Sikap Mahasiswa terhadap Penggunaan Bahasa Ibu dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali Tubayqi, K., & Ahmed Al Tale’, M. (2021). Mother Tongue Use in Beginner EFL Grammar Classes in Saudi Arabia: A Case Study. Arab World English Journal, 12(4), 349–365. https://doi.org/10.24093/awej/vol12no4.23
Alwi, A. B. (2023). Perubahan Substansi Kurikulum Bahasa Arab Berdasarkan KMA Nomor 347 Tahun 2022. Journal of Education Research, 4(4), 1753–1760.
Aruwiyantoko, A. (2023). Pengaruh Bahasa Ibu (B1) Terhadap Pemerolehan Bahasa Kedua (B2). Madani:Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(7), 441–447. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.8254283
Balqis, I. L., Noviyanti, S., & Cindy. (2024). Hakikat Pemerolehan Bahasa dan Faktor-faktor Pendukung Pemerolehan Bahasa. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 550–558.
Dhenggo, K. F., & Wahyuningsih. (2023). Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik 3B SDN Gembira. ARembeN: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(1), 19–21. Retrieved from https://ejournal.cvrobema.com/index.php/aremben/article/view/34
Fadhilah, I. (2022). Factors of Student Anxiety in Speaking English among Students at Muhammadiyah University Jakarta. Indonesian Research Journal On Education, 2(1), 97.
Febriani, S. R., & Mahmudi, A. (2021). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dan Independen Di Era Revolusi Industri 4.0. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(1), 59. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.371
Firdaus, A. Z., & Hidayah, V. (2024). Audio-Visual Media Learning in Arabic Language Acquistion. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(2), 781. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.3838
Herwin. (2024). Perbandingan Hasil Belajar Ilmu Nahwu Mahasiswa Alumni Madrasah Dengan Alumni Non Madrasah Pada Prodi PBA Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. (IAIN Parepare). IAIN Parepare. Retrieved from https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8794/
Kartika, Y. (2023). Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Penggunaan Bahasa Ibu Di Sindang Dataran (IAIN Curup). IAIN Curup. Retrieved from http://e-theses.iaincurup.ac.id/3344/2/SKRIPSI_YENI KARTIKA_ 18591161_ PGMI %281%29.pdf
Kusumaningsih, D., Wibawa, S. A., & Lestari, J. T. (2024). Mengapa guru bahasa Inggris mengajar bahasa Indonesia? Pendapat siswa EFL tentang bahasa Indonesia di kelas bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 195–203. Retrieved from https://www.journal.assyfa.com/index.php/jptk/article/view/252
Miolo, M. I. (2023). Kajian Teoritis : Pemerolehan Bahasa Pertama dan Kedua. ’Ajamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 13(2), 525–542. https://doi.org/10.31314/ajamiy.12.2.525-542.2023
Muflihatin, S. I., & Hasanah, N. (2022). Strategi Menumbuhkan Budaya Berbahasa Arab dengan Bi’ah Arabiyyah di Pondok Pesantren. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(1), 01–17.
Murnisma, Darwis, M., & Abbas, A. (2022). Pengaruh Unsur Sintaksis Bahasa Inggris Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Imigran Afganistan. Jurnal Ilmu Budaya, 10(1), 175–183.
Ni’am, A. M. (2022). Urgensi Transformasi Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Aliyah di Indonesia: Menelisik Historisitas dan Perkembangannya dari Masa ke Masa. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.62825/revorma.v2i1.16
Novialita, J., Ali, M., & Linarsih, A. (2023). Pengaruh Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Bahas Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun. JPKK Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(3), 1063–1068. https://doi.org/10.26418/jppk.v12i3.63991
Oktaviana, A. R. (2022). Efektivitas Metode Langsung Dalam Proses Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua Santri Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 5: Kajian Teori B.F. Skinner. JILSA: Jurnal Ilmu Linguistik & Sastra Arab, 6(2), 151–161.
Orfan, S. N. (2023). Instructors’ perceptions and use of first language in EFL classes in Afghanistan. Heliyon, 9(1), e12772. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e12772
Pramadita, T., Anggraini, F. W., Jalaludin, A. A., Utami, R. Ik., & Fauziah, M. (2023). Pemerolehan Bahasa Anak (Studi Kasus Bahasa Pertama Anak). MERDEKA: Jurnal …, 1(2), 338–350. Retrieved from http://jurnalistiqomah.org/index.php/merdeka/article/view/677
Rahim Marpaung, W., & Lubis, Z. (2023). Strategi Penerapan Lingkungan Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Arab Di Pesantren Modern Darussalam. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 183–191. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.39073
Rappe, & Rahmawati, R. D. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Langsung terhadap Kemampuan Bercakap Bahasa Arab Mahasiswa Program Intensifikasi Bahasa Asing (PIBA) UIN Alauddin Makassar. Shaut Al Arabiyyah, 10(2), 248–263. https://doi.org/10.24252/saa.v10i2.31836
Rohmah, M. N., Syarifah, A. L., Agustina, S., Rahmi, A., & Setiabudi, D. I. (2023). Efektifitas Pendekatan Komunikatif Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa. Sabda: Jurnal Sastra Dan Bahasa, 2(2), 20–28.
Saepudin. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Postmethode. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press. Retrieved from http://repository.iainpare.ac.id/3949/1/Pembelajaran Bahasa Arab di Era Postmethod.pdf
Sani, N., Nurazim, O. A., Rahmatan, M., Alvio JH, D., & Pratama, M. R. (2023). Campur Kode Bahasa Ibu Terhadap Percakapan Bahasa Arab Pondok Pesantren Darul Iman. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 6(2), 773. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.2381
Saputri, N. Z. (2023). Analisis Penggunaan Bahasa Ibu Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Karya Ilmiah Pendidik Dan Praktisi SD&MI (JKIPP), 2(2), 87–96. https://doi.org/10.24260/jkipp.v2i2.1524
Sari, D. K., & Taufik, T. (2024). Pengaruh Metode Langsung Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa MI Sebagai Pembelajar Pemula. JURNAL AL-IHDA : Media Ilmiah Bahasa Arab, 12(1), 13–17. https://doi.org/10.58645/alihda.v12i1.521
Sentosa, A. R., & Apriliani, N. (2020). Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini (Kajian Psikolinguistik). Seminar Nasional Pendidikan, 1–7.
Sya’bani, M. Z. (2021). Efektivitas Metode Langsung dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. An Naba, 4(1), 38–45. https://doi.org/10.51614/annaba.v4i1.81
Ubaidillah, I., Ainin, M., & Muassomah, M. (2023). Tingkat Kemahiran Berbahasa dalam Buku Ajar Bahasa Arab KMA 183 Berdasarkan Perspektif ACTFL. Tsaqofiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v5i1.135
Zahro, U. C., Amalia, S. R., & Amin, N. F. (2020). The Effectiveness of Direct Method in Arabic Language Learning. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 12(1), 149–164. https://doi.org/10.24042/albayan.v
Zulharby, P., Rafli, Z., & Setiadi, S. (2022). Interferensi Morfologi Bahasa Pertama terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(4), 749–762. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i4.510
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.4847
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Index by:
Publish by:
Program Studi Pendidikan Bahasa ArabSekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an AmuntaiContact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Email: jurnal.almiyar@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.