Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha Untuk Menumbuhkan Sikap Gotong Royong pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi implementasi kurikulum merdeka yang di dalamnya ada nilai-nilai profil pelajar Pancasila, dimana salah satunya adalah gotong royong. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Buddha untuk menumbuhkan sikap gotong royong pada siswa Sekolah Dasar dan untuk menganalisis bagaimana praktik gotong royong siswa Sekolah Dasar beragama Buddha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif tepatnya deskriptif analitik. Objek penelitian guru mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha tingkat Sekolah Dasar berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Waktu pelaksanaan penelitian sekitar 6 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran pendidikan agama Buddha tingkat Sekolah Dasar tidak ada materi pembelajaran secara khusus yang membahas tentang gotong royong yang di dalamnya ada elemen kolaborasi, kepedulian, dan saling berbagi, namun pembelajaran tetap ditanamkan nilai-nilai sikap gotong royong. Adapun praktik gotong royong yang di dalamnya elemen kolaborasi, kepedulian, maupun saling berbagi sudah dipraktikkan peserta didik melalui berbagai kegiatan pembelajaran di kelas, di lingkungan sekolah, maupun di lingkungan masyarakat sekitar peserta didik tinggal. Aktivitas gotong royong dipraktikkan baik dengan sesama peserta didik beragama Buddha maupun dengan semua siswa antar agama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah. Gotong Royong Cermin Budaya Bangsa Dalam Arus Globalisasi. Yogyakarta: STMIK Amikom, 2011.
Azmi, Muhammad. “Pengamalan Nilai-Nilai Toleransi Siswa SMA Negeri 3 Palangka Raya Sebagai Bentuk Moderasi Beragama.” ISLAMIKA 4, no. 1 (January 2022). https://doi.org/10.36088/islamika.v4i1.1594.
Creswell, John W. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. California: SAGE Publications, 2007.
Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Hayati, Rimadhani Khusnul, and Arief Cahyo Utomo. “Penanaman Karakter Gotong Royong Dan Tanggung Jawab Melalui Metode Pembiasaan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (May 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3248.
Hidayat, Ara, and Imam Machali. Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, Dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah Dan Madrasah. Bandung: Pustaka Educa, 2010.
Kotler, Plilip. Manajemen Pemasaran. Mileinium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia, 2000.
Mulyani, Desti, Syamsul Ghufron, Akhwani Akhwani, and Suharmono Kasiyun. “Peningkatan Karakter Gotong Royong Di Sekolah Dasar.” Lectura : Jurnal Pendidikan 11, no. 2 (August 2020). https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4724.
Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.
Rismayanto, Ivan. “Pergeseran Nilai-Nilai Gotong Royong Pada Masyarakat Kelurahan Gegerkalong Kecamatan Sukasari Kota Bandung.” Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, 2016. https://doi.org/10/S_SOS_1106447_Appendix.pdf.
Salamudin, Ceceng, and Atin Sopiatin. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Terhadap Peningkatan Sikap Gotong Royong Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tarogong Kaler.” Masagi 2, no. 1 (August 2023). https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.401.
Siagian, Sondang P. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Subroto, Suryo. Dimensi - Dimensi Administrasi Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Bina Aksara, 1998.
Sudrajat, Ajat. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Sikap Belajar Siswa.” FKIP Universitas Pakuan, 2015.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2023.
Syafaruddin, and Irwan Nasution. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching, 2005.
Terry, George. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bina Aksara, 2014.
Usman, Husaini. Manajemen Teori, Praktik Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5214
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mujiyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.