Pengembangan Media Pembelajaran Barnamaj D&C (Dvd Learning & Challenge Book) Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Sekolah Dasar Yang Berakhlak Mulia

Yunita Syahrani, Shafira Salsabila Gunadi, Ineu Maemunah, Ani Nur Aeni

Abstract


Kemajuan zaman begitu pesat, dimana teknologi semakin menguasai dinamika kehidupan, begitupun karakter sebuah bangsa sangat ditentukan oleh kepribadian setiap masyarakatnya. Kini memiliki kepribadian baik dan berakhlak mulia tentu menjadi bekal yang penting bagi generasi penerus bangsa. Disinilah pendidikan dalam persfektif Islam berperan sebagai landasan untuk memperkuat keimanan dan ketaqwaan setiap umatnya. Bercita-cita menjadi anak yang sholeh tentu menjadi satu materi yang bermakna bagi pendidikan dalam presfektif Islam yang capaiannya tidak hanya mencakup aspek kognitif saja tetapi juga aspek psikomotorik dan afektif. Proses pembelajaran pun perlu didorong oleh media pembelajaran yang memudahkan guru dalam mencapai target yang direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran guna membentuk kepribadian dan akhlak mulia peserta didik, mengetahui bagaimana desain yang dikembangkan serta mendapatkan peniaian dari para ahli. Metode yang digunakan adalah D&D (design and development) menggunakan model pengembangan yaitu model ADDIE, model ini menggunakan 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Penilaian.  Sehingga produk ini telah memenuhi syarat serta memperoleh validasi berdasarkan hasil uji publik kepada ahli media, ahli materi dan 45 siswa SD. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa media pembelajaran Barnamaj D&C (DVD& Challenge Book) berkualitas baik.


Keywords


Barnamaj D&C (DVD& Challenge Book), Media Pembelajaran, Kepribadian Baik, Akhlak Mulia

Full Text:

PDF

References


Sumantri, M. S., & Firmansyah, F. (2016). Pengembangan Buku Saku The Challenge Book Tentang Pendidikan Karakter Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 10(2), 68-76

Hakim, L. (2012). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 10(1), 67-77.

Ginanjar, M. H., & Kurniawati, N. (2017). Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 25

Baharun, Hasan, and Robiatul Awwaliyah. “Pendidikan Multikultural Dalam Menanggulangi Narasi Islamisme Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), vol. 5, no. 2, 2017, pp. 224–43.

Baharun, Hasan. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga; Telaah Epistemologis.” Pedagogik, vol. 3, no. 2, 2016, pp. 96–107. Baharun, Hasan. Pengembangan Kurikulum : Teori Dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan Dan Langkah-Langkah Pengembangan Kurikulum PAI). Cantrik Pustaka, 2017.

Fauzi, Ahmad. “Model Manajemen Pendidikan Islam ; Telaah Atas Pemikiran Dan Tindakan Sosial.” At-Ta’lim INZAH Genggong Probolinggo, vol. 4, no. Pendidikan Islam, 2017, pp. 1–16.

Kadi, Titi, and Robiatul Awwaliyah. “Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal ISlam, vol. 1, no. 2, 2017, pp. 144–5.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.