Inisiatif Partisipasi Sosial dalam Mengatasi Anak Putus Sekolah: Studi Kasus pada Jaringan Kerja dan Kolaborasi antara Lembaga Pemerintah, LSM, dan Masyarakat Sipil di Indonesia

Encup Supriatna

Abstract


Permasalahan putus sekolah di Indonesia memerlukan tindakan yang cepat dan tepat. Oleh karena itu, salah satu inisiatif yang dapat dilakukan adalah membentuk jaringan kerja dan kolaborasi antara lembaga pemerintah, LSM, dan masyarakat sipil. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengidentifikasi kontribusi dan efektivitas inisiatif partisipasi sosial dalam mengatasi permasalahan putus sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jaringan kerja dan kolaborasi tersebut meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat, memperkuat kapasitas dan sumber daya, serta mempercepat pencapaian tujuan bersama. Penelitian ini menunjukkan bahwa inisiatif partisipasi sosial ini dapat lebih efektif jika didukung oleh dukungan keuangan dan teknis dari pemerintah serta melibatkan berbagai pihak yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan tentang pendidikan dan putus sekolah

Keywords


inisiatif partisipasi sosial, jaringan kerja dan kolaborasi, putus sekolah, kesadaran masyarakat, kapasitas dan sumber daya

Full Text:

PDF

References


Abdelhadi, Reem, dkk. "Creative Interactions with Art Works: An Engaging Approach to Arabic language-and-culture learning." Innovation in Language Learning and Teaching 14.3 (2020): 273-289.

Adenansi, Dhio, Moch Zainuddin, dan Binahayati Rusyidi. "Partisipasi masyarakat dalam program pemberdayaan masyarakat PNPM Mandiri." Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2.3 (2015).

Andreeyan, Rizal. "Studi tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Pembangunan di Kelurahan Sambutan Kecamatan Sambutan Kota Samarinda." eJournal Adm. Negara 2.4 (2014).

Bobsuni, Nofita, dan Muhammad Farid Ma’ruf. "Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Objek Wisata Alam (Studi Kasus Wisata Bukit Kapur Setigi, Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik)." Publika (2021): 215-226.

Bourdieu, Pierre, dan Jean-Claude Passeron. Reproduction in education, society and culture. Vol. 4. Sage, 1990.

Efendi, Heni Nur, Yulianto Yulianto, dan Ita Prihantika. "Dinamika Peran Civil Society dalam Ruang Publik: Studi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Lampung." Jurnal Administrativa 1.1 (2019): 19-28.

Granoff, Phyllis. "Koichi Shinohara." Speaking of Monks: Religious Biography in india and China. Oakville (2022).

Greene, Jay P., dan Greg Forster. "Public High School Graduation and College Readiness Rates in the United States. Education Working Paper No. 3." Center for Civic Innovation (2003).

Hakim, Lukman, dkk. BUM Desa Sebagai Kekuatan Ekonomi Baru (Sebuah Gagasan Untuk Desa di Indonesia). Penerbit Lakeisha, 2022.

Haruni, Catur WIdo. "Community Political Participation In The 2019 Presidential And Vice-Presidential Elections In Malang Regency." Audito Comparative Law Journal (ACLJ) 3.2 (2022): 43-49.

Hilton, Michael R. "Literacy, poverty, dan brain development: Toward a new, place-based educational intervention." Rich. JL & Pub. Int. 17 (2013): 623.

Hoyle, John R., dan Virginia Collier. "Urban CEO Superintendents’ Alternative Strategies in reducing school dropouts." Education and Urban Society 39.1 (2006): 69-90.

Kurniawan, Muhammad Adi, Badaruddin Badaruddin, dan Humaizi Humaizi. "Partisipasi Masyarakat Tionghoa dalam Pelaksanaan Musrenbang Pada Kelurahan Sukadamai." Perspektif 10.1 (2021): 218-229.

Lewis, Maureen, dan Gunilla Pettersson Gelander. "Governance in education: Raising performance." World Bank Human Development Network Working Paper (2009).

Makunde, George, Valeria Muvavarirwa, dan Innocent Chirisa. "Future of Urban Governance and Citizen Participation." The Palgrave Encyclopedia of Urban and Regional Futures. Cham: Springer International Publishing, 2021. 1-10.

Mtika, Peter, dan Peter Gates. "Developing Learner-Centred Education among Secondary Trainee Teachers in Malawi: The Dilemma of Appropriation and Application." International Journal of Educational Development 30.4 (2010): 396-404.

Muafi, Muafi, Faraz Faraz, dan Fuad Hasyim. "Religiosity and Altruism Behavior in the Chain of Service Delivery System." Journal of Economic & Management Perspectives 12.2 (2018): 151-162.

Mustanir, Ahmad. "Partisipasi masyarakat dalam musyawarah rencana pembangunan di kelurahan kanyuara kecamatan watang sidenreng kabupaten sidenreng rappang." Jurnal Politik Profetik 5.2 (2017): 247-261.

Nugroho, Wahyu. "Reorientasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Penerapan Otonomi Daerah Di Bidang Pertanahan Dan Penataan Ruang (The Reorientation of Local Government Policy on Implementation of the Regional Autonomy in the Field of Land and Land Use)." Jurnal Legislasi Indonesia 12.2 (2018).

Özsoy, Sevilay. Yenidoğan Yoğun Bakımda Ebeveynlerin Güçlendirilmesi: Empathic-n ölçeğinin Türkçe uyarlaması. MS thesis. Sağlık Bilimleri Enstitüsü.

Rohaeni, N. Eni, dan Oyon Saryono. "Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam Upaya Pemerataan Pendidikan." Indonesian Journal of Education Management & Administration Review 2.1 (2018): 193-204.

Saifulloh, Moh, Zainul Muhibbin, dan Hermanto Hermanto. "Strategi peningkatan mutu pendidikan di sekolah." Jurnal Sosial Humaniora (JSH) 5.2 (2012): 206-218.

Shikuku, Duncan N., dkk. "The determinants of staff retention after Emergency Obstetrics and Newborn Care training in Kenya: a cross-sectional study." BMC Health Services Research 22.1 (2022): 1-10.

Soelar, Shahrul Aiman, dan Nurakmal Ahmad Mustaffa. "A Mixed-Method Analysis of People’s Perception and Behaviour on Vaccination Program in Online Social Media." Malaysian Journal of Medical Research (MJMR) 6.3 (2022): 6-18.

Stoll, Louise, dkk. "Professional learning communities: A review of the literature." Journal of educational change 7.4 (2006): 221-258.

Supriyanto, Dede, dan Suswanto Heru Purnomo. "Evidence-Based Practice Pengambangan Kemampuan Bersosialisasi pada Anak dengan Autistic Spectrum Disorder (ASD)." INCLUSIVE: Journal of Special Education 3.1 (2017).

Taub, Deborah J. "Exploring the Impact of Parental Involvement on Student Development." New directions for student services 122 (2008): 15-28.

Wen, Wen, Die Hu, dan Jie Hao. "International students’ experiences in China: Does the planned reverse mobility work?." International Journal of Educational Development 61 (2018): 204-212.

Panday, Sarita, dkk. "The Role of Social Capital in Disaster Resilience in Remote Communities after the 2015 Nepal Earthquake." International Journal of Disaster Risk Reduction 55 (2021): 102112.

Falk, Richard. "The World Order between Interstate Law and the Law of Humanity: The Role of Civil Society Institutions." Int'l Legal Theory 1 (1995): 14.

Rahim, Abdul. "Pendidikan inklusif sebagai Strategi dalam Mewujudkan Pendidikan untuk semua." Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 3.1 (2016).

Wijaya, Apriyanda Kusuma. "Integrasi Model Pembelajaran Role Playing dengan Multimedia Dalam Meningkatkan Keterampilan Partisipasi Sosial Siswa." Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi 9.1 (2020).

Rourke, James. "Social Accountability: A Framework for Medical Schools to Improve the Health of the Populations They Serve." Academic Medicine 93.8 (2018): 1120-1124.

Piri, Inodu Tony. A Case Study of Nigerian Secondary Schools Teachers’ Perceptions of the Role of Principal Leadership Styles in Teacher Attrition. Diss. Northcentral University, 2021.

Saputra, Angga. "Kebijakan Pemerintah terhadap Pendidikan Inklusif." Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 1.3 (2016): 1-15.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i3.2196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.