Pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an dan Amaliyah Keagamaan dalam Membentuk Generasi Cerdas dan Beriman di SDN Kusambi Hilir

Ahmad Rifa'i, Nurhaliza Nurhaliza, Bahjatun Naziah, Syifa Fikratun Nadia

Abstract


Pendidikan agama merupakan salah satu pilar penting dalam pendidikan nasional. Pendidikan agama bertujuan untuk membentuk generasi yang cerdas dan beriman. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan melaksanakan tahfidz dan amaliyah keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pelaksanaan tahfidz dan amaliyah keagamaan di SDN Kusambi Hilir serta mengevaluasi dampaknya dalam membentuk generasi cerdas dan beriman SDN Kusambi Hilir merupakan salah satu sekolah dasar yang melaksanakan tahfidz dan amaliyah keagamaan. Pelaksanaan tahfidz dan amaliyah keagamaan di sekolah ini dilakukan secara terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan amaliyah keagamaan dan tahfidz dilakukan setiap hari jum’at sedangkan membaca amaliyah keagamaan sehari-hari itu dilaksanakan setiap pagi hari. Pelaksanaan pembelajaran ini memberikan dampak positif bagi siswa dengan dibarengi metode permainan dalam pembelajarannya juga menambah semangat dan tidak merasa jenuh dalam belajar.

Keywords


tahfidz, amaliyah keagamaan, generasi cerdas dan beriman

Full Text:

PDF

References


Abrianto, Danny, Hasrian Rudi Setiawan, dan Ahmad Fuadi. “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Alquran Hadits Di MTs. Swasta Teladan Gebang Kab. Langkat.” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 10, no. 2 (6 Desember 2018): 283–98. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i2.2490.

Aziz, Jamil Abdul. “Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Roudhotul Atfal (RA) Jamiatul Qurra Cimahi.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 2, no. 1 (31 Maret 2017): 1–15. https://doi.org/10.14421/jga.2017.21-01.

Charisma, Moh Chadziq. Tiga aspek kemukjizatan al Quran. Bina Ilmu, 1991.

Creswell, John W. Reseacrh Design, Pendekatan Kualitatif, kuantitatif, dan Mixed. (Alih bahasa oleh Ahmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Marisa, Valentina, dan Indah Muliati. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program Tahfidz Alquran.” An-Nuha 1, no. 2 (27 Mei 2021): 159–66. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i2.41.

Musbikin;, ?Imam Musbikin; Imam. “Mutiara” Al-Qur’an: Khazanah Ilmu Tafsir dan Al-Qur’an

| Perpustakaan Universitas Islam Sultan Agung. Pustaka Pelajar, 2014.

//library.unissula.ac.id%2Fopac%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D45391% 26keywords%3D.

Syukri, Icep Irham Fauzan, Soni Samsu Rizal, dan M. Djaswidi Al Hamdani. “Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Kualitas Pendidikan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 1 (11 Juni 2019): 17. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.358.

Umar, Umar. “Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an Di SMP Luqman Al- Hakim.”

TADARUS 6, no. 1 (16 November 2017). https://doi.org/10.30651/td.v6i1.934.

Umj, Zulfitria. “PERANAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QURAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR: PERANAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QURAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR.”

Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 2 (2017): 124–34. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.9.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v2i2.2933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur'an dan Hadits


index by:

       

 

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com