Bayu Adji, Dahlia Novarianing Asri, Pinkan Amita Tri Prasasti: Penerapan Pendidikan Multikultural pada Pembelajaran PPKn Kelas V di SDN Manguharjo

Bayu Adji, Dahlia Novarianing Asri, Pinkan Amita Tri Prasasti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan yang ada diIndonesia karena Indonesia merupakan negara basis multikultural yang didalamnya terdapat beragam agama, suku, ras, budaya, dan nilai-nilai sosial keagamaan yang beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Pendidikan Multikultural pada Pembelajaran PPKn Kelas V di SDN Manguharjo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang merupakan jenis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Manguharjo Kabupaten Madiun terkhusus di kelas V. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga langkah-langkah yaitu reduksi data, data display, dan Conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Sumber data dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Pada penelitian ini jumlah informan yang akan diteliti, dimana Kepala Sekolah, guru kelas V dan 4 Siswa. Peneliti ingin mengetahui proses Pendidikan yang berjalan di SDN Manguharjo dalam Penerapan Pendidikan Multikultural dan peneliti cukup mengetahui kondisi lokasi penelitian sehingga dapat memudahkan peneliti dalam penelitian dan mendapatkan data yang dibutuhkan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk penerapan pendidikan multikultural pada mata pelajaran PPKn kelas IV dapat dilihat dari pengintegrasian setiap kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran. Selain itu guru juga mengintegrasikan pendidikan karakter melalui kegiatan spontan yang dilakukan siswa ketika pembelajaran. 2) Dalam implementasi pendidikan multikultural pada mata pelajaran PPKn tema lingkungan sahabat kita terdapat nilai yang diajarkan meliputi toleransi, demokrasi, menghargai prestasi, kemanusiaan, serta menerima keragaman.


Keywords


Penerapan Pendidikan, Multikultural, Pembelajaran PPKn

Full Text:

PDF

References


Andini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung 6 no.1 (2022).

Asri, Dahlia Novarianing. “Kenakalan Remaja: Suatu Problematika Sosial Di Era Milenial.” Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling) 2 no.1 (2018).

Asri, Dahlia Novarianing, and sunarto Sunarto.. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Konsep Diri Remaja (Studi Kualitatif Pada Siswa SMPN 6 Kota Madiun).” Jurnal Konseling Gusjigang 6 no.1 (2020).

Budiarti, Melik, Pinkan Amita Tri Prasasti, and Octarina Hidayatus Sholikhah. “Implementasi Buku Pedoman Karakter Sebegai Upaya Menumbuhkan Rasa Toleransi Berbasis Nilai Religius Pasa Siswa Sekolah Dasar.” Implementasi Buku Pedoman 09 no.01 (2019).

Charles, Charles. “Pendidikan Multikultural Untuk Memperkuat Kohesifitas Persatuan Dan Kesatuan Bangsa.” EDUCATIVE : Journal of Education Studies 2 no.1 (2017).

Dike, Daniel. 2017. “Pendidikan Multikultural Sekolah Dasar Di Wilayah 3T.” Angewandte Chemie International Edition 6 no.11 (April 2017).

Elihami, Elihami, and Abdullah Syahid. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya Dan Terapan 2 no. 1 (2018).

Fitria, Desi, and Sri Wahyuni. “Pembinaan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Di SDN 54 Anak Air, Padang.” Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah 6 no.2 (2021).

Kurniawan, Enggar, Farida Anis Artita, and Dahlia Novarianing Asri. “Kajian Problematika Pola Komunikasi Dan Perkembangan Emosi Remaja Pada Keluarga Un-.” Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling 1 no.1 (2017).

Najmina, Nana. 2018. “Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia.” Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 10 no. 1 (2018).

Prasasti, Pinkan Amita Tri, and Ivayuni Listiani. “Sets: Perspektif Dalam Memberdayakan Science Literacy.” Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun 2019.

Rahmasiwi, Dwinda Susi, Candra Dewi, and Pinkan Amita Prasasti. “Implementasi Blended Learning Terhadap Literasi Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar SD Siti Hajar Kota Madiun.” Konferensi Ilmiah Dasar 3 (2022).

Sati, Lara, and Dinie Anggareni Dewi. “Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pendidikan Multikultural.” Pendidikan Multikultural 5 no.1 (2021).

Sidiq, Dr. Umar M. A., and Dr. Moh. Miftachul. M. Choiri. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Vol. 53 2019.

Sugito, sugito. “Implementasi Pendidikan Multikultural Pada Lembaga Pendidikan Dasar.” Bina Gogik 7 no.1 (2020).

Tyawati, Yales. “Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Pada Peserta Didik Kelas V A SD Negeri 256 Palembang.” JS (Jurnal Sekolah) 5 no.1 (2021).

Yuliani, Indah Wahyu, and Dahlia Novarianing Asri. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dan Aktivitas Sosial Terhadap Kemampuan Mengatasi Masalah Belajar Pada Siswa Kelas VI SDN Kraton 2 Maospati Tahun Pelajaran 2010/2011.” Phys. Rev. E 24. 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.