Pembelajaran Efektif Maharah Qira’ah Untuk Siswa Non Pesantren

Muhammad Syihabul Ihsan Al Haqiqy, Muassomah Muassomah, Nuril Mufidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika siswa non pesantren di sekolah formal dalam membaca teks-teks bahasa Arab dan langkah efektifnya dalam pembelajaran maharah qira’ah. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu siswa non pesantren kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Batu pada tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif pasif untuk mengetahui problematika siswa non pesantren dalam membaca teks Arab yang ada di buku bahan ajar pada saat pembelajaran maharah qira’ah, teknik wawancara kepada 2 guru dan 4 siswa non pesantren kelas VIII untuk mendapatkan pandangan terkait problematika yang dialami siswa secara individu saat membaca teks Arab, dan dokumentasi terkait rencana pembelajaran dan hasil evaluasi guru dalam mengatasi permasalahan pada pembelajaran maharah qira’ah. Teori milles dan Huberman: kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat 2 problematika yang dialami siswa non pesantren kelas VIII MTs Al Hidayah Batu ketika membaca teks qira’ah yaitu a. Problematika linguistik, di antaranya problematika mufradat, problematika kesesuaian makna dan idiom. b. Problematika non linguistik, di antaranya lingkungan belajar yang kurang mendukung, dan Motivasi belajar yang kurang. 2) langkah efektif dalam mengatasi problematika tersebut yaitu guru melakukan pembelajaran terbimbing dan terarah melalui pendekatan saintifik yaitu, mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan.


Keywords


Pembelajaran Efektif; Maharah Qira’ah; Siswa Non Pesantren

Full Text:

PDF

References


Ainin, M. (2023). Metodologi Penelitian Bahasa Arab (Tim CV. Bintang Sejahtera (ed.)). CV. Bintang Sejahtera.

Akmaliyah. (2017). Teori dan Praktik Terjemah Indonesia-Arab . Grup Kencana Prenadanedia.

Al Ghozi, HG, Khalisa, N., & Nadiyyana, S. (2024). Upaya Peningkatan Maharah Kalam dan Qiro'ah Melalui Kegiatan HABIBA (Hari Bahasa Inggris Bahasa Arab) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Medan. Madani : Jurnal Ilmiah Multidisiplin , Vol 1 , Nom (12), 578.

Al Haqiqy, MSI, Huda, N., Halifah, N., & Al Haqiqy, MS (2024). Desain Pembelajaran Mendengarkan dengan Menggunakan Sembilan Peristiwa Instruksional Gagne untuk Memicu Komunikasi Pembelajaran Siswa. Asalibuna , 07 , 1–15. https://doi.org/10.30762/asalibuna.v8i01.2682

Ali, S., Moonti, U., & Yantu, I. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal , 8 (2), 1553. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1553-1560.2022

Amin, NF, Sarah Mutmainnah Putri, & Darmawati. (2023). Pengoperasian Perangkat Keras yang Dapat Diperbaiki dan. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab , 5 (1), 49–65. https://doi.org/10.47435/naskhi.v5i1.1566

Baroroh, RU, & Tolinggi, SOR (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Komunikatif Di Sekolah Non Pesantren. Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Komunikatif Di Madrasah Non Pesantren. Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Ijaz Arabi , 3 (1), 64–88. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v3i1.8387

Dian Ahmad Jufrih, Abdul Wahab Rosyidi, & Usfiyatur Rusul. (2023). Program Manajemen Bahasa Arab di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 2 Malang. Jurnal Mu'allim , 5 (1), 172–188. https://doi.org/10.35891/muallim.v5i1.3474

Fuadah, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Al Tarjamah Al Fauriyah dalam Meningkatkan Maharah Al Qira'ah Mahasiswa Semester 6 Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Tahun Ajaran 2018/2019. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab , 3 (1), 71–92. https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.10125

Kamil, F., Putrini, S., & Kurnila, N. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Pemecahan Masalah untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Suluh Pendidikan , 10 (2).

Latief, A. (2023). Peranan Pentingnya Lingkungan Belajar Bagi Anak. Jurnal Kependidikan , 4 (1), 88–100.

Mustofa, B., & Hamid, A. (2012). Metode dan Strategi pembelajaran Bahasa Arab . Pers UIN Maliki.

Nur Cahyo, A., Luriawati, D., & Wagiran, W. (2022). Analisis Butir Soal Penilaian Keterampilan Kebahasaan pada Pembelajaran Teks Eksplanasi Kelas XI. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia , 2 (01), 11–22. https://doi.org/10.47709/jbsi.v2i01.1493

Nurhadi. (2010). Dimensi-Dimensi dalam Belajar Bahasa ke Dua . Sinar Baru Algensindo.

Rathomi, A. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira'Ah Melalui Pendekatan Saintifik. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam , 8 (1), 558–565. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4315

Rifly, AF (2023). Pengaruh Lingkungan Belajar di Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 4 (2), 318–324.

Rodifah, T., Ni'mah, M., & Ulfah, Y. (2024). Tathbīq Mahārah At Tafkīr Dzat At Tartīb Al Adnā (Banyak) Fi Itqāni Al Mufradāt Al Lughah Al 'Arabiyah Fī Ma'had Mirqotul Ulūm Al Islami. Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban , 7 (1), 211–226. https://doi.org/10.35931/am.v7i1. 3360

Rohman, F. (2017). Strategi Menerjemah Teks Indonesia-Arab . Lisa Arabi.

Sakdiah, N., & Sihombing, F. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Sathar , 1 (1), 34–41. https://doi.org/10.59548/js.v1i1.41

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP . Kencana.

Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran , 3 (2), 50. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764

Sodik, AJ, Bahruddin, U., & Agustina, RF (2022). Peralatan Rumah Tangga yang Dapat Diperbaiki dan Peralatan Rumah Tangga yang Aman ء الحق بنجكولو. Arab: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab , 14 (2), 303–320. https://doi.org/10.21043/arabia.v14i2.16783

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, Interaktif, dan konstruktif (Cet Ke-3). Alfabet.

Takdir. (2020). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Naskhi , 2 (1), 40–58.

Uno, HB (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan . PT Bumi Aksara.

Wahyudin, D. (2020). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab . PT. Remaja Rosdakarya.

Yin, RK (2014). Studi kasus penelitian: Desain dan metode . Publikasi Sage.

Zain, NL (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Nomosleca , 3 (2). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i2.2034

Zaturrahmi. (2019). Lingkungan belajar sebagai Pengelolaan Kelas: Sebuah Kajian Literatur. Seminar Nasional: Jambore Konseling , 07 (04), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Zen, HM (2023). Aktualisasi Ilmu Nahwu dalam Kehidupan Sehari-hari. Foramadiahi: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman , Volume: 15 (02), 12. http://36.93.48.46/index.php/foramadiahi/article/view/1218




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.3987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indeksasi

 ONESEARCH PERPUSNAS      Dimension

______________________________________________________________________________________

Contact Us:

Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471
Provinsi: Kalimantan Selatan
Email: almiyar@stiq-amuntai.ac.id

__________________________________________________________________________

 

Free counters!

___________________________________________________________________

 

Lisensi Creative Commons

__________________________________________________________________

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.