Metode Pembelajaran Shalat Bagi Siswa Kelas 1 Di Sekolah Dasar Raudhatul Hasanah Deli Serdang-Sumatera Utara

Muhammad Nawawi Ginting, A. Rahmat Rosyadi, Ibdalsyah Ibdalsyah

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran shalat bagi siswa kelas 1 yang dilakukan oleh Sekolah Dasar Raudhatul Hasanah Deli Serdang, Sumatera Utara. Pembelajaran shalat di SD Raudhatul Hasanah dilakukan sebagai implementasi pendidikan karakter sebagaimana diamanatkan oleh Undang Undang Pendidikan di Indonesia. Ibadah shalat dipilih menjadi instrumen sebab kedudukannya sebagai ibadah yang paling utama dalam ajaran Islam, dimana shalat merupakan amalan yang paling pertama akan dihisab di hari pembalasan kelak. Untuk itu dalam sebuah proses pendidikan, dimana tujuan pendidikan adalah untuk menjadi hamba Allah, tentu pembelajaran ibadah shalat menjadi hal yang sangat urgen diberikan kepada seluruh peserta didik, terutama sejak usia dini. Hal ini dilakukan selain karena kewajiban yang melekat kepada setiap individu muslim, juga dapat membentuk karakter siswa melalui pembiasaan beribadah yang terbimbing. Hal ini diharapkan agar ketika siswa telah beranjak dewasa, karakter yang telah melekat sejak dini berdampak positif sehingga dalam melaksanakan ibadah wajib dilakukan tanpa paksaan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif (library research), yaitu sebuah metode penelitan yang dilakukan untuk menganalisa secara mendalam dari berbagai data yang didapatkan oleh peneliti, baik data yang sifatnya primer maupun data yang sifatnya sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kepustakaan dan wawancara terstruktur kepada sivitas SD Raudhatul Hasanah. Temuan dalam penelitian ini adalah metode pembelajarn shalat di SD Raudhatul Hasanah kelas 1 dilakukan melalui pengkondisian lingkungan sekolah dan pembiasaan shalat dhuha dan shalat dhuhur di Sekolah. Shalat dhuha dilakukan sebelum kelas di mulai, dan shalat dhuhur dilakukan sebelum siswa pulang ke rumah masing-masing.

Keywords


Metode Pembelajaran Shalat, Pengkondisian, Pembiasaan, Sekolah Dasar Raudhatul Hasanah.

Full Text:

PDF

References


al-Bukhari, Muhammad bin Ismail; Shahih al-Bukhari. Damaskus: Daar Ibn Katsir, 2002.

Damanhuri, Ahmad, Endin Mujahidin, Didin Hafidhuddin, dan Inovasi Pengelolaan Pesantren. “Inovasi Pengelolaan Pesantren dalam Menghadapi Persaingan di Era Globalisasi.” Ta’dibuna 2, no. 1 (2013): 2252–5793.

Firdaus, Rizal, Kama Abdul Hakam, Momod Abdul Somad, dan Ahmad Syamsu Rizal. “The Concept of Triple Helix Mohammad Natsir and its Implementation in Strengthening Religious Character Education.” EDUTEC : Journal of Education And Technology 4, no. 1 (2020): 55–65. https://doi.org/10.29062/edu.v4i1.84.

———. “The Concept of Triple Helix Mohammad Natsir as a Character Education Strategy in the Era of Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.” The 1st Virtual Conference on Social Science in Law, Political Issue and Economic Development, 2021, 128–32. https://doi.org/10.2478/9788366675377-018.

Husaini, Adian; Pendidikan Islam Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045. IV. Depok: YPI At-Taqwa Depok, 2020.

Kemdikbud RI. “Tanya Jawab Penguatan Pendidikan Karakter,” 2017. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/tanya/.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Riset dan Pengembangan. 25 ed. Bandung: Alfabeta, 2017.

Suryabrata, Sumadi; Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2000.

Wardah, St Das Hanafie, Abdul Halik, dan J Juliadi. “PAI Learning Design Based on 2013 Curriculum and Implications for Learning Motivation of Students in State Senior High School 10 of Enrekang.” ICONSS Proceeding Series, no. 20 (2019): 13–14.

Yusuf, A Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. 4 ed. Jakarta: Kencana, 2017.

Zaitun, dan Siti Habiba. “Implementasi Sholat Fardhu Sebagai Sarana Pembentuk Karakter Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.” Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta’lim 11, no. 2 (2013): 153–68.

Zurinal Z. Fiqih Ibadah. I. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.