Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Berkaitan Dengan Penggunan Campur Kode Dan Alih Kode Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran di Tingkat Madrasah Tsanawiyah

Irfansyah Irfansyah

Abstract


Bahasa adalah salah satu ciri yang paling khas yang membedakan manusia dengan makhluk lain. Bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi. Melalui bahasa manusia dapat bertukar pikiran, menyampaikan gagasan, dan berinteraksi dengan sesamanya. Peristiwa alih kode dan campur kode pada umumnya masih banyak ditemukan dalam berbagai kegiatan di Madasarh Tsanawiyah Negeri 8 Tabalong Kalimantan Selatan. Hal ini disebabkan oleh keterikatan penutur dengan bahasa yang digunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan alih kode dan campur kode penting diperhatikan dalam kegiatan pendidikan, khususnya saat interaksi pembelajaran. Dengan memperhatikan penggunaan bahasa dengan tepat, maka hasil belajar mengajar dapat berjalan efektif dan efisien. Seorang guru bahasa Indonesia, sebaiknya menghindari penggunaan campur kode. Penggunaan campur kode yang terlalu banyak dalam proses belajar mengajar merupakan fenomena yang kurang baik. Hal ini mengingat guru adalah contoh teladan bagi peserta didiknya dalam pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar. Guru menggunakan alih kode pada proses pembelajaran mungkin saja diperbolehkan, seperti berfungsi sebagai penguatan pada materi yang disampaikan. Namun, jika peralihan kode tersebut berkelanjutan atau tidak sesuai dengan situasi dan komunikasi tertentu, maka hal tersebut akan mengarah kepada kesalahan berbahasa. Pada hakikatnya, penggunaan alih kode yang dilakukan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran tidak salah apabila sesuai dengan konteks dan tujuan pembelajaran karena situasi sangat mempengaruhi ragam bahasa yang digunakan


Keywords


Penggunaan Campur Kode, Alih Kode, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Anshori. “Bahasa Politik: Objek Studi Kritis Penelitian Bahasa.” Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 2003.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003.

Muslich, Masnur. Bahasa Indonesia pada Era Globalisasi: Kedudukan, Fungsi, Pembinaan, dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Rahardi, R. Kunjana. Dimensi-Dimensi Kebahasaan, Aneka Masalah Bahasa Indonesia Terkini. Jakarta: Erlangga, 2006.

Rahayu, Mnto. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. Jakarta: PT Grasindo, 2007.

Silberman, Mel. Active Learning, 101 Strategies Teach Any Subject. Boston: Allyn and Bacon, 1996.

Subro, Seno. Seri Bahasa Indonesia. Semarang: CV Aneka Ilmu, 1998.

Sugihastuti. Bahasa Laporan Penelitian. Pustaka Pelajar, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.