Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Manajemen Berbasis Sekolah Di MTs NIPA Rakha Amuntai

Ahmad Khalidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang menghambat dan mendukung peningkatan mutu pendidikan manajeman berbasis sekolah di MTS NIPA RAKHA Amuntai; 2) Untuk menganalisis strategi meningkatkan mutu pendidikan manajeman berbasis sekolah di MTS NIPA RAKHA Amuntai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriftif kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dilakukan dengan wawancara (interview) dengan informan kunci diantara Kepela MTS NIPA RAKHA Amuntai, Wakil kepala madrash dan dewan guru, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis setelah dilakukan pengujian keabsahan data dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah merupakan suatu konsep pengelolan yang menawarkan otonomi kepada sekolah untuk pengambilan keputusan dalam upaya melibatkan seluruh komponen sekolah secara efektif dan efisien sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan. Dari hasil analisi SWOT tentang peningkatan mutu pendidikan manajemen berbasis sekolah di MTS NIPA RAKHA Amuntai diketahui bahwa faktor internal yang mendukung antara lain; lokasi sekolah strategis, sarana dan fasilitas sekolah yang memadai, memiliki tenaga pengajar 90% guru sudah bersertifikat sebagai guru professional yang dibuktikan dengan sertifikat guru, memiliki kurukulum khas MTS NIPA RAKHA Amuntai. Tenaga pendidik dan kependidikan kompak, solid, mengetahui tanggung jawab baik individual atau kelompok dan memiliki keterbukaan atas saran dan masukan orang tua. Sedangkan faktor internal yang menghambat peningkatan mutu pendidikan manajemen berbasis sekolah anatara lain; Beberapa bagian tugas dan tanggung jawab guru tidak diimbangi dengan ketersedian standar operasional prosedur/juklak/juknis yang memadai, beberapa sarana prasaran kurang dimanfaatkan oleh siswa secara optimal. Strategi terbaik dalam peningkatan mutu pendidikan manajemen berbasis sekolah di MTS NIPA RAKHA Amuntai dengan langkah-langkah dipakai sebagai berikut : 1) Melakukan strategi agresif menjemput bola di dalam mendapatkan siswa yang berkualitas, 2) Melakukan strategi keseimbangan antara sekolah dengan mengusahakan keseimbangan antara sekolah dengan siswa dan mengurangi friksi dan menjalin kerja sama yang baik, 3) Melakukan strategi diversifikasi dengan menciptakan jaringan kerja antar lembaga sekolah dan lembaga dibawahnya, 4) Menciptakan strategi defensive (pertahanan) terhadap kondisi dalam menghadapi era glonalisasi dan persaingan lainnya.


Keywords


Mutu, Manajemen Berbasis Sekolah

Full Text:

PDF

References


-------, 2010. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung, Citra Umbara

-------, 2012. Profile MTs. NIPA Rakha Amuntai

Djanahar. Irwan, 2001. Pengantar Kuliah Manajemen Strategi – Analisa dan Pemilihan Strategis. Magister Manajemen Program Pasca Sarjana USU, Medan 2001

Danim Sudarwan, 2008. Visi Baru Manajemen Sekolah Diri Unit Birokrasi Ke Lembaga Akademik, Jakarta, Bumi Aksara

Depdiknas, 2001, Konsep dan Pelaksanaan dalam Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta : Dikmenum.

Depdiknas, 2001, Panduan Monitoring dan Evaluasi Dalam Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta : Dikmenum.

Duhou Ibtisam Abu, 2002. School Based Management, Jakarta, Logos Wacana Ilmu

Fred R. David, 1996. Strategic Management, Edisi Ke Enam, Prentice Hall International, Inc., Francis Marion University.

Hadis, Abdul dan Nurhayati, 2010. Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung, Alfabeta.

Hasibuan, Melayu. 2003. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kuntoro, Mangkusubroto, Trisnadi, Listiarini, C, 1987. Analisa Keputusan., “Pendekatan Sistem Dalam Manajemen Usaha dan Proyek”, ITB, Ganeca Exact Bandung, Cetakan ke IV, Maret 1987

Muhaimin, Suti’ah dan Prabowo, 2011. Manajemen Pendidikan Aplikasinya Dalam Penyususnan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasisi Sekolah Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurkolis, 2003. Manajemen Berbasis Sekolah Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: Gresindo

Rangkuty, Freddy. 1997. Analisisi SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Cetakan Kedua, Jakarta. Penerbit PT. Gramedia Pustka

Rohiat, 2009, Manajemen Sekolah Teori dasar dan Praktik, Bandung, PT. Refika Aditama

Salkis, Edward. 2006. Total Quality Management In Education. Yogyakarta: Ircisod.

Suprihatin dkk, 2004. Manajemen Sekolah. Semarang: UPT UNNES Press.

Suryubroto, 2012. Manajemen Pendidikan Sekolah. Jakarta, PT Rineka Cipta

Sugiono. 2010. Manajemen Pendidikan Sekolah. . Bandung: Alfabeta.

Sikardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Suwarsono Muhammad, 2008, Manajemen Strategik Konsep dan Kasus, Yogyakarta, STIE YKPN

Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI 2006 Tentang Pendidikan, Jakarta, Direktoraty Jenderal Pendidikan Islam, Depertemen Agama RI




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.