Penerapan Afirmasi Positif Pada Sarjana Penghafal Qur’an dalam Membangun Motivasi Belajar

Sandy Aulia Rahman, Taufik Hidayat

Abstract


Motivasi belajar merupakan salah satu faktor kunci dalam keberhasilan akademik, terutama bagi mahasiswa yang menjalani program penghafalan Al-Qur'an. Namun, mahasiswa penghafal Qur'an sering menghadapi berbagai tantangan, seperti kejenuhan belajar, tekanan target hafalan, dan minimnya dukungan psikologis, yang dapat berdampak pada penurunan semangat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan afirmasi positif dalam membangun motivasi belajar di kalangan sarjana penghafal Qur'an di STIQ Amuntai. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa afirmasi positif, berupa kata-kata motivasi berbasis nilai-nilai Islam, efektif dalam meningkatkan semangat belajar dan ketahanan mental mahasiswa. Pendekatan ini tidak hanya membantu mahasiswa mengatasi kejenuhan dalam proses pembelajaran, tetapi juga memperkuat koneksi spiritual mereka dengan Al-Qur'an sebagai sumber inspirasi utama. Selain itu, dukungan dari dosen dan lingkungan pembelajaran yang kondusif turut memperkuat efektivitas penerapan afirmasi positif. Penelitian ini menunjukkan bahwa afirmasi positif dapat menjadi salah satu cara yang sederhana tetapi bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar mahasiswa penghafal Qur'an, sehingga dapat diterapkan lebih luas di lingkungan pendidikan Islam.


Keywords


Afirmasi Positif, Motivasi Belajar, Sarjana Penghafal Qur'an

Full Text:

PDF

References


Arifin. “Tekanan Akademik dan Strategi Mengatasi Stres pada Mahasiswa Penghafal Qur’an.” Jurnal Psikologi Pendidikan Islam 9, no. 2 (2021).

Baharudin, dan Esa Wahyuni. Teori Belajar dan Pembelajaran. 1. Yogyakarta: Ar-Ruzz media, 2015.

El Widad, Zuha, dan Khoirotul Idawati. “Afirmasi Positif Dalam Meningkatkan Self Efficacy Di MA al-Qur’an La Raiba Hanifida Bandung Diwek Jombang.” Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman 12, no. 1 (15 Maret 2023). https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v12i1.859.

Gunawan, Adi W. Secret Of Mindset. Jakarta: Gramedia, 2007.

Hermalis. “Motivasi Belajar Dalam Perspektif Islam.” Indonesian Journal of Counseling & Development 01, no. 01 (2019).

H.Olso, B.R.Hergenhahn Matthew. Theories of Learning (Teori Belajar edisi ketujuh). Jakarta: Kencana, 2008.

Nur Wahiddah, Siti Annisa, dan J. Julia. “Afirmasi positif : Booster untuk meminimalisir hambatan belajar pada siswa sekolah dasar.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 15, no. 2 (1 Oktober 2022). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.50910.

Putri. “Resiliensi dan Motivasi Mahasiswa melalui Afirmasi Positif.” Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 3 (2021).

Rahman, A. Nilai-Nilai Islam dalam Pendidikan Kontemporer. Yogyakarta: Deepublish, 2023.

Sari, dan Kurniawan. “Pengaruh Afirmasi Positif terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan dan Psikologi 14, no. 1 (2022).

Sarnoto, Ahmad Zain, dan Almaydza Pratama Abnisa. “Motivasi Belajar dalam Perspektif Al-Qur’an.” Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme 4, no. 2 (27 Juni 2022). https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1609.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 4 ed. Bandung: Alfabeta, 2019.

Syafrizal, Syafrizal, Zuriatul Khairi, Suci Habibah, dan Yunita Efendi. “Konsep Motivasi Belajar Menurut Pandangan Islam dan Peran Guru BK.” Educational Guidance and Counseling Development Journal 6, no. 2 (1 November 2023). https://doi.org/10.24014/egcdj.v6i2.24406.

Syahadah, Amrina Ghina, dan Nina Yuliana. Positive Affirmations in the Lives of Generation Z. Vol. 2, 2024.

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i1.4705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sandy Aulia Rahman, Taufik Hidayat

Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur'an dan Hadits

index by:

        

Publish by: Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: redaksialmuhith@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

seributoto

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

https://realbdsmpics.com/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

https://svijet-gljiva.com/