Pembacaan Dzikir Pagi Pada SDIT Al Amin Kapuas Sebagai Bentuk Pembiasaan Adab Yang Baik (Living Qur’an)

Rina Amahorosea, Musyarapah Musyarapah

Abstract


Pada tulisan ini, penulis mengkaji tentang implementasi pembacaan dzikir pagi (Al-Ma’tsurat) pada SDIT Al Amin Kapuas sebagai bentuk pembiasaan adab yang baik. Tulisan ini dilatar belakangi adanya kesenjangan tujuan dzikir yang pada umumnya untuk mendatangkan kedamaian jiwa dijadikan sebagai sebuah tradisi sebelum memulai pembelajaran di sekolah. Pembahasan selanjutnya dimulai dengan sejarah pembacaan dzikir pagi di SDIT Al Amin Kapuas. Implementasi yang didapatkan dalam pembacaan dzikir pagi serta manfaatnya. Dalam memandang realita yang terjadi, penulis menggunakan deskriptif kualitatif, sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa dengan adanya pembacaan dzikir pagi tersebut membantu para siswa menjadi lebih mudah memahami pelajaran dan menghapal Ayat al Qur’an di sekolah..


Keywords


Dzikir pagi, Manfaat, Tindakan Sosial

Full Text:

PDF

References


“Al-Ahzab - الاحزاب | Qur’an Kemenag.” Accessed December 11, 2021. Https://Quran.Kemenag.Go.Id/Sura/33/41.

Asnajib, Muhammad. “Resepsi Dzikir Al-Ma’tsurat Dalam Menghafal Alquran (Analisis Tindakan Pada Santri Islamic Boarding House Budi Mulia Dua Pada Masa Pandemik Corona).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 5, No. 1 (2020): 28–41.

Jannah, Nur. “Pengaruh Zikir Al-Ma’tsurat Dan Terjemahannya Terhadap Penurunan Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional.” Jurnal Studia Insania 5, No. 2 (2017): 155–73.

Https://Muslim.Or.Id/29658-Keutamaan-Dzikir-Pagi-Dan-Sore-1.Html

Ningrum, Tri Widiya, Habibullah Habibullah, And Ahmad Mustaniruddin. “Pengamalan Ayat-Ayat Al-Qur’an Dalam Dzikir Al-Ma’surat Bagi Santriwati Pondok Karya Pembangunan Al-Hidayah Pemerintah Provinsi Jambi (Studi Living Qur’an).” Phd Thesis, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2021.

Rahman, Syahrul. “Living Quran: Studi Kasus Pembacaan Al-Ma’tsurat Di Pesantren Khalid Bin Walid Pasir Pengaraian Kab. Rokan Hulu.” Syahadah: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Keislaman 4, No. 2 (2016).

Rahmat Riyadi, Dimas. “Pembacaan Al-Ma’tsurat (Studi Living Qur’an Bagi Para Santri Pondok Pesantren Ihyaul Qur’an Bengkulu Tengah).” Phd Thesis, Iain Bengkulu, 2019.

Syarifuddin, Nur. “Madrasah Sebagai Bentuk Transformasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” Al-Ibrah 2, No. 2 (2017): 25–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.