Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa SD Berbasis Android

Muhammad Fatahul Uyun, Haryono Haryono, Noor Hudallah

Abstract


Profil Pelajar Pancasila (P3) menjadi program andalan pemerintah dalam kurikulum merdeka guna menananmkan niliai karakter luhur bangsa susuai nilai Pancasila dalam menghadapi era Society 5.0. Mengatasi masalah yang timbul berkaitan dengan karakter generasi muda, pemerintah telah menerbitkan buku pedoman dan pengembangan karakter P3 untuk setiap satuan pendidikan. Namun isntrumen penilaian karakter P3 belum dikembangkan sama sekali. Instrumen Penilaian sikap P3 digunakan untuk menilai sejauh mana siswa dapat mengimplementasikan karakter P3 dalam lingkungannya, serta untuk mengevaluasi program penanaman P3 secara kuantitatif melalui sistem operasi Android. Studi ini bertujuan untuk mengembangakan instrumen penilaian untuk guru terhadap pendidikan karakter P3 siswa SD berbasis android pada fase B. Pendekatan yang digunakan ialah Research and Development metode 4D dari Thiagarajan. Reliabilitas intereter, reliabelitas tes, validitas isi, validitas konstruk dan reliabelitas konstruk dievaluasi setelah pengembangan dan penerapannya pada sampel 640 siswa di 5 SD di Kota Mataram. Instrumen final terdiri dari 25 item dari 6 dimensi P3. Validitas isi dilakukan oleh 3 ahli dan 3 praktisi pendidikan. Reliabelitas Intereter menggunakan formula Ebel, kemudian reliabelitas tes menggunakan formula Alpha Cronbach’s. Sedangkan analisis Confirmatory Factor Analysis (CFA) menggunakan metode SEM pada software Lisrel 8.8 guna membuktikan validitas dan estimasi reliabelitas konstruk instrumen. Mempertimbangkan semua hasil, instrumen yang dikembangkan memiliki sifat psikometrik yang diperlukan untuk dianggap sebagai instrumen yang valid dan andal untuk mengukur sikap P3 siswa SD di kota Mataram.


Keywords


Profil Pelajar Pancasila, Instrumen Penilaian Karakter dan Ssikap, Aplikasi Android

Full Text:

PDF

References


Agustin, Nurhaningtyas, Akhmad Aji Pradana, dan Muflikhatul Muniroh. “Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Berbasis Multiple Intelligences di Madrasah Ibtidaiyah.” at- Thullib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 5, no. 2 (2021): 101–10.

Astri, Ayu, Ahmad Harjono, Abdul Kadir Jaelani, dan I. Nyoman Karma. “Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar.” Renjana Pendidikan Dasar 1, no. 3 (2021).

Bollen, K. A., dan J. S. Long. “Testing Structural Equations Models With Latent Variable,” 1989, 181–204.

Choirudin, Choirudin, M. Saidun Anwar, Isnaini Nur Azizah, Wawan Wawan, dan Apri Wahyudi. “Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Kaligrafi dengan Pendekatan Guided Discovery Learning.” Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) 7, no. 1 (2021): 52–61. https://doi.org/10.33474/jpm.v7i1.6738.

Hair, Joseph F., Marcelo L.D.S. Gabriel, Dirceu da Silva, dan Sergio Braga Junior. “Development and Validation of Attitudes Measurement Scales: Fundamental and Practical Aspects.” RAUSP Management Journal 54, no. 4 (2019): 490–507. https://doi.org/10.1108/RAUSP-05-2019-0098.

Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, dan Bambang Syamsul Arifin. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 1224–38. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.

Istiningsih, Galih, dan Dwitya Sobat Ady Dharma. “Integrasi Nilai Karakter Diponegoro dalam Pembelajaran untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar.” Jurnal Kebudayaan 16, no. 1 (2021): 25–41.

Jamaludin, Jamaludin, Shofia Nurun Alanur S Alanur S, Sunarto Amus, dan Hasdin Hasdin. “Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 3 (2022): 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553.

Kemendikbud. “Profil Pelajar Pancasila.” Kemendikbud.go.id, 2020. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/profil-pelajar-pancasila/.

Khumaedi, M. “Reliabilitas Instrumen Penelitian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes 12, no. 1 (2012): 25–30.

Krathwohl, David R., Benjamon S. Bloom, dan Bertram B. Masia. Taxonomy of Educational Objectives. The Classification of Educational Goals, Handbook II: Affective Domain. New York: David McKay, 1964.

Kusumawardani, fitri, Akhwani Akhwani, Nafiah Nafiah, dan Mohammad Taufiq. “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar.” Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraaan 6, no. 1 (2021): 1–10. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10.

Lisufiana, Desi, Teguh Supriyanto, dan Muhammad Khumaedi. “Validity and Reliability Content of Instrument of Assessments Mengalihaksarakan Serat Wulangreh Pupuh Gambuh Class Viii.” Journal of Research and Educational Research Evaluation 8, no. 2 (2019): 165–70. https://doi.org/10.15294/jere.v8i2.39628.

Mardapi, Djemari. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Disunting oleh Ari Setiawan. Yogyakarta: Parama Publisihing, 2018.

Miranti, Afni, Lilik Lilik, Retno Winarni, dan Anesa Surya. “Representasi Pendidikan Karakter Berbassis Kearifan Lokal dalam Motif Batik Wahyu Ngawiyatan sebagai Muatan Pendidikan Senirupa di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 2 (2021): 547–60.

Nugroho, M Arvin, Totok Sumaryanto Florentinusa, dan Wahyu Lestari. “Pengembangan Instrumen Penilaian Materi Musik Ansambel Berbasis Android bagi Siswa SMP.” Dalam Seminar Nasional Pascasarjana, 207–15, 2020.

Pratikno, Y., E. Hermawan, dan A. L. Arifin. “Human Resource ‘Kurikulum Merdeka’ from Design to Implementation in the School: What Worked and What not in Indonesian Education.” Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan 7, no. 1 (2022): 326–43.

Rahmawan, Eris Fahmi, Totok Sumaryanto, dan Supriyadi Supriyadi. “Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Kemampuan Bernyanyi Berbasis Android.” Journal of Educational Research and Evaluation 5, no. 1 (2016): 81–89.

Retnawati, Heri. Validitas Reliabelitas & Karakteristik Butir (Panduan untuk Peneliti, Mahasiswa dan Psikometrian). 2 ed. Yogyakarta: Parama Publishing, 2017.

Riadi, Edi. Statistik SEM Structural Equation Modeling dengan Lisrel. Disunting oleh Elizabeth Kurnia. ANDI, 2018.

Rusilowati, Ani. “Pengembangan Instrumen Peneltian.” Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan Tahun 2013, 2013, 7–21.

Safitri, Andriani, Dwi Wulandari, dan Yusuf Tri Herlambang. “Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 7076–86.

Salirawati, Das. “Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah.” Jurnal Sains dan Edukasi Sains 4, no. 1 (2021): 17–27.

Shinta, Mutiara, dan Siti Quratul Ain. “Strategi Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2021): 4045–52.

Sugiono, Sugiono. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). 4 ed. Bandung: Alfabeta, 2019.

Suprayitno, Totok, Maman Fathurrohman, Yogi Anggraena, Susanti Sufyadi, Rizki Maisura, Itje Chodidjah, Bagus Takwin, dkk. “Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila.” Dalam Profil Pelajar Pancasila, disunting oleh Doni Koesoema dan Muhammad Sabri, 1 ed., 1:1–72. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2020.

Thiagarajan, Samel & Sammel, A Dorothy a’, dan Melvyn I Somme. Instructional Development for training teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University, 1974.

Uyun, Muhammad Fatahul, Sudirman Sudirman, dan Khairun Nisa. “The Strategy Of Developing Character Education With School-based Management in SDN 1 Batu Kumbung.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 2, no. 2 (2020).

Veni Manik, Clara Hetty Primasari, Yohanes Priadi Wibisono, dan Aloysius Bagas Pradipta Irianto. “Evaluasi Usability pada Aplikasi Mobile ACC.ONE menggunakan System Usability Scale (SUS) dan Usability Testing.” Jurnal Sains dan Informatika 7, no. 1 (2021): 1–10. https://doi.org/10.34128/jsi.v7i1.286.

Zuchron, Daniel, Anton Leonard, Deni Gunawan, Edi Rahmat Widodo, dan Esti Purnawinarni. Tunas Pancasila 2021. 1 ed. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jendral PAUD, Dikdas, Dikmen, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i3.2132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.