Pendidikan Toleransi dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Implementasi pada Tri Pusat Pendidikan

Muhammad Najib Asfa, Abd. Basir

Abstract


Pendidikan toleransi adalah fondasi penting untuk menjaga keharmonisan dalam masyarakat yang majemuk. Namun, laporan survei SETARA Institute (2023) mengungkap bahwa meskipun 70,2% siswa SMA memiliki sikap toleran, terdapat 24,2% yang masuk kategori intoleran pasif, 5% intoleran aktif, dan 0,6% berpotensi terpapar radikalisme. Selain itu, 33% siswa mendukung tindakan membela agama hingga mati, dan 56,3% menyetujui syariat Islam sebagai landasan negara. Fakta ini menunjukkan adanya ancaman nyata terhadap nilai-nilai kebangsaan dan keberagaman. Islam, melalui Al-Qur'an, memberikan panduan komprehensif mengenai toleransi sebagai nilai utama dalam kehidupan sosial. Artikel ini mengkaji konsep pendidikan toleransi dalam Al-Qur'an melalui analisis ayat-ayat Al-Hujurat ayat 13, Al-Baqarah ayat 256, Surah Al-Kafirun, dan Al-Maidah ayat 8. Fokus utamanya adalah implementasi nilai-nilai tersebut dalam Tri Pusat Pendidikan: keluarga, sekolah, dan masyarakat, sebagai strategi pendidikan holistik. Dengan metode studi literatur dan pendekatan tafsir tematik, kajian ini menunjukkan bahwa sinergi Tri Pusat Pendidikan berbasis nilai Qur'ani dapat menjadi solusi strategis dalam menghadapi ancaman intoleransi serta membangun generasi yang inklusif, berkeadaban, dan memiliki kesadaran sosial yang tinggi. Hasil penelitian adalah Pendidikan toleransi memerlukan sinergi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat. Keluarga menanamkan toleransi sejak dini melalui keteladanan, sementara sekolah mengintegrasikan nilai-nilai Qur'ani dalam kurikulum dan menciptakan lingkungan yang menghargai perbedaan. Masyarakat memperkuat nilai ini melalui kegiatan sosial. Dengan pendekatan ini, pendidikan toleransi berbasis Al-Qur'an dapat membentuk generasi yang memahami dan menerapkan nilai keberagaman dalam kehidupan.


Keywords


Pendidikan Toleransi, Al-Qur'an, Tri Pusat Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Maskuri. Pluralisme Agama dan Kerukunan dalam Keagamaan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2001.

Ad-Damsyiqi, Abu Al-Fida Ismail Ibn Katsir. Tafsir Al-Qur’an Al-’Adzim. Beirut: Darul Fikr, 1997.

Ahmadi, Abu. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Amin, Alfauzan. “Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan.” At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam Vol. 16, no. 1 (Januari 2017).

Jayus, Muhammad. “Toleransi Dalam Perspektif Al Qur’an”. Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu al-Qur'an dan al-Hadits 9, no. 1 (2015).

Kuntowijoyo. Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi. Bandung: Penerbit Mizan, 1991.

Kurniawan, Machful Indra. “Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar”. Pedagogia : Jurnal Pendidikan Vol. 4, no. 1 (Februari 2015).

Kustini. Monografi Kerukunan Umat Beragama di Indonesia. Jakarta: Litbang Diklat Press, 2019.

Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2008.

Neolaka, Amos, dan Grace Amialia A. Neolaka. Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana, 2017.

Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003).

Sahal, Muhammad, Akhmad Arif Musadad, dan Muhammad Akhyar. “Tolerance in Multicultural Education: A Theoretical Concept.” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 5, no. 4 (6 Mei 2018). https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.212.

Salim, Achmad Nur. “Penanaman Nilai Toleransi Antar Umat Beragama di Kalangan Masyarakat Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman.” Repository Universitas PGRI Yogyakarta, 2017. http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1721.

Soekanto, Soerjono. Kamus Sosiologi. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1993.

Sya’rawi, Muhammad Mutawalli. Tafsir Sya’rawi Jilid 3. Jakarta: Ikrar Mandiriabadi, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i1.4532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Najib Asfa, Abd. Basir

Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur'an dan Hadits

index by:

        

Publish by: Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: redaksialmuhith@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

seributoto

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

https://realbdsmpics.com/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

https://svijet-gljiva.com/