Penerapan Adab Bersosial Media Daptoon Pada Siswa Kelas IV SD

Amelia Yusriutami, Siti Maryam, Ai Nurmala, Ani Nur Aeni

Abstract


Adab bersosial media adalah suatu aturan yang baik tentang bersosial media dimana pada zaman sekarang teknologi semakin maju dan tentunya perkembangan segala hal dalam sosial media juga terjadi, dengan adanya adab bersosial media ini kita dapat mencegah suatu hal yang buruk terjadi pada kita, dalam bersosial media khususnya pada siswa sekolah dasar dimana masih membutuhkan bimbingan dalam segala hal. Media sosial juga tidak bisa dihindari di zaman modern seperti saat ini termasuk dalam pembelajaran juga dilaksanakan dari beberapa media sosial. Lewat sosial media, para pelajar secara aktif bisa lebih kreatif dan mandiri sehingga kualitas pelajaran bisa semakin meningkat baik dari segi pengetahuan maupun kualitas. Beberapa media yang sudah banyak digunakan bisa menjadi salah satu pemicu kualitas siswa. Bila pemanfaatannya dilakukan secara maksimal, bukan tidak mungkin hal tersebut bisa lebih meningkatkan kualitas dari ilmu tertentu namun tentunya harus diikuti dengan minimalisir dampak negatifnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui design yang menarik bagi siswa pada sebuah video animasi atau disebut dengan “Daptoon” tentang Penerapan Abad Bersosial Media Melalui “Daptoon” Pada Kelas IV SD. Selain itu bertujuan untuk mengedukasi dan memotivasi siswa agar lebih mengetahui tentang adab dalam bersosial media. Penelitian ini menggunakan model Design and Development (D&D). Hasil dari angket yang disebar menyatakan bahwa media “Daptoon” ini dapat dipahami dan lebih nudah dimengerti oleh siswa.

Keywords


Adab, sosial media, video animasi

Full Text:

PDF

References


Abu Hatab, W. (2016). Islam and social media: Attitudes and views. Asian Social Science,12(5),221.doi:10.5539/ass.v12n5p221

Aditya Budiman, https://alhijroh.com/adab-akhlak/7-adab-bersosial-media/

Ayu Kurnia, Dian Veronika Sakti Kaloeti, adab; penggunaan media sosial; siswa sekolah dasar , Edisi Oktober 2019, Vol.2, No.2 ISSN online 2615-8183 / print 2615-8191 Hal. : 99-110. https://core.ac.uk/download/pdf/234031565.pdf

Clarke, V., & Braun, V. (2016). Thematic analysis. The Journal of Positive Psychology, 12(3), 297-298. doi:10.1080/17439760.2016.1262613

Dyer, T. (2018). The effects of social media on children. Dalhousie Journal Interdisciplinary Management, 14.doi.org/10.5931/djim.v14i0.7855

Haryati, Sri. “Research and Development (R&D) sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan.” Academia Vol. 37, No. 1 (September 2012): 11-26.

Hatim, M. (2018). Kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah umum. ELHIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 140-163.doi.org/10.20414/elhikmah.v12i2.265

Maya Marselia, M.Kom, https://almaata.ac.id/etika-dalam-penggunaan-sosial-media/

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.- Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Syamsul Dwi Maarif, 13 April 2021 artikel "Adab Bersosial Media dalam Pandangan Islam", https://tirto.id/gch5.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.