Kerjasama Sekolah Dan Keluarga Dalam Pendidikan Karakter Dengan Pola Mindset Pengembangan Diri

Viviana Lisma Lestari, Suwarsito Suwarsito, Fatimatul Jahrah

Abstract


Sekolah negeri di Indonesia masih tersiksa dengan berbagai persoalan. Salah satunya adalah kemerosotan moral di kalangan pelajar. Prestasi dalam pelatihan, khususnya pembelajaran yang diberikan oleh pendidik kepada siswa, tidak hanya terkait dengan teknik dan strategi  yang tepat, tetapi juga terkait dengan partisipasi sekolah dan keluarga dalam pembelajaran karakter dengan mengarahkan mental siswa itu sendiri. Partisipasi keluarga dengan satuan pengajaran sangat penting, satuan sekolah berkewajiban untuk mendukung kerjasama dan inklusi keluarga dalam mendorong sekolah anak-anak mereka. Dalam usaha bersama ini, tentunya pembinaan mentalitas seseorang sejak dini oleh keluarga dan sekolah dengan alasan bahwa cara pandang atau pendekatan sikap siswa yang benar sejak awal akan mempengaruhi keseluruhan keberadaan siswa di kemudian hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case studies). Penelitian dilakukan di MIN 27 HSU desa Jingah Bujur, Kec. Haur Gading. Berdasarkan hasil pemeriksaan yang berbeda menunjukkan bahwa adanya partisipasi di antara keluarga dan sekolah dan penanaman mindset sejak dini mempengaruhi peningkatan kemajuan dalam pendidikan karakter dan prestasi anak-anak mereka.


Keywords


Kerja Sama, Sekolah dan Keluarga, Pendidikan Karakter, Mindset

Full Text:

PDF

References


Arifin, Siful. “Revitalisasi Keluarga Sebagai Lingkungan Pendidikan.” Kariman 5, no. 1 (2017): h. 22.

Edwina, O Irene P, dan Tessalonika Sembiring. “Peran Mindset terhadap Resiliensi Keluarga pada Dewasa Awal” 8, no. 2 (t.t.): 12.

Gunawan, Adi W. The secret of mindset. Gramedia Pustaka Utama, 2007.

Hatimah, Ihat. "Keterlibatan Keluarga dalam Kegiatan di Sekolah dalam Perspektif Kemitraan.” Pedagogia 14, no. 2 (2016): h. 293.

Kusnoto, Yuver. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan” 4, no. 2 (2017): 10.

Maisaro, Atik, Bambang Budi Wiyono, dan Imron Arifin. “Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar.” Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 1, no. 3 (2018): h. 302–12.

Mardhiyah, Sri. “Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah,” t.t., h. 262.

M Fahmi Arifin, "Model kerjasama Tripusat Pendidikan.” Muallimuna 3, no. 1, (2017): h.80.

Natsir, Nanat Fatah, Ade Aisyah, Hasbiyallah Hasbiyallah, dan Mahlil Nurul Ihsan. “Mutu Pendidikan: Kerjasama Guru dan Orang Tua.” Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 8, no. 2 (2018): h. 311.

Novian, Satria. Implementasi Teori Pendidikan Karakter dalam Kehidupan Sehari-Hari: Buku Pendidikan Karakter. Satria Novian, 2021.

Prastowo, Andi. “Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pemberdayaan Pikiran Bawah Sadar.” al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education 1, no. 2 (2018): h. 54.

Putri, Yudith Bernadette Ayu, dan Lucia R.M. Royanto. “Growth Mindset, Instructors Scaffolding, dan Self-Regulated learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi COVID-19.” Jurnal Psikologi Ulayat, (2021): h. 294.

Rosidatun. Model Implementasi Pendidikan Karakter. Caremedia Communication, t.t.

Sari, Afrina. “Growth Mindset sebagai Mediator antara Komunikasi Guru terhadap School Well-Being Siswa di Kota Bekasi” 1, no. 1 (t.t.): h. 11.

Barsihanor, "Kerjasama Sekolah dan Keluarga dalam Pendidikan Karakter.” Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 1 (2015), h. 55.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.