Pengembangan Model Pembelajaran Pasca Covid-19 Berdasarkan Pembelajaran Abad 21

Ridhatullah Assya’bani, Muhammad Majdi

Abstract


Pembuatan tugas jurnal ini dilakukan oleh keadaan situasi dan kondisi selama pasca periode Pandemi Covid-19. Dalam proses pembelajaran atau aktivitas yang menuntut semua orang untuk melakukan aktivitas maupun kegiatan di rumah masing-masing. Dimana pemerintah telah memberikan informasi dan menetapkan kebijakan dengan tujuan keamanan dan kesehatan bagi semua orang, bahwa semua orang yang tinggal di rumah, yang melakukan kegiatan belajar mengajar, bekerja dan beribadah yang biasanya di luar rumah, maka sekarang diharuskan untuk dilakukan rumah masing-masing demi kenyamanan dan pencegahan penularan virus Covid-19. Dalam implikasinya kegiatan pembelajaran tentu memerlukan dan menggunakan pembelajaran sistem online, untuk memastikan bahwa pendidikan berlangsung dengan baik menggunakan sistem online ini yang mana berhubungan dengan pembelajaran era abad 21 yang ditandai dengan pemenfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada segala aspek kehidupan, termasuk dalam kegiatan pembelajaran. Maka yang diperlukan metode penelitian dalam pembuatan jurnal ini adalah studi pustaka dan penemuan jurnal ilmiah dengan fokus pada tujuan untuk menemukan dan mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dan efektif serta yang bisa digunakan dalam proses pendidikan pasca Covid-19. Beberapa Hasil di temukan dalam penelitian dan pembuatan jurnal ini diharapkan bisa memberikan perkembangan model pembelajaran online seperti apa yang baik dan efektif dipergunakan oleh Guru maupun Dosen pembimbing. Tujuan memberikan Perkembangan model pembelajaran ini supaya dalam proses pendidikan menjadi efesien, antusias, efektif dan berkualitas. Pasca pandemi Covid-19 di Indonesia pada pertengahan Maret 2020 lalu, pemerintah daerah mengeluarkan dan memberikan kebijakan, salah satunya di bidang pendidikan. Kebijakan ini untuk sementara membatalkan atau mehilangkan proses pengajaran yang belajar mengajar tatap muka pada biasanya, dan sekarang perlu belajar melalui sistem pembelajaran online di tingkat dasar, Menengah dan Universitas. Korelasi model Pembelajaran Abad 21 yang relevan Pasca Covid-19 adalah 1) Communication skill, 2) Collaboration skill, dan 3) Critical thinking and problem solving skill.Kata Kunci: Model pembelajaran, Pasca Covid-19, Pembelajaran Abad 21.

Keywords


Model pembelajaran, Pasca Covid-19, Pembelajaran Abad 21

Full Text:

PDF

References


Albinur Limbong, Pengaruh Model Pembelajaran Daring Akibat Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa UNAI pada Semester Genap 2019/2020, Jurnal TeIKa, Volume 10, Nomor 2, Oktober 2020.

Astini. Ni Komang Suni, Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19, jurnal ilmu pendidikan, 2020.

Budi Indrawat, Tantangan Dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19, Jurnal Kajian Ilmiah (JKI) e-ISSN: 2597-792X, ISSN: 1410-9794 Edisi Khusus No. 1 Juli 2020.

Daryanto dan Syaiful Karim, Pembelajaran Abad 21, Yogyakarta: Gava Media, 2017.

Denok Sunarsi dkk, Jurnal Implementasi Pembelajaran Online Dalam Masa Pandemik Covid 19, 2020)

Destriana Widyaningrum. Silvi, dkk, Jurnal Pentingnya Penyusunan Jadwal Pelajaran Dalam Proses Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid-19, 2020.

Gusty. Sri, dkk, Belajar Mandiri Pembelajaran Daring di Tengah Pendemi Covid-19, Yayasan Kita Menulis, 2020.

Indrawat. Budi, Tantangan Dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19, Jurnal Kajian Ilmiah (JKI) e-ISSN: 2597-792X, ISSN: 1410-9794 Edisi Khusus No. 1, Juli 2020.

Jamaludin dkk, Belajar dari Covid-19 Perspektif Sosiologi, Budaya, Hukum kebijakan dan Pendidikan, Mesdan, 2020.

Jamaludin dkk, Belajar dari Covid-19 Perspektif Sosiologi, Budaya, Hukun kebijakan dan Pendidikan, Mesdan,2020.

Limbong. Albinur, Pengaruh Model Pembelajaran Daring Akibat Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa UNAI pada Semester Genap 2019/2020, Jurnal TeIKa, Volume 10, Nomor 2, Oktober 2020.

M.Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Marbun. Purim, Disain Pembelajaran Online Pada Era Dan Pasca Covid-19 Online Learning Design In Era And Post Covid-19, CSRID Journal, Vol. 12 No. 2 Juni 2020.

Mutmainnah, dkk, Jurnal Paradigma Model Experience Of Learning.

Ni Komang Suni Astini, Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19, jurnal ilmu pendidikan, 2020.

Nur Atiqoh Bela Dina. Lia, Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19, THUFULI: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Islam Anak Usia Dini, Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020.

Pujilestari. Yulita, Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19, Volume 4 Nomor 1, 2020.

Purim Marbun, Disain Pembelajaran Online Pada Era Dan Pasca Covid-19 Online Learning Design In Era And Post Covid-19, CSRID Journal, Vol. 12 No. 2 Juni 2020.

Silvi Destriana Widyaningrum dkk, Jurnal Pentingnya Penyusunan Jadwal Pelajaran Dalam Proses Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid-19, 2020.

Sri Gusty dkk, Belajar Mandiri Pembelajaran Daring di Tengah Pendemi Covid-19, Yayasan Kita Menulis, 2020.

Sunarsi. Denok, dkk, Jurnal Implementasi Pembelajaran Online Dalam Masa Pandemik Covid 19, 2020.

Wardhana. Dharendra, Kajian Kebijakan dan Arah Riset Pasca-Covid-19, The Indonesian Journal of Development Planning Volume IV No. 2 – Juni 2020.

Widya Sari dkk, Jurnal Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19, 2020.

Yulita Pujilestari, Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19, Volume 4 Nomor 1 2020.

Zulkifli dkk, Bekarya Bersama di Tengah Covid-19, Sulawesi Selatan, IAIN Parepare Nusantara 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i2.903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.