal. Hal tersebut dapat dilihat dengan berjalannya layanan orientasi; layanan informasi; layanan penempatan atau penyaluran; layanan konseling perorangan; layanan bimbingan kelompok; layanan konseling kelompok, layanan konsultasi, dan layanan mediasi. Selain itu, bimbingan dan konseling secara umum dalam mengatasi siswa bermasalah juga terlaksana dengan baik.


Keywords


Peran Guru Kelas, Bimbingan dan Konseling, Sekolah SD/MI

Full Text:

PDF

References


Amsyah, Manajemen Sistem Informasi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000.

Febrini, Deni Bimbingan Konseling, Yogyakarta: Teras, 2011.

Hikmawati, Fenti, Bimbingan Konseling – Ed. Revisi, Cet. 2, Jakarta, Rajawali Pers, 2011.

Herdainsyah, Haris, Wawancara, Observasi, dan Focus Groups: Sebagai Instrumen Penggalian, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2015.

Irianto, Heru dan Burhan Bungin, Pokok-Pokok Penting tentang Wawancara, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.

Kemendikbud, Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar (SD), Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, 2016.

Kemendiknas, “Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional”, Pasal 3.

Marsudi, Saring, dkk., Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah, Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2010.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Mugiarso, Heru, Dkk., Bimbingan Dan Konseling, Semarang: UPT UNNES PRESS, 2011.

Muhith, Pendidikan Keperawatan Jiwa: Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2015.

Mulyasa, E., Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.

Nurdin, Syafruddin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Press, 2003.

Nurihsan, Achmad Juntika Bimbingan & Konseling dalam Berbagai latar Kehidupan, cet. 5, Bandung: PT Refika Aditama, 2014.

Permendikbud, “Data Referensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan”. Dalam http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11sd.php?kode=040200& level=2. Akses Tanggal 19 Mei 2019.

Permendikbud, “Nomor 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah”.

Permendikbud, “Undang-undang Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah”, Pasal 1. Ayat 1.

Permenpan, ”Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya”.

Permenpan, “Undang-undang Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya”, Bab 1, Pasal 1 (4).

Prastowo, Andi, Metode Penelitian Kualitatif dalam Pespektif Rancangan Penelitian, Ar-ruzz Media, 2011.

Prayitno dan Erma Amti, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Cet. 3, Jakarta : Rineka Cipta, 2013.

Saifuddin, Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis, Yogyakarta: Deepublish, 2014.

Salahudin, Anas, Bimbingan dan Konseling, Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.

Setiawan dan Effendi, Berkreasi dengan Word 2007, Jakarta: PT Balai Pustaka, 2012.

Sukardi, Dewa Ketut dan Nila Kusmawati, Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Sukardi, Dewa Ketut, Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rinckka Cipta, 2008.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Sutikno, Belajar pembelajaran “Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil”, Bandung: Propect, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Cet. Ke-7, Bandung: Alfabeta, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012.

Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi), Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Jurnal/Artikel

Bauman, Sheri, “The Role of Elementary School Counselors in Reducing School Bullying” dalam Jurnal The Elementary School Journal, Vol. 108, Nomor 5, Tahun 2008.

Carey, John dan Carey Dimmitt, “A Model for EvidenceBased Elementary School Counseling: Using School Data, Research, and Evaluation to Enhance Practice”, dalam Jurnal The Elementary School Journal, Vol. 108, Nomor 5, Tahun 2008.

Henfield, Malik S., Delila Owens, dan James L. Moore III, “Influences on Young Gifted African Americans’ School Success: Implications for Elementary School Counselors”, dalam Jurnal The Elementary School Journal, Vol. 108, Nomor 5, Tahun 2008.

Khabibah, Zia Alfiana, “Peran Guru Kelas Sebagai Pelaksana Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik di SD Muhammadiyah 13 Surakarta”, dalam Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Pamuji, Rowi Dwi, “Peran Guru Kelas dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling di Sekolah Inklusi SD Al Firdaus Surakarta”, dalam Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Pranoto, Wahyu Hadi, “Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Oleh Guru Kelas di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang”, dalam Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, 2015.

Rahman, Abdul, “Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Pelaksanaan Bimbingan Belajar di SMK Negeri 1 Loksado”, dalam Jurnal Mahasiswa BK An-nur, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad AL-banjari Banjarmasin, 2015.

Sink, Christopher A., “Elementary School Counselors and Teachers: Collaborators for Higher Student Achievement”, dalam Jurnal The Elementary School Journal, Vol. 108, Nomor 5, Tahun 2008.

Sudarmawan, Bangbang, “Peranan Guru dalam Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 48 Kebayoran Lama”, dalam Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Isalam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2014.

Trusty, Jerry., Elizabeth A. Mellin, dan James T. Herbert, “Closing Achievement Gaps: Roles and Tasks of Elementary School Counselors”, dalam Jurnal The Elementary School Journa, Vol. 108, Nomor 5, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.