Pengaruh Tingkat Pemahaman Mahasiswa Terhadap Keputusan Memilih Jurusan Ekonomi dan Perbankan Syariah (Studi Perguruan Tinggi di Wilayah Kalimantan Timur)

Angrum Pratiwi

Abstract


Pemahaman diartikan juga perihal menguasai, mengerti, atau memahami. Pemahaman merupakan proses berpikir dan belajar, dikatakan demikian karena untuk menuju kearah pemahaman perlu diikuti dengan belajar dan berpikir secara mendalam. Pembelajaran pada fakultas ekonomi dan bisnis Islam harus menghasilkan alumni yang profesional sejalan dengan perkembangan kebutuhan sumber daya insani yang memahami ekonomi Islam dengan baik. Pembelajaran ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan lulusan yang berakhlak, profesional, serta memahami dengan baik ilmu ekonomi dan keuangan sesuai dengan ajaran Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman mahasiswa terkait Ekonomi Syariah atau Perbankan Syariah di perguruan tinggi wilayah Kalimantan Timur. Mengetahui apakah terdapat pengaruh tingkat pemahaman mahasiwa terhadap keputusan memilih jurusan Ekonomi Syariah atau Perbankan Syariah di perguruan tinggi wilayah Kalimantan Timur.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kuantitatif asosiatif, yaitu statistik yang berfungsi untuk menguji apakah terdapat pengaruh tingkat pemahaman terhadap keputusan memilih jurusan Ekonomi Syariah atau Perbankan Syariah. Sumber data yaitu data primer yang diperoleh langsung dari lapangan, berupa data akademik, data jumlah mahasiswa, hasil kuesioner dan data lain yang sesuai dengan tujuan penelitian. Sampel berjumlah 448 responden, yang tersebar di empat perguruan tinggi yang telah menyelenggarakan program Ekonomi Syariah atau Perbankan Syariah. Variabel independen adalah tingkat pemahaman mahasiswa akan Ekonomi Syariah atau Perbankan Syariah, sedangkan variabel dependen adalah keputusan memilih jurusan ekonomi syariah atau perbankan syariah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman berpengaruh positif dan siginifikan (Sig. 0.000) terhadap keputusan mahasiswa memilih jurusan/program studi ekonomi syariah atau perbankan syariah. Hasil uji determinasi menunjukkan hasil R Square yaitu sebesar 0.259, artinya sebesar 25.9% tingkat pemahaman mahasiswa mampu menerangkan atau mempengaruhi keputusan memilih jurusan ekonomi atau perbankan Islam pada perguruan tinggi di Kalimantan Timur, sisanya 74.1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Keywords


Tingkat Pemahaman, Keputusan Memilih, Ekonomi Syariah, dan Perbankan Syariah

Full Text:

PDF

References


Antonio, Muhammad Syafi’i. Ekonomi Islam. Bogor: STEI TAZKIA, 2010.

Dahlia, Staf Akademik. Jumlah Mahasiswa Aktif. Tertulis, 24 Mei 2019. FEBI IAIN Samarinda.

Damiati, dkk. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2017.

Firdaus, Staf Akademik. Sistem Perkuliahan dan Jumlah Mahasiswa Aktif. Tertulis, 13 Mei 2019. STAI Sangatta Kutai Timur.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21: Update PLS Regresi. 7 ed. Semarang: Badan Penerbit UNDIP, 2013.

Hariyoga, Septian, dan Edy Suprianto. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan Budaya terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi.” Simposium Akuntansi Nasional XIV Aceh, no. 14 (Juli 2011): 1–28.

Ibu Marwah, Ketua Yayasan. Jumlah Mahasiswa Aktif Jurusan/Prodi Ekonomi atau Perbankan Syariah. Tertulis, 17 Mei 2019. STAI Ibnu Khaldun Balikpapan.

Isna Yuningsih, KaProdi EKIS. Jumlah Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam. Online-WhatsApp, 27 Mei 2019. FEB UNMUL.

Kanwil BI Provinsi Kalimantan Timur. “Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Kalimantan Timur.” Ekonomi dan Keuangan. Samarinda: Bank Indonesia, Februari 2019.

Karim, Adimarwan A. Ekonomi Mikro Islami. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2007.

Karim, Adiwarman A. Bank Islam: Analisis Fiqih & Keuangan. 4 ed. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2010.

Kartika, Dewi. “Pengaruh Pemahaman Mahasiswa Perbankan Syariah Atas Bagi Hasil Dan Bunga Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Surakarta Angkatan 2014-2016.” Skripsi, IAIN Surakarta, 2017.

Mintarja, Endang, Ahsin Abdul Wahab, dan Uki Masduki. “Hubungan Pengajaran Mata Kuliah Ekonomi Islam terhadap Minat Mahasiswa Menabung di Bank Syariah.” Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 1, no. 2 (Juli 2017): 189–208. https://doi.org/10.21009/hayula.001.2.04.

Manap, Abdul. Revolusi Manajemen Pemasaran. 1 ed. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2016.

Mohammad, Roni, dan Mustofa. “Pengaruh Tngkat Pemahaman Agama Terhadap Perilaku Bisnis Pedagang Pasar Minggu Telaga Kab. GorontaloP.” Jurnal Al‐Mizan Vol. 10, no. No. 1 (Juni 2014).

Nopirin. Pengantar Ilmu Ekonomi: Makro dan Mikro. 13 ed. Yogyakarta: BPFE, 2016.

Novius, Andri. “Analisis Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Dalam Menghadapi Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi: Studi pada Mahasiswa Akuntansi S1- UIN Sultan Syarif Kasim Riau.” Fokus Ekonomi Vol. 5, no. 2 (Desember 2010): 44–60.

Presiden Republik Indonesia. “Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.” Republik Indonesia, 2012. Jakarta.

Putra, Purnama. “Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Terhadap Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Syariah PSAK - Syariah.” JRAK Vol. 6, no. No. 1 (Februari 2015): 38–50.

Rangkuti, Freddy. Customer Care Excellence: Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2016.

Setiadi, Nugroho J. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untu Strategis dan Penelitian Pemasaran. 1 ed. Jakarta: Kencana, 2005.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 17 ed. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 17 ed. Bandung: Alfabeta, 2012.

———. Metode Penelitian Manajemen. 4 ed. Bandung: Alfabeta, 2015.

Sujarweni, V. Wiratna. Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi Dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Pers, 2016.

Suliyanto. Metode Penelitian Bisnis: Untuk Skripsi, Tesis dan Desertasi. Yogyakarta: ANDI, 2018.

Suliyanto. Ekonometrika Terapan: Teori & Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI, 2011.

———. Metode Penelitian Bisnis: Untuk Skripsi, Tesis dan Desertasi. Yogyakarta: ANDI, 2018.

Tim Penyusun Pusat Bahasa. “Kamus Bahasa Indonesia.” Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Umaryati, Siti. “Pengaruh Pembelajaran Ekonomi Islam terhadap Minat Mahasiswa Menabung di Bank Syariah (Studi pada Mahasiswa IPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).” Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, 2017.

“Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah.” Republik Indonesia, 2008.

Website:

Admin. “Profil FEBI IAIN Samarinda.” Www.febi.iain-samarinda.ac.id, 27 April 2015.

———. “Profil S1 Program Studi Ekonomi Islam.” Www.fe.unmul.ac.id, 5 Januari 2019.

———. “Profil Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta (STAIS) Kutai Timur.” Http://www.staiskutim.ac.id, 22 Maret 2015.

———. “STAI Ibnu Khaldun Balikpapan Kalimantan Timur Profil dan Program Studi.” www.madinatuliman.com, 14 Juli 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v3i2.180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indeksasi

              

_________________________________________________________________________________________________________________________________________

Contact us: ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com