Implementasi Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di MI Darul Falah

Husin Husin, Muhammad Arsyad

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak-anak MI Darul Falah yang terletak di desa Pematang Benteng Hilir Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini bertujuan, pertama, untuk mengetahui bagaimana kondisi objektif kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa-siswi di MI Darul Falah. Kedua, untuk mengetahui bagaimana implementasi metode tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa-siswi MI Darul Falah. Ketiga, untuk mengetahui pengaruh implementasi metode tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa-siswi MI Darul Falah.  penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis narrative research dengan menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode tahsin memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan kemampuan siswa-siswi di MI Darul Falah dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan makharijul huruf dan kaidah-kaidah tajwid. Dalam proses belajar mengajar guru menggunakan metode klasikal baca simak. Guru pun ikut serta mencontohkan bacaan yang baik dan membenarkan bacaan Al-Qur’an siswa. Selain itu juga, guru juga melakukan permainan yang berkaitan degan ilmu tajwid agar siswa-siswi tidak merasa bosan dalam pembelajaran.


Keywords


kemampuan membaca Al-Qur’an, metode tahsin, siswa-siswi MI Darul Falah

Full Text:

PDF

References


Agusman, Wira Meiris Tri. “Al-Qosimi Sebagai Metode Pembelajaran Tahfiz Alquran:” Waraqat : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 6, No. 2 (16 Desember 2021): 10–18. Https://Doi.Org/10.51590/Waraqat.V6i2.194.

Ali, Rahmadi. “Efektifitas Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Siswa Sdit Bunayya Medan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora 2, No. 1 (2017): 179–86.

Dwi Prasojo, Agus. “Penggunaan Metode Tahsin Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits Kelas V Di Mima Iv Sukabumi Bandar Lampung Tp 2018/2019,” 2018, 25.

Hanafi, Yusuf, Nurul Murtdho, Alifudin Ikhsan, Muhammad Saefi, Dan Tsania Nur Diyana. Literasi Al-Qur’an. Tim Delta Pijar Khatulistiwa. Sidoarjo, 2019.

Hayati, Fitroh, Dan Della Indah Fitriani. “Penerapan Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas” 5 (Oktober 2020).

Hidayat, Syarif, Rahendra Maya, Dan Sarifudin Sarifudin. “Implementasi Metode At-Tahsin Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Pada Taman Pendidikan Alquran (Tpa) Hunafa Anak Shaleh Dan Shalehah Kecamatan Jagarkarsa Kota Jakarta Selatan.” Prosa Pai : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam 1, No. 1 (2 Oktober 2018): 76–87. Https://Doi.Org/10.30868/Ppai.V1i1.298.

Hidayat, Zakiyah Lu’luatul Fuadie. “Penerapan Metode Maqdis Pada Pembelajaran Tahsin Alquran: Studi Di Smp Al-Amanah Cinunuk Bandung.” Diploma, Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 2019. Http://Digilib.Uinsgd.Ac.Id/26558/.

Irma, Eka Ade. “Metode Tahsin Dalam Memperbaiki Bacaan Al-Qur’an.” Al-Hanif: Jurnal Pendidikan Anak Dan Parenting 1, No. 1 (30 Juni 2021): 10–14.

Kasmar, Indah Fadilatul, Dan Fuady Anwar. “Metode Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Alquran Peserta Didik.” An-Nuha 1, No. 4 (30 November 2021): 617–29. Https://Doi.Org/10.24036/Annuha.V1i4.140.

Mardhatillah, Mardhatillah. “Metode Pembelajaran Tahfizh Alquran Di Pondok Pesantren Alihsan Putri Kampung Melayu Banjarmasin.” Skripsi, 5 Juli 2018. Https://Doi.Org/10/Lampiran.Pdf.

Mariyam, Siti. “Implementasi Program Tahsin Di Unit Pengembangan Bahasa Uin Antasari Banjarmasin (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2019/2020).” Skripsi, 6 Mei 2020. Https://Doi.Org/10/Lampiran.Pdf.

Minan Chusni, Muhammad, Restu Andrian, Dan Bintang Syariyatno. Strategi Belajar Inovatif. Uswatun Khasanah. Pradina Pustaka, 2021.

Nabil, Abu, Dan Hirman Jayadi. Juz ’Amma Hafalan. Tim Ar-Risalah, 2019.

Pangastuti, Ratna. “Pembelajaran Al-Quran Anak Usia Dini Melalui Metode ‘“Wafa.”’” Aciece 2 (2017): 109–22.

Priasandi, Rahmandika, Rahendra Maya, Dan Unang Wahidin. “Implementasi Metode Jibril Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Pada Siswa Kelas V Di Sdit Al-Qolam Ngawi Jawa Timur Tahun Ajaran 2019/2020.” Prosa Pai : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam 2, No. 1b (10 Desember 2019): 236–45. Https://Doi.Org/10.30868/Ppai.V2i1b.579.

Rakha Amuntai, Stiq. Metode Makhraji. Muh. Haris Zubaidillah. Cv. Hemat, 2019.

Rizalludin, Azis. “Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur’an” 1 (1 November 2019): 23.

Siagian, Erliani, Dan Zailani Zailani. “Metode Tahsin Dalam Memperbaiki Bacaan Al-Qur’an.” Ar-Rasyid : Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, No. 2 (27 November 2021): 114–20. Https://Doi.Org/10.30596/10.30596/Arrasyid.V1i2.8743.

Syafriyanto, Eka. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Rekonstruksi Sosial” 6 (2015): 68.

Syauqi, Ahmad. “Efektifitas Metode Pembelajaran Qiraati (Studi Kasus Siswa Kelas V Mi Darul Muttaqin Jakarta),” 29 Juni 2018. Https://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/40091.

Usman, Nurodin, Dan Eko Kurniasih Pratiwi. “Peningkatan Makharijul Huruf Dengan Metode Smart Tahsin Di Rw Xiii Perumahan Pondokrejo Asri Danurejo Mertoyudan Magelang.” Community Empowerment 2, No. 1 (22 Desember 2017). Http://Journal.Unimma.Ac.Id/Index.Php/Ce/Article/View/2100.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v1i1.939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur'an dan Hadits


index by:

    

 

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com