Analisis Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Mawa’idz ‘Usfuriyyah Karya Syekh Muhammad Bin Abu Bakar Dan Relevansinya Pada Konteks Pendidikan Islam Modern
Abstract
Perilaku serta budi pekerti dari pelajar saat ini sangatlah memprihatinkan, contohnya mereka cenderung bertutur kata yang kurang baik, bertingkah laku kurang sopan, dan tidak patuh terhadap orang tua ataupun gurunya. Nilai pendidikan akhlak serta relevansi nilai pendidikan akhlak yang tersirat pada Kitab Mawa’idz ‘Usfuriyyah dalam konteks pendidikan islam modern. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai pendidikan akhlak serta relevansinya dalam pendidikan islam modern. Nilai pendidikan akhlak merupakan suatu usaha yang dilakukan manusia sebagai pedoman hidupnya agar mencapai tingkah laku yang baik serta kebiasaan. Kitab al-Mawa’idz al-‘Usfuriyah memiliki arti burung pipit. Isi kitabnya, hadis berjumlah empat puluh, disusun tanpa bab dan disertai syarah. Relevansi pendidikan akhlak pada pendidikan islam modern saat ini bahwa pendidikan akhlak saling keterkaitan satu dengan yang lain. Jenis penelitian yang digunakan penelitain kepustakaan dengan menggunakan obyek kitab klasik. Metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dari berbagai literature. Hasil dari penelitian ini yaitu nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Mawa’idz ‘Usfuriyah akhlak kepada Allah, diri sendiri, dan sesama makhluk. Relevansi nilai pendidikan akhlak yang tersirat dalam Kitab Mawa’idz ‘Usfuriyyah dalam konteks pendidikan islam modern. Hubungan manusia dengan Tuhan pengajarannya iman, Islam dan ikhsan. Antar sesama manusia pengajarannya pengaturan hak dan kewajiban antar manusia, serta kebudayaan. Manusia dengan diri sendiri. Ketiga aspek tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Dengan demikian pendidikan akhlak dalam kitab Mawa’idz ‘Usfuriyyah relevan diterapkan pada pendidikan Islam modern.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-‘Usfuri, Syeikh Muhammad Bin Abu Bakar. Al-Maw’idz Al-‘Usfuriyyah. Kota Kediri: Lirboyo Press, 2019.
———. Al-Maw’idz Al-‘Usfuriyyah. Kota Kediri: Lirboyo Press, 2019.
Asyiqul Mujahadah Lia Nur Atiqoh Bela Dina, Anwar Sa’dullah. “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Qomi’ Al-Thughyan.” Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 3 (2019).
Fitriyani, Erin. “Nilai-Nilai Pendidikan AKhlak Dalam Kitab Al-Akhlaq Li Al-Banin Karya Umar Bin Ahmad Baraja’ Dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII.” IAIN Ponorogo, 2020.
Gramedia. Al-Qur’an. Vol. QS Al Qala. Indonesia, 2019.
Habib Muhtarudin, Ali Muhsin. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kitab Al Mawa’idz Al ‘Usfuriyyah.” Jurnal Pendidikan Islam 2, no. Desember (2019): 326.
Huda, Miftahul. “Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia Dan Upaya Penguatannya Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Journal of Islamic Education Research 1, no. 02 (2020): 39–53.
Lestari, Puspita. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Muhammad Natsir Dan Aktualisasinya Dalam Pendidikan Di Indonesia.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.
Mualimin. “Lembaga Pendidikan Islam Terpadu.” Jurnal Pendidikan Islam 1 (2017): 106.
Mundiasari, Kiki. “Pola Hubungan Antar Manusia Sebagai Insan Pendidikan.” Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 12, no. II (2022).
Nursi, Said. “Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Said Nursi: Pembelajaran Budi Pekerti Untuk Masa Depan.” Jurnal Studi Islam Dan Pendidikan 5, no. 1 (2019): 11–25.
Purbalingga, Siswa Di and M A N. “PERAN GURU FIQIH.” Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto, 2021.
Rahman, Kholilur. “Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2018): 1–14.
Rimadhani, Purna Wiam. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Sulam Taufiq Karya Syeikh Abdullah Bin Khusain Ba’alawy.” UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri, 2021.
Trisnawati, Ali. “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Karya Burhanuddin Az-Zarnuji Dan Relevansinya Dengan Anak Usia Dini.” IAIN Purwokerto, 2020.
Uwan, Abdullah Nashih. Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani, 1990.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1425
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License