Revitalisasi Hadis Tentang Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Merespons Krisis Pendidikan Islam Kontemporer di Indonesia

Sunarsi Sunarsi, La Ode Ismail Ahmad, Abdul Rahman Sakka

Abstract


Fenomena menurunnya kualitas pendidikan di Indonesia, meskipun di tengah kemajuan teknologi informasi, menunjukkan adanya paradoks yang serius, khususnya dalam masyarakat Muslim yang semestinya menjadikan ilmu sebagai landasan utama kehidupan. Artikel ini mengkaji urgensi menuntut ilmu dalam perspektif hadis dengan fokus pada hadis riwayat Ibnu Majah: “Ṭalab al-’ilm farīḍah ‘alā kulli muslim”, serta relevansinya terhadap pendidikan Islam kontemporer. Penelitian ini menggunakan pendekatan takhrij al-ḥadīs untuk menelusuri hadis, serta interpretasi kontekstual yang mengaitkan substansi hadis dengan realitas pendidikan modern. Meskipun hadis tersebut tergolong ḍa’īf, mayoritas ulama membolehkan pengamalannya dalam konteks fadhā’il al-a’māl. Temuan menunjukkan bahwa hadis ini tetap relevan sebagai landasan motivasional untuk membentuk kultur belajar yang kuat. Artikel ini juga menawarkan model integratif antara nilai-nilai spiritual dan tuntutan modernitas dalam sistem pendidikan Islam Indonesia. Dengan pendekatan normatif-aplikatif, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam membangun ekosistem pendidikan Islam yang kontekstual, adaptif, dan berakar pada nilai-nilai profetik.


Keywords


Hadis Pendidikan, Ṭalab Al-’Ilm, Takhrij Al-Ḥadīs, Pendidikan Islam, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


@premium_nanny. “Did You Know? Indonesia Ranks 62 out of 70 Countries in Literacy, According to UNESCO.” Instagram, 2025. https://www.instagram.com/premium_nanny/p/DJ0oWYdSJG-.

Admin. “Strategi Mengatasi Learning Loss Pasca-Pandemi.” MTs Negeri 8 Sleman, 2025. https://mtsn8sleman.sch.id/blog/strategi-mengatasi-learning-loss-pasca-pandemi/.

Al-Hamdi, Ridho. “Ketika Sekolah Menjadi Penjara: Membongkar Dilema Pendidikan Masyarakat Modern.” The Journal of Society & Media 1, no. 1 (April 30, 2017). https://doi.org/10.26740/jsm.v1n1.p11-34.

Al-Munawar, Said Agil Husin. “Penggunaan Dan Penyalahgunaan Hadis Dalam Kehidupan (Pengamalan Hadis Daif Dalam Ritual Keagamaan ).” Ushuluna: Jurnal Ilmu Ushuluddin 3, no. 2 (April 13, 2020). https://doi.org/10.15408/ushuluna.v3i2.15194.

Al-Rājihī, Sāliḥ ibn Fawzān. “Sharḥ Sunan Ibn Mājah.” Shamela.ws. Accessed June 4, 2025. https://shamela.ws/book/36998/224.

Anis Amanulloh, and Fahri Hidayat. “Perpekstif Pendidikan Tentang Beramal Dengan Hadist Dhaif Dan Hukumnya Menurut Para Ulama.” Jurnal Ilmiah Edukatif 9, no. 2 (November 21, 2023). https://doi.org/10.37567/jie.v9i2.2475.

Anisah, Rafiqatul, and Abdillah Afabih. “Contradiction Of Using Hujjah With Daif Hadith In Fadail A’mal: Analysis of the Book of Al-Targib Wa Al-Tarhib.” Al-Bukhari : Jurnal Ilmu Hadis 6, no. 1 (May 25, 2023). https://doi.org/10.32505/al-bukhari.v6i1.5349.

Choirun Nisa, Shifa, Ayu Novita Pamujianti, Ari Agung Purnomo, and Ngatmin Abbas. “Etika Dan Metode Menuntut Ilmu Perspektif Hadits Nabi Muhammad.” ISEDU : Islamic Education Journal 2, no. 2 (December 10, 2024). https://doi.org/10.59966/isedu.v2i2.1229.

Derlan, Aldo Muhamad, and Romlah Abubakar Askar. “Metode Takhrij Hadist Dalam Menakar Kualitas Hadist Nabi.” KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (November 16, 2024). https://doi.org/10.69698/jpai.v2i2.626.

Dwi Fitriyani, Endah, Lu’ul Mu’minah, Sri Wahyuningsih, and Faridatun Dinasikhah. “Pendidikan Dasar Islam Perspektif Filosofis.” Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2022). https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v3i2.132.

Fian, Khafifatul, and Munawir Munawir. “Komparasi Kehujjahan Hadits Dha’if Perspektif Imam Abu Hanifah Dan Imam Ahmad Bin Hanbal.” Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman 11, no. 1 (June 3, 2023). https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v11i1.1169.

Grehenson, Gusti. “Mendikdasmen: Pelajar Indonesia Mengalami Learning Loss.” Universitas Gadjah Mada, 2025. https://ugm.ac.id/id/berita/mendikdasmen-pelajar-indonesia-mengalami-learning-loss/.

“HaditsSoft,” n.d.

Haq, Vick Ainun, and Achmad Khudori Soleh. “Peran Ilmu Dalam Pembentukan Insan Kamil Menurut Suhrawardi Al-Maqtul.” El -Hekam 7, no. 2 (October 25, 2022). https://doi.org/10.31958/jeh.v7i2.6571.

Hariyanto, Wawan. “Analisis Analisis Metode Pembelajaran Dalam Hadist: Implementasi Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Modern.” Jurnal Staika: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan 7, no. 2 (August 1, 2024). https://doi.org/10.62750/staika.v7i2.116.

Jamun, Yohannes Marryono. “Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio 10, no. 1 (January 28, 2018). https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54.

Kamal, Kamal, Arifuddin Ahmad, and Erwin Hafid. “Keutamaan Belajar Dan Mengajar Perspektif Hadist Nabi Muhammad SAW.” Indonesian Journal of Intellectual Publication 3, no. 1 (January 23, 2023). https://doi.org/10.51577/ijipublication.v3i1.385.

Khomsinnudin, Khomsinnudin, Giman Bagus Pangeran, Ahmad Tamyiz, Citra Eka Wulandari, and Fauzan Akmal Firdaus. “Modernitas Dan Lokalitas: Membangun Pendidikan Islam Berkelanjutan.” Journal of Education Research 5, no. 4 (September 8, 2024). https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1523.

Novera, Melia, and Vina Qurrotu A’yun. “Kritik Sanad Dan Matan.” DIRAYAH : Jurnal Ilmu Hadis 4, no. 2 (July 5, 2024). https://doi.org/10.62359/dirayah.v4i2.266.

Nurhayati, Meilisa Ani, Abidin Pandu Wirayudha, Ahmad Fahrezi, Dayintasya Ratih Pasama, and Aditia Muhammad Noor. “Islam Dan Tantangan Dalam Era Digital: Mengembangkan Koneksi Spiritual Dalam Dunia Maya.” AL-AUFA: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman 5, no. 1 (June 22, 2023). https://doi.org/10.32665/alaufa.v5i1.1618.

OECD. “Indonesia – Country Note – Programme for International Student Assessment (PISA) Results from PISA 2022,” 2023. https://gpseducation.oecd.org/CountryProfile?primaryCountry=IDN&topic=PI&treshold=10.

Rif’ah, and Ummi Habibatul Islamiyah. “Pendidikan Islam Menjawab Tantangan Globalisasi.” Islam Universalia: International Journal of Islamic Studies and Social Sciences 4, no. 1 (May 29, 2022). https://doi.org/10.56613/islam-universalia.v4i1.211.

Rinwanto, and Shofiyullahul Kahfi. “Memahami Konsep Niat Dalam Beribadah Hingga Istitha’ah Haji Dalam Studi Fiqh.” Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam 13, no. 2 (February 3, 2020). https://doi.org/10.51675/jt.v13i2.59.

Rusli, Rachmatullah. “Klasifikasi Pendidikan Dalam Sudut Pandang Hadis Nabi.” Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2017). http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi.

Samalo, Nisma Anggara, and Thia Jasmina. “The Effect of Educational Cash Transfer for Students From Low-Income Families OnStudents’ Dropout Rate in Indonesia.” In The Asian Conference on Education & International Development 2024 Official Conference Proceedings, 2024.

Subakti, Hani, Khojir Khojir, and Rahmat Soe’oed. “Filsafat Pendidikan Islam Suhrawardi Ditinjau Dari Aspek Kurikulum Merdeka.” AZKIYA 6, no. 1 (October 22, 2024). https://doi.org/10.53640/azkiya.v6i1.1430.

Suwignyo, Agus. “Putus Sekolah Dan Pembangunan Berkelanjutan.” Kompas.id, 2024. https://www.kompas.id/baca/english/2024/02/22/en-putus-sekolah-dan-pembangunan-berkelanjutan.

Tanzilulloh, Ilham. “Delegitimasi Hukum Islam : Studi Terhadap Hadith Maudhu’.” Al-Syakhsiyyah: Journal of Law & Family Studies 1, no. 2 (December 27, 2019). https://doi.org/10.21154/syakhsiyyah.v1i2.2028.

Wahab, Fatkhul. “Kualitas Hadis Shahih, Hasan, Dhaif Sebagai Hujjah Dalam Hukum Islam.” MAQASHID Jurnal Hukum Islam 6, no. 1 (May 15, 2023). https://doi.org/10.35897/maqashid.v6i1.1009.

Yaqin, Ainol. “Integrasi Ilmu Agama Dan Sains (Kajian Atas Pemikiran Al-Ghazālī).” Islamuna: Jurnal Studi Islam 3, no. 1 (July 1, 2016). https://doi.org/10.19105/islamuna.v3i1.946.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i2.5396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sunarsi, La Ode Ismail Ahmad, Abdul Rahman Sakka

sbobet

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303