Hadis Tentang Akhlak Dan Kebajikan: Sebuah Analisis Etnografi Menggunakan Metode Spradley

Neneng Maulayati, Muhammad Alif, Repa Hudan Lisalam

Abstract


Penelitian ini menganalisis hadis tentang akhlak dan kebajikan melalui lensa etnografi, mengadaptasi metode Spradley untuk memahami sistem makna budaya yang terkandung di dalamnya. Hadis, sebagai sumber hukum dan pedoman hidup kedua dalam Islam, tidak hanya memuat ajaran normatif tetapi juga merefleksikan praktik dan nilai-nilai sosial masyarakat Nabi Muhammad SAW. Dengan menggunakan pendekatan etnografi Spradley, penelitian ini berupaya mengungkap kategori-kategori budaya, hubungan antar kategori, dan tema-tema dominan seputar akhlak dan kebajikan sebagaimana tergambar dalam hadis. Data dikumpulkan melalui kajian pustaka mendalam terhadap berbagai riwayat hadis yang relevan. Analisis dimulai dengan identifikasi domain semantik (misalnya, jenis-jenis akhlak, bentuk-bentuk kebajikan), diikuti dengan analisis taksonomi untuk mengklasifikasikan elemen-elemen dalam setiap domain. Selanjutnya, analisis komponensial dilakukan untuk mengidentifikasi atribut-atribut yang membedakan antar kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hadis menampilkan kekayaan konsep akhlak dan kebajikan yang terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari, mencakup dimensi personal, sosial, dan spiritual. Hadis tidak hanya memerintahkan perbuatan baik, tetapi juga membentuk pola pikir dan perilaku yang berlandaskan moralitas Islam. Analisis ini memberikan pemahaman yang lebih kaya tentang bagaimana nilai-nilai akhlak dan kebajikan dikonstruksi dan diinternalisasi dalam masyarakat Muslim awal, menawarkan relevansi bagi pendidikan karakter dan pembinaan etika.


Keywords


Etnografi, Hadis, Akhlak, Kebajikan

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, DR. Muhammad. AKHLAK Menjadi Seorang Muslim Berakhlak Mulia. Proceedings of the National Academy of Sciences. Vol. 3, 2015. http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10.

Ahmad. “Penanaman Nilai-Nilai Akhlak,” n.d.

Al-Mawardi. “Adab Al-Dunya Wa Al-Din,” 2002.

Ayu, Fadilla Gusti, Nurdiani, and Siti Marisa. “Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Mawardi Dalam Kitab Ad-Dunya Wa Ad-Din.” Jurnal Taushiah FAI UISU 12, no. 2 (2022).

Bukhāriy, Abū ʻAbdillāh Muḥammad ibn Ismāʻīl ibn Ibrāhīm ibn al-Mugīrah al-Juʻfiy al-. Al-Jāmiʻ Al-Musnad Al-Ṣaḥīḥ Al-Mukhtaṣar Min Umūr Rasūl Allāh Ṣallā Allāh ʻalaih Wasallam Wa Sunanih Wa Ayyāmih. Edited by Muḥammad Zuhair ibn Nāṣir al- Nāṣir. Vol. 9. Dār Ṭauq al-Najāt, 1422.

Bukhori, Imam. “Adaptasi Santri Dalam Budaya Pendidikan Keagamaan Islam (Studi Etnografi Di Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo),” 2022. http://repository.unisma.ac.id/bitstream/handle/123456789/6468/S3_PAI_21503011014_IMAM BUKHORI.pdf?sequence=2.

Djalaluddin Mawardi. “Pemikiran Abu Is Ha q Al-Sy at Ibi Dalam Kitab Al-Muwafaq a T.” Al-Daulah 4, no. 2 (2015).

Hawa, A A, A I Anggriani, A N Devi, and ... “Akhlak Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam.” … Dan Studi Islam 1, no. November (2023). http://journals.umkaba.ac.id/index.php/ajpsi/article/view/352.

Ibn al-Ḥajjāj, Muslim. Al-Musnad Al-Ṣaḥīḥ Al-Mukhtaṣar Bi Naql Al-ʻAdl ʻan Al-ʻAdl Ilā Rasūl Allāh Ṣallā Allāh ʻalaih Wasallam. Edited by Muḥammad ibn Rifʻat ibn ʻUṡmān Ḥilmiy, Muḥammad ʻIzzat ibn ʻUṡmān al- Zaʻfarān, and Abū Niʻmah Allāh Muḥammad Syukriy. Vol. 1–8. Dār Ṭauq al-Najāt PP - Beirut, 1433. https://shamela.ws/book/711.

Ibn Ḥajar, Abū al-Faḍl Aḥmad ibn ʻAliy ibn Muḥammad ibn Aḥmad. Tahżīb Al-Tahżīb. Vol. 1–12. Dā’irah al-Maʻārif al-Niẓāmiyah PP - India, 1326. https://shamela.ws/book/3310.

Ibn Mājah, Abū ʻAbdillāh Muḥammad ibn Yazīd. Sunan Ibn Mājah. Edited by Muḥammad Fu’ād ʻAbd al-Bāqī. Vol. 1–2. Dār Iḥyā’ al-Kutub al-ʻArabiyyah, n.d. https://shamela.ws/book/1198.

Ilyas, Fithriady, and Ishak Bin Hj. Suliaman. “Muhammad Syuhudi Ismail (1943-1995); Tokoh Hadith Prolifik,Ensklopedik Dan Ijtihad.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 17, no. 1 (2017). https://doi.org/10.22373/jiif.v17i1.1604.

Malta, Malta, Syarnubi Syarnubi, and Sukirman Sukirman. “Konsep Pendidikan Anak Dalam Keluarga Menurut Ibrahim Amini.” Jurnal PAI Raden Fatah 4, no. 2 (2022). https://doi.org/10.19109/pairf.v4i2.10228.

Nisa, Khoirun. “Al-Ghazali: Ihya’ Ulum Al-Din Dan Pembacanya.” Jurnal Ummul Qura 8, no. 2 (2016).

Shihab, M. Quraish. “Tafsir Maudhui Atas Pelbagai Persoalan Umat,” no. November (1998).

———. “Wawasan Al-Qur’an Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat.” Wawasan Al-Qur’an Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat, no. November (1996).

Tirmiżiy, Abū ʻĪsā Muḥammad ibn ʻĪsā ibn Saurah ibn Mūsā al-Ḍaḥḥak al-. Al-Jāmiʻ Al-Kabīr Wahuwa Sunan Al-Tirmiżiy. Edited by Aḥmad Muḥammad Syākir, Muḥammad Fu’ād ʻAbd al-Baqī, and Ibrāĥīm ʻUṭwah ʻAuḍ. Vol. 1–5. Muṣṭafā al-Bābī al-Ḥalabiy PP - Mesir, 1975. https://shamela.ws/book/1435.

Ummah, Masfi Sya’fiatul. “Towards Understanding Islam Sayyid Abul a’la Mawdudi.” Sustainability (Switzerland) 11, no. 1 (2019). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i2.5442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Neneng Maulayati, Muhammad Alif, Repa Hudan Lisalam

sbobet

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303