Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Metode Eksplorasi Kolaborasi Dan Kolaboratif Learning

Hasan Hasan, Melyyani Melyyani

Abstract


Tujuan pembelajaran bahasa arab dengan metode eksplorasi kolaborasi dan kolaboratif learning ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru bahasa Arab di MTsN 7 Tabalong dalam melaksanakan pembelajaran di kelas dengan metode tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yaitu memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena dengan lebih jelas mengenai situasi yang terjadi, maka jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini juga bisa dikatakan sebagai penelitian sosiologis yaitu suatu penelitian yang cermat yang dilakukan dengan jalan langsung terjun ke lapangan. Subjek penelitian ini yaitu guru bahasa Arab kelas IX MTsN 7 Tabalong. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Data di analisis dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan guru bahasa Arab di MTsN 7 Tabalong dalam proses pembelajaran menggunakan metode eksplorasi kolaborasi dan kolaboratif learning dapat terlihat pada kemampuan guru dalam mengelola kelas sehingga mampu menggali kemampuan peserta didik.


Keywords


Pembelajaran, Eksplorasi Kolaborasi, Kolaboratif Learning.

Full Text:

PDF

References


Akbar. (2013). Menjadi Guru Profesional Peningkatan Mutu Guru,

Bahrun, Hasan. (2016). Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Competitive Advantage Pada Lembaga Pendidikan.” 5(2), 20.

Dananjaya. (2013). Media Pembelajaran Aktif, Bandung: Nuansa Cendikia.

Dirjen Bagais Depag RI. (2005). Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional, 65.

Djamarah. Bahri, Syaiful. (2010). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT.Rineka Cipta, cet. 4,

Effendy, Ahmad Fuad, (2012), Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat

Hamalik Oemar, . (2007). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamzah, Amir, (2019) Metode Penelitian Kualitatif, Malang: Literasi Nusatara,

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru,

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D),

Wahab, Laode Abdul. (2013). Motivasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa. 6(1),




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.