Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik di MIN 1 Kota Palembang

Ines Tasya Jadiddah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan spesifikasi produk bahan ajar komikkelas III yang di kembangkan di MIN 1 Palembang. (2) mendeskripsikan penggunaan produk bahan ajar komikkelas III yang di kembangkan di MIN 1 Palembang. (3) Menguji kelayakan bahan ajar komikkelas III yang di kembangkan di MIN 1 Palembang.Pengembangan bahan ajar komikini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Validasi produk diberikan kepada ahli isi/materi, desain, dan bahasa. Uji coba produk dilakukan dengan uji lapangan kepada guru dan siswa. Langkah pokok pada penelitian ini adalah analisis kondisi awal, pengembangan rancangan bahan ajar, pembuatan bahan ajar, dan penilaian bahan ajar. Teknik pengumpul data yang digunakan meliputi angket dan tes hasil belajar. Hasil pengembangan ini adalah sebagai berikut: (1) spesifikasi bahah ajar komikbentuk cetak menggunakan kertas art paper, terdiri dari 47 halaman (2) penggunaan bahan ajar komiksebagai bahan ajar penunjang pembelajaran tematik yang menarik dan menyenangkan dikelas yang tersaji sesuai dengan materi tematik kelas III MI.(3) kelayakan bahan ajar ceritabergambar ditunjukkan dengan tingkat validasi ahli isi/materi presentase 77%, ahli desain presentase 83% dan ahli bahasa presentase 84% kriteria sangat valid dan layak digunakan. Tingkat keterterapan/kemudahan guru presentase 92%, 84%, 86%, dan 94% masing-masing dengan kriteria sangat baik. Tingkat keterterapan/kemudahan siswa presentase 91,8% dengan kriteria sangat baik. Tingkat kemenarikan presentase 93% kriteria sangat menarik. Bahan ajar komikini dapat meningkatkan hasil belajar siswa rata-rata dari kelas eksperimen 94,3 dan kelas kontrol 75,6. Pada uji-T menggunakan rumus uji t-tes berpasangan thitung ≥ ttabel yaitu 13,0 ≥ 2,05. H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan bahan ajar komik dengan hasil belajar yang tidak menggunakan Bahan Ajar Berbasis Komik kelas III di MIN1 Palembang.


Keywords


Bahan Ajar, Komik

References


Prastowo, Andi, 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Press

Pribadi, Benny A, 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rosyadi, Khoiron, 2009. Pendidikan Profetik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sudjana, Nana dan Rivai, 2009.Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sudjana, Nana, 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono, 2009.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitati, dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih, 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

-------------------------------------2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Trianto, 2010.Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media

Widja, 1989.Dasar-dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah, Jakarta: Depdikbud




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.