Tafsir Era Modern Dan Kontemporer Study Tafsir Al-Bayani Lil Qur’an Al-Karim Karya Aisyah Bint Syathi

Mumfangati Mumfangati, Sheni Nurshopa, Fitri Rahayu, Helma Gesyani

Abstract


Seorang mufassir perempuan yang dikenal dengan Bintu Syathi’ mewarnai dunia penafsiran di era kontemporer. Karya terbaiknya tafsir Al-Bayani lil Qur’an Al-Karim salah satu kontribusinya untuk dunia Islam. Menggunakan metode yang diperoleh dari gurunya sekaligus suaminya yaitu Amin Al-Khulli dengan metode tematik (maudhu’i) karna terfokus pada satu tema pembahasan dan terkandung banyak unsur sastra, sesuai corak yang dipakai. Binthu Syathi’ menafsirkan hanya sampai 14 surat saja dan belum sempat menyelesaikannya karna terkena serangan jantung mendadak. Salah satunya karakteristik tafsirnya mengungkap makna dibalik sinonim kata, yang mana prinsip yang dipegang bahwa kata-kata dalam al-Quran tanpa sinonim. Apabila orang mencoba untuk menggantikan kata dari Al-Qur’an dengan kata lain, maka Al-Qur’an bisa kehilangan efektifitasnya, ketepatannya, keindahannya, serta esensinya. Bintu Syathi’ banyak menuai kritik sebab tidak konsisten dengan metode yang dikemukakannya, walaupun metode tematik yang ditawarkan sangat bagus dan kompleks.


Keywords


Tafsir Kontemporer, Bintu Syathi’, Metode Tematik

Full Text:

PDF

References


Aisyah Abdurrahman. Al-Tafsir Al-Bayani Li Al-Qur’an Al-Karim. Mesir: Dar Al-Ma’arif, 1962.

Amin, Muhammad. “A Study of Bint Al-Shathi’s Exegesis,” n.d.

Boullata, Issa J. “Tafsir Al-Qur’an Modern Studi Atas Metode Bint Al-Syathi.” Al-Hikmah 3 (1991).

Faradits, Aghnia. “Studi Kritis Atas “Al-Tafsir Al-Bayani Li Al-Qur’an Al-Karim“ Karya ‘Aisyah ‘Abdurrahman Bintu Syati’ (W. 1998 M.).” AT-TAHFIZH 4 (2022).

Muhammad Ridho Al-Fansuri, dkk. “Tafsir Al-Bayan Li Al-Qur’an Al-Karim, Makalah Tafsir Bayani: At-Tafsir Al-Bayani Li Al-Qur’an Al-Karim, Aisyah Abdurrahman Bint Syathi’,” 2016.

Nasaiy Aziz. ““Metode Penafsiran Al-Quran Versi Bint Syathi’".” Al Mu’ashirah 10 (n.d.).

Sya’dyya, Dini Tri Hidayatus. “Studi Terhadap Metodologi Kitab Tafsir Al Tafsir Al Bayani Lil Quran Al Karim Karya Aisyah Bint Syathi’.” Al-Wajid 1, no. 2 (2020).

Thohari, Fatimah Bintu. “‘Aishah Abd Al-Rahman Bint Al Shati’: Mufasir Wanita Zaman Kontemporer”.” DIROSAT: Journal of Islamic Studies 1 (2016).

Wahyudi, Wahyudi, and Wahyudin Wahyudin. “Wajah Tafsir Sufistik Di Indonesia.” Jurnal Iman Dan Spiritualitas 1, no. 2 (2021). https://doi.org/10.15575/jis.v1i2.11519.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v3i1.3189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur'an dan Hadits


index by:

    

 

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com