Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Siswa pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IV di MIN 3 Balangan

Norlaila Norlaila

Abstract


Strategi ini bertujuan agar siswa dapat meningkatkan minat belajar dalam pembelajaran Bahasa Arab khusunya kelas IV di MIN 3 Balangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab di MIN 3 Balangan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan guru MIN 3 Balangan kelas IV saat pembelajaran Bahasa Arab adalah strategi pendekatan. Pendekatan pembelajaran Bahasa Arab adalah cara yang ditempuh guru dalam pelaksanaan pembelajaran agar konsep yang disajikan bias beradaptasi dengan siswa. Factor-faktor yang menghambat proses belajar Bahasa Arab di MIN 3 Balangan kelas IV yaitu, kesulitan belajar, kurangnya penguasaan materi sebelum naik kelas IV, Minat siswa terhadap Bahasa Arab. Ada dua jenis pendekatan yaitut pendekatan bersifat metodologi dan yang bersifat materi. Pendekatan metodologi berkenaan dengan cara siswa beradaptasi dengan konsep yang disajikan ke dalam struktur kognitifnya, yang sejalan dengan cara menyajikan bahan tersebut. Sedangkan pendekatan secara material adalah pendekatan pembelajaran Bahasa Arab dimana guru dalam menyajikan konsep Bahasa Arab melalui konsep Bahasa Arab lainnya


Keywords


Strategi; Minat Siswa; Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Asrori, Mohammad. “Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran.” Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 5, no. 2 (2013).

Dindin, Lidinillah. “Strategi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar,” t.t., 2006.

Hasanah, Hasyim. “Teknik-teknik Observasi.” at-Taqaddom 8, no. 1 (2016).

Juhji, Hasbullah, dan Ali Maksum. “Startegi Belajar Mengajar dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2019).

Kholil, Mohammad, dan Silvi Zulfiani. “Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika.” Journal of primary Education 01, no. 02 (2020).

Kustiyono. “Pembelajaran Matematika di SD dengan Metode driil untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” 2016.

Nailin Nafisah, Rosita. “Peningkatan Minat Belajar Mata Pelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran TAI,” 2013.

Norhasanah, Siti, dan A. Subandi. “Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1, no. 1 (2016).

Panggabean, Suvriadi dkk. Konsep dan Strategi Pembe;ajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Pudil lestari, Sri. “Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Make and Match Pada Siswa,” (2013).

Resti, Nika. “Tingkat Minat Belajar Siswa.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 11 (2021).

Suci, Trismayanti. “Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar.” Jurnal pendidikan islam 17, no. 02 (2019).

Supatmono, Catur. Matematika Asyik. Grasindo, 2009.

Yohanan Rawong, Ingriyani. “Strategi Pembelajaran Aktif Bagi Guru Sekolah Dasar.” Pengabdian Pada Masyarakat 1, no. 1 (2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.